Inilah Arti Warna Emas Sebagai Simbol Kejayaan

Arti Warna Emas

Arti Warna Emas – Warna emas umum ditemui pada perlombaan yang memberikan pemenang pertama dengan hadiah yang berunsur warna emas, khususnya kejuaraan skala nasional atau internasional. Arti warna emas yang kerap disimbolkan sebagai kemenangan, kejayaan dan kekayaan, bukan sekedar kaya harta tetapi juga kaya hatinya. Warna emas juga sering digunakan oleh simbol kerajaan, menunjukkan kekuatan yang dominan terhadap rakyatnya. Selain itu sebagai bentuk kemakmuran yang raja miliki selaku penguasa, berikut ini beberapa contoh makna emas yang yang perlu diketahui.


Warna Emas Berkaitan Dengan Kesuksesan

Arti Warna Emas

Kandungan warna emas yang ada di alam termasuk dalam golongan logam mulia, menjadi bahan baku pembuatan emas dan memiliki nilai jual tinggi di pasaran. Beberapa contoh arti warna emas yang sering ditemui ini dapat dijadikan referensi:

Baca Juga: Arti Warna Biru


1. Warna Emas Sebagai Penghargaan Untuk Pemenang

Arti Warna Emas

Perlombaan yang diselenggarakan sering menggunakan emas sebagai penghargaan yang diberikan untuk pemenang pertama, barulah warna perak atau perunggu. Contohnya pada perlombaan skala nasional seperti PON juara pertama dipastikan memperoleh emas beserta keuntungan lainnya yang lebih baik dibandingkan juara kedua dan ketiga. Warna emas sendiri dipercaya sebagai apresiasi yang diberikan kepada seseorang yang berprestasi. Selain itu juga mendorong semangat peserta lomba untuk menampilkan hal terbaik yang mereka miliki selama perlombaan berlangsung. Contoh dalam kalimat, “ Juara pertama pemenang Asean Games 2019 mendapatkan piala warna emas sebagai jerih payah mereka”.


2. Kebanyakan Dimiliki Oleh Orang Kaya Atau Kerajaan

Arti Warna Emas

Kerajaan-kerajaan terdahulu ataupun beberapa kerajaan yang masih eksis sampai saat ini, dominasi istana memiliki sebagian besar terdapat warna emas. Hal ini juga menunjukkan bahwa warna emas bentuk kemewahan dan kemegahan sebuah dinasti kerajaan. Selain itu, arti warna emas juga sering identikan dengan orang – orang kaya, sebagai simbol kesuksesan yang telah dicapai. Belakangan ini warna emas tidak hanya itu, tetapi sudah merambah keberbagai bidang, misalnya geliat penjual makanan atau minuman juga sudah banyak inovasi ke warna emas bahkan ada yang memasukan logam mulia didalamnya. Contoh kalimat ,” Brand ternama sedang meluncurkan spesial item dengan warna emas, diproduksi terbatas.”

Bidang Fashion juga tidak ketinggalan tentang inovasi di warna emas beberapa item yang mereka luncurkan ada yang berwarna emas dengan produksi yang terbatas. Melambangkan keberanian, kerja keras dan kesuksesan, elegan seseorang membuat warna ini menjadi menarik untuk dimiliki. Namun bagi segelintir orang, cukup sulit untuk mendapatkan warna ini karena produksi yang eksklusif dan harga yang tidak murah.


3. Warna Emas Yang Autentik

Arti Warna Emas

Beberapa kalimat yang bisa dijadikan rujukan untuk dalam penggunaan sehari- hari, seperti contoh kalimat ini, “Ibu membeli perhiasan yang dengan warna emas, desainnya yang unik membuat ia rela merogoh kocek lebih”. Beberapa bidang usaha yang sudah kerap kali mengkaitkan warna emas terhadap sesuatu yang elegan dan berkelas.


4. Warna Emas Terkadang Menjadi Standar Keberhasilan.

Arti Warna Emas

Warna emas kerap kali menjadi salah satu sebagai salah satu untuk pilihan untuk investasi atau sekedar hobi. Misalnya dalam contoh kalimat ini, “ Pecinta olahraga air softgun membeli pernak-pernik warna emas untuk perlengkapan tempur mereka di lapangan.

Baca Juga: Arti Warna Kuning


Sisi Negatif Warna Emas

Arti Warna Emas

Penafsiran arti warna emas secara berlebihan juga dapat menjerumuskan kearah yang negatif, ambisi yang terlalu tinggi seseorang terhadap warna emas ini menimbulkan keserakahan dan ketamakan yang tidak berujung. Seringkali akibat ambisinya tak jarang membuat seseorang menjadi egois dan tidak perduli dengan kejadian dilingkungan sekitarnya. Ambisi yang terlalu menggebu mendorong untuk melakukan hal –hal yang tidak terpuji, seperti menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuannya. Demi pengakuan dan meningkatkan status sosial terkadang akal sehat seseorang bisa dibutakan oleh ambisinya sendiri. Contoh dalam kalimat.” Obsesinya terhadap warna emas perlahan membuat dirinya menjadi egois”.

Penggunaan arti warna emas memang sangatlah erat kaitannya dengan kekayaan, kesuksesan, status sosial seseorang di masyarakat. Namun perlu diingat pemaknaan yang terlalu berlebihan terhadap warna ini juga menimbulkan kerusakan dilingkungan karena menggerus sikap kepedulian dan hanya mementingkan diri sendiri. Tetap bijak memaknai warna emas ini dan cukup gunakan sesuai kebutuhan dan porsi masing-masing.

Warna emas umumnya digunakan di Indonesia untuk seseorang yang bermakna penting dan sesuatu yang sakral, contohnya seperti mahar, hadiah yang lebih disenangi banyak wanita jika diberi perhiasan khususnya yang berwarna emas. Jangan sampai penggunaan warna emas yang mencolok mengundang seseorang untuk berbuat kejahatan, karena warna yang digunakan terlalu menggoda untuk dicuri.

Arti Warna Emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *