Arti Ungkapan Banyak Akal Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Inilah Arti Ungkapan Banyak Akal

Arti Banyak Akal – Setiap manusia yang diciptakan oleh Tuhan memiliki akal pikiran. Manusia adalah makhluk sempurna dibandingkan binatang karena diberi akal oleh Tuhan untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Pengertian akal sendiri adalah daya pikir yang dimiliki manusia. Lalu apa yang dimaksudkan dengan banyak akal? banyak akal yaitu orang yang memiliki akal yang banyak? Inilah penjabaran arti ungkapan banyak akal beserta contohnya.


Inilah Arti Ungkapan Banyak Akal

Inilah Arti Ungkapan Banyak Akal

Ungkapan seperti banyak akal merupakan sebuah idiom. Apa itu idiom? Yaitu gabungan dua kata yang bermakna konotasi atau tidak sebenarnya. Ada banyak jenis idiom seperti idiom penuh, idiom sebagian, idiom bagian tubuh, idiom yang menggunakan kata alat indera dan lain sebagainya. Ungkapan banyak akal termasuk dalam jenis idiom sebagian karena maknanya dapat dilihat dari salah satu kata unsur pembentuknya.

Arti ungkapan banyak akal dalam kamus besar Bahasa Indonesia terdiri dari 46 arti. Namun secara umum banyak akal itu artinya adalah cerdas dan cerdik. Idiom banyak akal termasuk idiom sebagian karena kata “akal” menggambarkan kecerdasan atau kemampuan otak. Maka dari itu idiom banyak akal dimasukkan ke jenis idiom sebagian sebab maknanya dapat dilihat dari satu kata yaitu “akal”

Semua orang pasti pernah mendengar kata banyak akal. Ungkapan ini memang sering dipakai untuk mendeksripsikan seseorang yang cerdas. Sering sekali cerdas disamakan dengan pintar. Memang tujuannya sama namun defenisinya sangatlah berbeda. Pintar adalah memiliki ilmu yang artinya akan didapatkan ketika seseorang berusaha. Sedangkan cerdas adalah kemampuan yang sudah ada dalam diri manusia sejak dilahirkan.

Baca Juga: Arti Ungkapan Bahasa Indonesia


Contoh Kalimat Ungkapan Banyak Akal

Contoh Kalimat Ungkapan Banyak Akal

Orang yang cerdas dan cerdik identik dengan julukan “si banyak akal”. Selain cerdas, banyak akal juga berarti cemerlang atau berpengetahuan. Idiom banyak akal memiliki banyak makna. Oleh sebab itu agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan ungkapan banyak akal maka dibawa ini ada contoh-contoh kalimat ungkapan banyak akal. Melalui contoh dibawah semoga kesalahan penggunaan kata banyak akal dapat diminimalisirkan.

Baca Juga: Arti Ungkapan Unjuk Gigi


1, “Walau Masih Berumur Dua Tahun, Anak Itu Banyak Akal”

Idiom banyak akal pada kalimat diatas artinya adalah cerdik. Kalimat ini menjelaskan bahwa anak yang berumur dua tahun sudah cerdik saja. Cerdik adalah pandai memecahkan masalah dan cepat mengerti. Anak kecil pada zaman sekarang memang cepat menangkap apa yang dilihat atau dibicarakan oleh orang yang lebih dewasa. Kecerdikan anak kecil bisa didapat dari perilaku orang tuanya yang dicontoh oleh anak tersebut.

2. “Bu Arin Adalah Ketua Organisasi yang Bijaksana Dan Banyak Akal.”

Organisasi adalah sebuah perkumpulan individu manusia yang memiliki tujuan dan visi serupa. Dalam tiap organisasi terdapat ketua atau pemimpinnya. Pemimpin haruslah memiliki banyak akal karena saat terjadi sebuah kendala kecerdasan ketua sangat dibutuhkan agar konflik cepat selesai. Jadi jelas kalau arti ungkapan banyak akal diatas adalah cerdas. Makna kalimat diatas yaitu Bu Arin merupakan Ketua Organisasi yang Cerdas dan juga Bijaksana.

3. “Kancil adalah hewan yang Banyak Akal Dan Suka Menipu.”

Kisah kancil sangat sering dijadikan cerita pengantar tidur dan fabel. Apa itu fabel? Cerita yang berisi tentang kehidupan binatang. Binatang yang ada dalam Fabel umumnya bisa bicara tidak sama dengan kenyataan sebenarnya. Kancil adalah hewan yang sering diceritakan karena kecerdikannya. Maka dari itu banyak orang menjuluki kancil sebagai binatang yang banyak akalnya. Ungkapan banyak akal di atas artinya adalah cerdik.

4. “Saat Disuruh Maju Ke Depan Kelas Roni selalu Banyak Akal Hingga Akhirnya Tidak Jadi Maju.”

Pernahkah suatu hari disuruh maju ke depan kelas untuk menjawab soal? Rasanya semua orang pernah merasakan hal itu. Ada siswa yang berani maju ke depan ada pula siswa yang takut untuk maju. Bukan hanya takut saja namun juga karena malas. Dalam kalimat diatas idiom banyak akal artinya “cerdik.” Roni selalu saja punya banyak alasan atau cara agar tidak jadi maju ke depan.

Kemampuan mengingat, berpikir, dan memecahkan masalah adalah pengertian dari cerdas dan cerdik. Sebenarnya ada banyak sekali arti banyak akal tapi itulah arti secara keseluruhannya. Sekian dari penjelasan arti ungkapan banyak akal. Apa yang dijabarkan semoga dapat dijadikan ilmu dan referensi. Jangan sampai salah menggunakan idiom banyak akal karena dapat menyebabkan salah paham.

Arti Ungkapan Banyak Akal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *