Arti Ungkapan Bercabang Lidah Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Bercabang Lidah

Arti Bercabang Lidah – Kepercayaan yang telah dititipkan orang lain hendaknya harus dijaga, lalu apa itu kepercayaan? Yaitu kemauan seseorang untuk menaruh keyakinan terhadap orang lain. Orang yang bercabang lidah tidak akan bisa menjadi kepercayaan orang lain. Untuk yang bercabang lidah suka menyampaikan sesuatu yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu orang yang bercabang lidah akan dimusuhi oleh masyarakat. Sebenarnya apa arti ungkapan bercabang lidah? Berikut penjelasan lengkapnya beserta contoh kalimat.


Arti Ungkapan Bercabang Lidah

Arti Ungkapan Bercabang Lidah

Ungkapan kata “bercabang lidah” umumnya sudah tidak asing lagi didengar. Namun, ada beberapa orang awam yang tidak mengerti arti ungkapan bercabang lidah itu sendiri. Ungkapan bercabang lidah merupakan salah satu Idiom. Apa itu idiom? Adalah penggabungan dua suku kata yang membentuk makna baru dan bersifat konotasi. Kata “bercabang lidah” tidak mengacu pada lidah manusia yang bercabang. Sebab Idiom bercabang lidah tidak bisa diartikan secara harafiah.

Bercabang lidah menurut KBBI artinya adalah orang tidak dapat dipercaya kata-katanya karena selalu berubah-ubah. Selain itu idiom bercabang lidah juga ditujukan untuk orang yang berpendirian tidak tetap. Ciri-ciri orang yang bercabang lidah biasanya memiliki sifat plin- plan. Hari ini orang yang bercabang lidah berkata A, nah besoknya berubah menjadi B. Itulah maksud dari sikap plin-plan. Mereka yang bercabang lidah tidak konsisten dengan ucapannya dan suka memanipulasi data.

Baca Juga: Arti Ungkapan Gelap Mata


Arti Ungkapan Bercabang Lidah Scaled

Arti Ungkapan Bercabang Lidah Scaled

Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui orang yang bercabang lidah. Biasanya masyarakat akan menjauhi orang tersebut karena segala ucapan yang keluar dari mulut si bercabang lidah tidak bisa dipercaya kebenarannya.

Idiom bercabang lidah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun bagaimana cara menggunakan idiom tersebut? Berikut dibawah ini ada contoh-contoh kalimat bercabang lidah yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga: Arti Ungkapan Otak Udang


1. “Anton Adalah Orang yang Manipulatif dan Bercabang Lidah”

Ungkapan bercabang lidah diatas mengacu pada arti kata orang yang tidak bisa dipercaya karena selalu berubah-ubah ucapannya. Orang yang bercabang lidah seperti Anton umumnya juga bersifat manipulative. Apa itu manipulatif? Upaya seseorang untuk mempengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain terhadapnya. Orang yang manipulatif biasanya tidak benar-benar suka kepada orang lain, mereka seperti itu agar orang lain tertarik kepadanya dan mengambil keuntungan dari orang lain.

2. “Jangan Percaya dengan Siti yang Bercabang Lidah Itu.”

Orang yang bercabang lidah tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain apabila ucapan yang mereka keluarkan tidak sesuai dengan pendirian. Idiom bercabang lidah diatas mengacu pada arti beruba-ubah pendiriannya. Siti adalah orang yang tidak berpendirian. Ucapan yang Siti keluarkan selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Sikap Siti yang plin-plan akan membuat orang muak dan gelisah kepadanya. Itulah arti dari bercabang lidah.

3. “Sebaiknya Pilihlah Pemimpin yang Dapat Dipercaya Bukan Bercabang Lidah Seperti Toni.”

Setiap pemimpin harus punya sikap tegas, tidak bertele-tele, dan punya pendirian yang kuat. Janganlah memilih pemimpin yang pendiriannya selalu berubah-ubah karena jika sudah begitu akan sulit untuk mengayomi anak buahnya. Makna dari bercabang diatas mengacu pada pendirian orang lain yang suka berubah. Pemimpin akan menjadi panutan dan orang yang dihormati. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah pemimpin yang bisa dipercaya omongannya.

4. “Orang yang Bercabang Lidah Sebaiknya Dijauhi Saja”

Kalimat diatas menyuruh orang lain untuk menjauhi si bercabang lidah. Ungkapan bercabang lidah diatas artinya adalah seseorang yang tidak punya pendirian dan ucapan yang keluar dari mulutnya selalu berubah-ubah. Alangkah baiknya untuk menjauhi orang tersebut karena tidak ada yang bisa dipercaya dari setiap omongan yang keluar. Itulah bahaya dari bercabang lidah karena akan dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat.

Ungkapan bercabang lidah memiliki makna tunggal yang mengacu pada pendirian seseorang. Nah, itulah penjelasan mengenai arti ungkapan bercabang lidah dan contoh kalimatnya. Semoga penjelasan diatas dapat diterima dan dijadikan referensi bagi banyak orang. Manusia harus memiliki pendirian yang teguh agar tidak disepelekan orang lain. Maka dari itu jauhilah sikap bercabang lidah yang merugikan diri sendiri dan orang yang ada disekitar.

Arti Ungkapan Bercabang Lidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *