Arti Ungkapan Batang Air Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Batang Air

Arti Batang Air – Dewasa ini, ada ungkapan yang sering digunakan masyarakat sehari-hari. Yaitu ungkapan batang air. Arti ungkapan batang air merupakan istilah untuk sungai.

Dimana, penyebutan ini digunakan karena alasan yang lebih relevan bagi para penulis cerpen, puisi dan lagu. Selain itu, juga dilatarbelakangi dengan bentuk aliran sungai sendiri jika digambar menyerupai batang.


Inilah Arti Dari Ungkapan Batang Air

Inilah Arti Dari Ungkapan Batang Air

Arti ungkapan batang air diambil dari dua konsonan kata, yaitu Batang dan Air. Disebut batang karena jika digambar bentuknya mirip seperti batang yang memiliki banyak cabang. Sementara itu, air sendiri merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan. Dengan demikian, batang air adalah ungkapan untuk penyebutan sungai.

Baca Juga: Arti Ungkapan Lapang Dada


Contoh – Contoh Kalimat Ungkapan Batang Air Yang Sering Diucapkan

Inilah Arti Dari Ungkapan Batang Air 1

Saat dimana ungkapan batang air tersebar luas dikalangan kehidupan masyarakat sampai hari ini, ada banyak sekali penyebutan sehari-hari yang menggunakan ungkapan ini. Terutama bagi para penulis lagu dan puisi agar syair terdengan indah. Berikut ini kalimat tersebut :

Baca Juga: Arti Ungkapan Turun Tangan


1. “Untuk Sampai Ke Desa Marangin, Harus Melewati Batang Air Dengan Perahu Dayung”

Jadi arti ungkapan batang air yang digunakan pada kalimat diatas lebih signifikan menjelaskan tentang penyebutan aliran sungai yang harus dilalui oleh beberapa orang untuk bisa sampai ke tempat tujuan, yaitu di Desa Marangin. Dimana, melewati sungai tersebut bukanlah perihal yang mudah, karena harus menggunakan perahu dayung. Batang Air tersebut biasanya sungai besar.

2. “Anak Batang Air Tersebut Mengalir Ke Arah Hulu Menuju Ke Sungai Kampar”

Sedangkan arti batang sungai yang dimaksud pada pernyataan yang terdapat di dalam kalimat tersebut menyebutkan, bahwa batang air yang dimaksud adalah anak – anak sungai. Karena sungai jika difoto bentuknya mirip seperti batang yang bercabang, maka penyebutan batang sungai bukan harus selalu sungai besar. Dan sungai mengalir Hilir menuju ke Sungai Kampar.

3. “Batang Air Tersebut Memiliki Air Yang Jernih Dan Bebatuan Besar”

Arti ungkapan batang air yang dimaksud pada pernyataan didalam kalimat itu adalah lebih merujuk kepada air sungai dekat pegunungan yang sangat bersih, jernih dan indah dengan hampar bebatuan gunung hitam yang besar-besar. Sehingga, arus yang dimiliki sungai tersebut tidak deras. Apalagi, di sungai tersebut mengalir deras air terjun dari pegunungan.

4. “Bupati Kabupaten Wonogiri Akan Membangun Kincir Air Di Dekat Batang Sungai Mahoni”

Makna yang terdapat pada kalimat diatas tentang penggunaan ungkapan batang sungai adalah bahwa akan dibangun kinci air yang dapat membangkitkan tenaga listrik untuk kebutuhan masyarakat yang tinggal di dekat sungai Mahoni. Dimana, ini semua merupakan ide dari bupati Kabupaten Wonogiri, agar masyarakat damai dan sejahtera serta mendapatkan listrik dengan mudah.

5. “Batang Air Tersebut Memiliki Arus Yang Deras Sehingga Kapal Yang Melintas Hanya Sedikit”

Selanjutnya arti tersirat dari kata batang air yang terdapat pada kalimat tersebut yaitu memberikan informasi bahwa alasan mengapa jarang sekali ada kapal yang melintas di sungai tersebut, karena sungai tersebut memiliki arus deras sehingga kapal tidak berani melewatinya. Itulah makna yang terkandung dari batang air yang digunakan pada kalimat ini.

Demikianlah, penjelasan tentang arti ungkapan batang air yang dibahas pada setiap contoh kalimat tersebut. Semoga, bermanfaat dan menjadi referensi terbaik untuk belajar dan lebih memahami makna dari ungkapan tersebut, terutama dalam penggunaannya sehari-hari. Terutama bagi para pecinta puisi, cerpen serta penulis lagu, ini menjadi diksi kata yang sangat indah sekali.

Arti Ungkapan Batang Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *