Arti Ungkapan Berat Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Berat Hati

Arti Berat Hati – Saat ingin memberikan bantuan kepada orang lain yang sedang mengalami kesusahan, baik dalam jumlah materi ataupun tenaga, namun hati merasa tidak lega dan tidak ikhlas, itulah yang disebut dengan rasa berat hati.

Dimana, arti ungkapan berat hati, sering sekali digunakan oleh masyarakat awam untuk menunjukkan sikap ketidakrelaan atau merasa dirugikan atas sesuatu hal dalam keadaan tertentu. Berikut Ulasannya Lengkapnya:


Arti Ungkapan Berat Hati

Arti Ungkapan Berat Hati

Ungkapan berat hati disusun berdasarkan dua konsonan kata, yaitu berat dan hati. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI menyebutkan, ungkapan berat hati terbagi tiga. Pertama, tentang rasa tidak suka dan enggan melakukan sesuatu. Kedua, merasa tidak tegaan atau tidak sampai hati. Ketiga, mempunyai perasaan cenderung kepada dugaan atau prasangka.

Baca Juga: Arti Ungkapan Tangan Terbuka


Contoh Beberapa Kalimat Tentang Ungkapan Berat Hati Serta Maknanya

Contoh Beberapa Kalimat Tentang Ungkapan Berat Hati Serta Maknanya

Berikut ini,beberapa contoh kalimat tentang ungkapan berat hati yang banyak digunakan oleh masyarakat didalam kehidupan sehari-hari. Dan tentu saja dari setiap kalimat berikut ini mempunyai maksud yang berbeda-beda. Yaitu :

Baca Juga: Arti Ungkapan Naik Daun


1. “Risa Terlihat Berat Hati Saat Membantu Ika Yang Sedang Mengalami Kebangkrutan”

Jadi arti ungkapan berat hati yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah bahwa Risa merasa tidak puas dan tidak ikhlas saat membantu Ika yang mengalami kebangkrutan. Rasa tidak ikhlas adalah salah satu perasaan yang mencerminkan sikap berat hati dari diri seseorang. Munculnya perasaan tersebut, karena hati Risa yang tidak lapang membantu Ika.

2. “Berat Hati Rasanya Ibu Tuti Membantu Muridnya Yang Bernama Feli Yang Terkenal Nakal Agar Tidak Tinggal Kelas”

Arti ungkapan berat hati yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah menggambarkan karakter dari diri Ibu Tuti yang tidak tulus membantu Feli, salah satu murid di sekolahnya yang nakal, agar tidak tinggal kelas dan tetap melanjutkan ke kelas berikutnya. Namun, tidak ada pilihan bagi Ibu Tuti, karena telah ditentukan oleh kurikulum pendidikan.

3. “Rasanya Sangat Berat Hati Melihat Astrid Bekerja Sendirian Membantu Ekonomi Keluarganya”

Sedangkan arti ungkapan berat hati yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah perasaan iba dan kasihan kepada Astrid yang terus bekerja keras demi membantu perekonomian keluarganya yang kesusahan. Oleh karena itu, banyak masyarakat tempat tinggalnya yang merasa berat hati kepada kemandirian Astrid yang terus bekerja tanpa rasa lelah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. “Ida Merasa Berat Hati Untuk Membuat Keputusan Sepihak Dengan Ruli”

Maksud dari berat hati yang digambarkan oleh tokoh Ida pada kalimat tersebut adalah mengenai perasaan tidak enak yang dirasakan oleh Ida kepada Ruli. Semua itu karena telah membuat keputusan secara sepihak, tanpa memikirkan keputusan yang akan diambil Rui. Jadi, ada rasa merasa bersalah yang diraskan Ida. Merasa bersalah adalah contoh berat hati

5. “Agar Nisa Dapat Lulus Ujian, Dengan Berat Hati Dirinya Harus Melihat Kunci Jawaban”

Arti dari ungkapan berat hati yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah, mengenai kepribadian Nisa, yang dengan terpaksa harus melakukan sesuatu yang salah dan sebenarnya itu bertentangan dengan hatinya, yaitu melihat kunci jawaban saat ujian sedang berlangsung. Semua itu terpaksa dilakukan olehnya, dengan harapan agar dirinya berhasil lulus menyelesaikan ujian tersebut.

Nah, itulah contoh dari kalimat sehari-hari yang sering menggunakan arti ungkapan berat hati. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa memberikan pembelajaran berharga, tentang pentingnya membantu seseorang dengan tulus, ikhlas dan tidak setengah-setengah. Karena, ketika membantu orang lain dengan benar-benar lapang dada, maka rasa berat hati tidak akan dirasakan. Selamat belajar!

Arti Ungkapan Berat Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *