Arti Ungkapan Anak Mama Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Anak Mama

Arti Anak Mama – Pernah mendengar sebutan anak mama diucapkan pada seorang bocah? Ini ternyata ada maknanya loh!, di mana makna ini disebutkan sebagai perumpamaan untuk menyindir seseorang. Walaupun tidak asing nyatanya masih banyak yang belum terlalu paham mengenai perumpamaan ini. Berikut penjelasan lengkapnya tentang arti ungkapan anak mama yang harus diketahui:


Makna Asli Ungkapan Anak Mama

Makna Asli Ungkapan Anak Mama

Anak mama adalah dua buah kata yang sejatinya berupa subjek dan penyerta. Yang mana yang menjadi subjeknya adalah “anak” sedangkan kata penyertanya adalah “mama”. Ini terlihat pada contoh kalimat “Anak mama sudah tumbuh besar”.

Di kalimat ini “Anak mama” menjadi subjek, sedangkan “sudah tumbuh” adalah predikat dan “besar” adalah keterangan. Jadi jika menurut makna aslinya anak mama adalah anak dari seorang ibu. Biasanya kata ini diucapkan dalam bentuk dialog oleh seorang perempuan kepada putri atau putranya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Bunga Bangsa


Arti Ungkapan Anak Mama Yang Berupa Perumpamaan

Arti Ungkapan Anak Mama Yang Berupa Perumpamaan 1

Pernah mendengar kalimat berikut “Si Adi mainannya ganti-ganti ya! Wajar, anak mama! Nah makna dari frasa anak mama di samping tidak bisa diartikan anak dari seorang mama atau ibu.

Tetapi ada tafsir lain yang harus diambil dengan cara membaca kalimat sebelumnya yaitu “Si Adi mainannya ganti-ganti ya!”. Jika dilihat dari kalimat pertama ini, menjadi jelas kalau makna anak mama adalah anak yang selalu dibelikan mainan oleh orang tuanya.

Berikut ini akan dijelaskan arti ungkapan anak mama yang lainnya. Silakan disimak serta dipahami supaya bisa digunakan di dalam kalimat sehari-hari. Ini dia penjelasannya:

Baca Juga: Arti Ungkapan Tebal Muka


1. Anak Yang Dimanja

1. Anak Yang Dimanja

Arti ungkapan anak mama yang pertama adalah ungkapan yang ditujukan pada seorang anak yang selalu dimanja. Salah satu ciri-cirinya adalah kebutuhannya selalu terpenuhi.

Bocah yang disebut anak mama biasanya memiliki mainan yang banyak dan lengkap. Selain itu, terkait pendidikan bocah yang disebut anak mama biasanya menggunakan busana, sarana belajar dan bekal sekolah lebih lengkap dibandingkan yang lainnya.

2. Anak Paling Disayang

2. Anak Paling Disayang

Anak mama juga bisa diartikan sebagai anak yang paling disayang. Sehingga kemana pun orang tuanya pergi si anak pasti ikut serta.

Tak hanya itu perlakukan pada anak semacam ini lebih prioritas dibandingkan pada keluarga yang lain. Bahkan dengan saudaranya sendiri terdapat perbedaan perlakuan.

Terkait konteks ini lahirlah istilah anak papa yang merupakan tandingan istilah anak mama. Yang mana istilah muncul karena terjadi perbedaan perlakuan antar anak di dalam keluarga.

3. Anak Yang Lahir Di Keluarga Kaya Raya

3. Anak Yang Lahir Di Keluarga Kaya Raya

Anak yang berasal dari keluarga kaya raya secara otomatis segala kebutuhannya terpenuhi. Seperti mobil, sepeda motor, smartphone maupun perhiasan yang mahal.

Anak semacam ini terkadang juga disebut anak mama. Padahal yang membelikan segala harta tersebut adalah ayahnya yang menjadi tulang punggung keluarga.

Itulah beberapa arti ungkapan anak mama yang biasanya digunakan sebagai perumpamaan oleh masyarakat. Sekalipun tidak tergolong kaidah kebahasaan yang umum tetapi penggunaan istilah anak mama masih sering terdengar.

4. Anak Yang Pongah

4. Anak Yang Pongah

Anak yang pongah dan sombong kadang juga disebut anak mama. Perilaku buruk ini muncul akibat terlalu dimanja oleh kedua orang tuanya.

Istilah ini diucapkan oleh orang yang merasa terganggu dengan sikap si anak. Sehingga lahirlah ungkapan sinisme semacam itu.

5. Anak Berprestasi

5. Anak Berprestasi

Terkadang anak berprestasi juga dipanggil anak mama. Sehingga ini sedikit mengecilkan peran ayahnya yang juga ikut membimbing sebagai orang tuanya.

Ungkapan semacam ini sering didengar di dalam keluarga sendiri. Sekalipun begitu ungkapan lebih sering diucapkan dalam suasana bercanda.


Contoh Ungkapan Perumpamaan Anak Mama

Contoh Ungkapan Perumpamaan Anak Mama

Agar pemahaman terkait istilah anak mama lebih lengkap, berikut dijelaskan juga tentang contoh penggunaan ungkapannya di dalam kalimat. Sehingga maknanya bisa diketahui dan tidak salah lagi ketika menggunakannya dalam konteks kalimat apapun. Ini dia contoh-contohnya:

  • Dasar anak mama kalau belanja lama banget!
  • Jadilah anak yang mandiri jangan menjadi anak mama yang pemalas
  • Heru benar-benar anak mama, HP-nya saja keluaran terbaru

Demikian penjelasan seputar arti ungkapan anak mama yang masih banyak orang belum tahu serta dapat dijadikan referensi. Di mana ungkapan ini merupakan suatu istilah yang merupakan bagian dari variasi berbahasa Indonesia yang jumlahnya sebenarnya sangatlah banyak.

Arti Ungkapan Anak Mama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *