Arti Ungkapan Bersilat Lidah Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Mengetahui Arti Ungkapan Bersilat Lidah

Arti Bersilat Lidah – Di dalam kehidupan bermasyarakat sering sekali ditemui individu yang selalu membuat orang disekitarnya merasa jengkel, orang tersebut adalah yang suka bersilat lidah. Sebenarnya apa arti ungkapan bersilat lidah? Kata “bersilar lidah” kerap kali ditujukan untuk orang yang suka berbohong.

Namun benarkah arti bersilat lidah itu adalah orang yang suka berbohong?, ungkapan bersilat lidah memiliki arti yang lebih dalam lagi. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih jelas arti dari ungkapan bersilat lidah berikut dibawah ini adalah penjelasannya dan juga ciri-ciri orang yang bersilat lidah.


Mengetahui Arti Ungkapan Bersilat Lidah

Mengetahui Arti Ungkapan Bersilat Lidah

Apabila kata “bersilat lidah” di uraikan satu persatu maka bersilat lidah artinya adalah melakukan aksi silat menggunakan lidah. Bukankah begitu? Jika ada yang berpikir seperti itu maka selama ini penggunaan silat lidah tidak sesuai dengan fungsi dari ungkapan tersebut. Arti ungkapan bersilat lidah yang sebenarnya menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) adalah berdalih, berhelat, atau memutarbalikkan perkataan. Orang yang bersilat lidah akan selalu memiliki alasan dan amunisi kata yang tidak ada habisnya untuk menjawab perkataan lawan bicaranya. Tidak jarang fakta yang diutarakan bahkan dapat dibalikkannya.

Oleh sebab itu orang yang suka bersilat lidah sulit mendapatkan teman atau kawan karena kebiasaannya (dalam hal negatif) yang selalu berdalih tanpa mau mengakui kesalahan yang ia perbuat. Cara cerdas untuk menghadapi orang yang suka bersilat lidah adalah menemukannya dengan orang yang pandai berbicara dan menjebak kata-kata yang diucapkan oleh orang yang suka bersilat lidah.

Baca Juga: Arti Ungkapan Kepala Batu


Contoh Kalimat dari Ungkapan Bersilat Lidah

Contoh Kalimat Dari Ungkapan Bersilat Lidah

Bersilat lidah memiliki arti berdalih, berhelat, atau memutarbalikkan fakta dan kata. Memakai idiom bersilat lidah harus sesuai pada tempatnya. Jangan sampai kalimat yang diucapkan berbanding terbalik dari fungsi idiom itu sendiri. Oleh sebab itu agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami ungkapan bersilat lidah. Berikut ini adalah contoh kalimatnya dan bisa dijadikan referensi juga:

Baca Juga: Arti Ungkapan Batang Air


1. “ Mahasiswa Itu Bersilat Lidah Saat Ia Dipergoki Sedang Mencotek Oleh Dosen”

Kalimat diatas mengartikan bahwa ada mahasiswa yang sedang ketaHuan mencotek namun ia berdalih dan berbohong bahwasanya ia tidak berbuat seperti itu. Sebagian orang yang suka bersilat lidah memang kebanyakan berasal dari kaum-kaum terpelajar. Mereka memiliki kemampuan intelektual yang tinggi sehingga pandai mengolah kata demi kata. Orang yang suka bersilat lidah adalah orang yang cerdas namun menyalahgunakan kecerdasannya untuk kepentingan dirinya sendiri.

2. “Lihatlah Pencopet Itu! Dia Bersilat Lidah Dengan Polisi Padahal Ialah Pelaku Kriminalnya”

Idiom bersilat lidah disini artinya memutarbalikkan fakta dan berbohong kepada petugas berwajib. Orang yang suka bersilat lidah juga merupakan penipu yang handal. Hal ini dikarenakan mereka selalu menghalalkan segala cara agar bisa menang dari perdebatan atau tuduhan. Orang awam yang tidak tau apa-apa akan mudah terjerumus oleh ucapan manis si pesilat lidah. Padahal kalimat yang diucapkan adalah tidak benar. Kedahsyatan lidah si pesilat inilah yang membuat banyak orang bertekuk lutut.

3. “Silvana Gelagapan Saat Seseorang Menuduhnya, Ia Pun Bersilat Lidah Agar Orang Kembali Percaya Kepadanya.”

Arti kata bersilat lidah disini adalah pandai memainkan kata untuk berdalih dan melindungi dirinya sendiri. Ada cara mudah untuk mengetahui bahwa orang itu sedang bersilat lidah yaitu membawanya ke situasi yang terpojok. Jika dia sudah terpojok maka si pesilat lidah akan gelagapan saat menjawab perkataan orang lain. Mereka akan mengeluarkan seluruh jurus pamungkas yang dimilikinya untuk berdalih.

4. “Ria Banyak Dibenci Oleh Orang Karena Kemampuan Bersilat Lidahnya”

Ungkapan bersilat lidah disini ditujukan kepada ria yang memiliki keahlian dalam memutarbalikkan kata sehingga banyak orang yang kesal dengannya. Tidak heran orang yang berhadapan dengan pesilat lidah akan merasa kesal dan jengkel karena setiap ditanya si pesilat lidah bukannya menjawab pertanyaan namun malah balik bertanya. Contohnya adalah saat ditanya “apa kamu tau tentang ini?” si pesilat lidah akan menjawab “apakah kamu tidak tau tentang itu?”

Berhati-hatilah jika menemukan orang yang sedang bersilat lidah karena setiap ucapannya bagaikan madu yang begitu manis. Hal itu terjadi karena orang yang bersilat lidah sangat mahir memainkan kata. Nah, berakhir sudah penjelasan diatas mengenai arti ungkapan bersilat lidah.

Arti Ungkapan Bersilat Lidah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *