Arti Ungkapan Kutu Buku Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Kutu Buku

Arti Kutu Buku – Seringkali kita mendengar orang melontarkan istilah kutu buku. Dari kebanyakan kita biasanya tahu bahwa mereka adalah seseorang yang sangat menyukai membaca buku.

Tidak jarang juga kita mendengar orang kutu buku cenderung di sebut ansos (anti sosial). Lalu sebenarnya apa sih arti ungkapan kutu buku itu? berikut ulasannya:


Pengertian Ungkapan Kutu Buku

Pengertian Ungkapan Kutu Buku

Dalam bahasa Indonesia kutu buku tergolong dalam kalimat konotatif yang artinya mengandung makna yang bukan sebenarnya. Sedang menurut KBBI makna ungkapan kutu buku ini adalah orang yang sangat sering membaca dan menelah buku dimana pun. Jadi singkatnya kutu buku ini adalah memiliki makna berkonotasi yaitu seseorang yang benar-benar akan menyempatkan waktunya untuk membaca buku setiap hari.

Baca Juga: Arti Ungkapan Tulang Punggung


Ciri –Ciri Seseorang Yang Kutu Buku

Ciri –Ciri Seseorang Yang Kutu Buku

Selain pengertian dari kutu buku masih ada hal penting lainnya yang terkadang belum dipahami orang saat ini yaitu ciri-ciri seseorang yang kutu buku. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Baca Juga: Arti Ungkapan Kaki Tangan


1. Kesehatan Mental

 

Studi asal oxford melansir membaca buku secara rutin dapat mengasah otak kita berfungsi menjadi lebih baik. Karena ketika membaca buku apa yang kita senangi otak kita dengan otomatis secara kreatif apa yang kita baca.

Arti ungkapan kutu buku lainnya dalam sudut pandang mental yaitu Menurut tulisan yang di kutip dari laman psychology today. Merekomendasikan untuk melakukan terapi biblioterapi ketika sedang dihadapi masalah hidup. Terapi ini dilakukan untuk memberi sudut pandang baru terkait masalah yang sedang dialami.

2. Menjadi Kepribadian Yang Tenang

 

Dibekali dengan wawasan dan pengetahuan yang diasah setiap saat. Membuat seorang kutu buku memilki kepribadian yang tenang. Ketika menghadapi suatu persoalan mereka cenderung bersabar, tekun dan teliti. Arti ungkapan kutu buku yang satu ini menggambarkan peribahasa buku adalah jendela dunia. Dimana membaca buku dapat membantu kita bersikap lebih bijak dalam hidup.

 

3. Daya Ingat YangYbaik

 

Dengan membaca buku dipercaya dapat melatih konsentrasi dan daya ingat kita. Penyakit kepikunan disebut dengan alzheimer. Merupakan penyakit yang umumnya menyerang usia lanjut, tapi tidak jarang juga penyakit ini menyerang usia muda. Dengan membaca buku kita dapat terhindar dari penyakit ini.

Karena membaca buku dapat mengurangi tingkat stress dan kelelahan yang dapat memicu penyakit alzheimer. Menurut penelitian dari Yale university membaca buku dapat membantu kita untuk memikirkan sesuatu yang cenderung lebih kompleks. Tentu hal ini sangat berguna untuk kesehatan daya ingat.

 

4. Sering Banget Dijuluki Sok Tahu

 

Arti ungkapan kutu buku dalam hal ini artinya, seringkali ketika seorang kutu buku memberi saran mereka dianggap sok tahu. Kenapa begitu? Yah biasanya penjelasan mereka cenderung lebih kompleks,sehingga membuat pendengar tidak sampai terpikir seperti itu atau bahkan tidak mempercayainya.

Apalagi jika bacaan yang mereka baca adalah bukan buku yang mainstream atau buku yang sering dibaca masyarakat umumnya. Tentunya argumen yang mereka keluarkan cenderung terdengar kurang masuk akal bagi orang lain. Tetapi seorang kutu buku tidak segan untuk mempertahankan argumennya. Karena biasanya setelah membaca mereka mencari tahu keabsahan isi buku tersebut.

 

5. Susah Move On Dari Buku Lama

 

Seorang kutu buku sering banget nih koleksi buku-buku mereka di rak bacanya. Kenapa demikian, karena rasa cintanya terhadap buku mereka akan senang ketika melihat buku-buku tersebut berjajar rapi. Mereka memang sesekali memberikan bukunya kepada orang lain, tetapi kebanyakan dari mereka enggan untuk memberikannya.bukan karena mereka ini tidak mau berbagi.

Hal ini kadang berdampak kurang begitu baik, karena buku-buku yang mereka baca terdahulu jika dibaca kembali cukup kurang relevan. Apalagi buku tersebut adalah buku ilmu pengetahuan statistik misalnya perkembangan ekonomi suatu negara.


Contoh Kalimat Konotasi Ungkapan Kutu Buku

Contoh Kalimat Konotasi Ungkapan Kutu Buku

Selain pengertian dan ciri-ciri akan jauh lebih baik jika mengetahui contoh dari kalimat yang menggunakan perumpamaan kutu buku. Sehingga tentunya akan lebih memudahkan memahami, berikut contoh kalimat konotasi ungkapan kutu buku yang dapat dijadikan referensi:

  • Andi menjadi siswa kutu buku disekolahnya. Kalimat tersebut memilki makna Andi merupakan siswa yang rajin membaca buku ketika dia berada disekolah.
  • Risa mendapat julukan kutu buku dikantornya. Maknanya Risa merupakan karyawan yang gemar membaca buku pada saat ia berada dilingkungan pekerjaan

Nah itu dia deretan uraian lengkap terkait arti ungkapan kutu buku serta ciri-ciri dari seorang kutu buku. Tetapi dari beberapa kekurangan tersebut bukan sepenuhnya buruk. Tentu membaca buku adalah penopang untuk membangun kemajuan bangsa.

Arti Ungkapan Kutu Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *