Arti Ungkapan Bertangan Dingin Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Bertangan Dingin

Arti Bertangan Dingin – Pernah dengar ungkapan bertangan dingin? Istilah ini sering diucapkan sebagai majas atau perumpamaan bagi orang yang memiliki kemampuan atau spesialisasi tertentu.

Namun apakah arti ungkapan bertangan dingin yang benar?. Berikut ini akan dijelaskan tentang ungkapan bertangan dingin baik dari segi frasa aslinya atau perumpamaannya (majas) yang akan menjawab pertanyaan di atas. Ini uraian lengkapnya:


Makna Frasa Bertangan Dingin

Makna Frasa Bertangan Dingin

Bertangan dingin bisa disebut frasa atau kalimat yang hanya terdiri dari predikat dan objek. “Bertangan” adalah predikat karena berupa kata kerja yang bermakna “ memiliki tangan”, sedangkan “Dingin” adalah objek yang berupa kata sifat. Frasa bertangan dingin setara dengan frasa berwajah cantik dan bertubuh besar. Kalimat tidak lengkap tetapi sudah memiliki makna yaitu “memiliki wajah cantik” dan “memiliki tubuh yang besar”.

Akan tetapi khusus frasa bertangan dingin ternyata bisa berupa perumpamaan yang maknanya tidak melekat pada dua kata tersebut melainkan harus ditafsirkan. Sekalipun begitu perumpamaan bertangan dingin sudah menjadi bagian dari kaidah berbahasa Indonesia yang bisa digunakan di dalam kalimat.

Baca Juga: Arti Ungkapan Buah Bibir


Makna Ungkapan Bertangan Dingin

Makna Ungkapan Bertangan Dingin

Pada contoh kalimat “Pep Guardiola adalah mantan pelatih bertangan dingin Barcelona”. “Dialah yang telah berhasil memberikan treble winners untuk Lionel Messi Dan kawan-kawan”. Frasa bertangan dingin yang digaris bawah dan di-bold tidak bisa diartikan sebagai pelatih yang memiliki tangan dingin. Tetapi harus ditafsirkan berbeda dengan melihat konteks kalimat selanjutnya, yaitu ”berhasil memberikan treble winners”. Ini adalah sebuah prestasi tinggi sepak bola.

Maka dari itu, makna pelatih bertangan dingin di sini adalah orang yang memiliki kemampuan melatih dengan bagus dan hebat. Seperti Pep Guardiola di contoh di atas. Ada beberapa makna dari ungkapan bertangan dingin yang perlu diketahui supaya tidak salah ketika digunakan. Ini dia makna-makna tersebut:

Baca Juga: Arti Ungkapan Tangan Dingin


1. Selalu Sukses Dalam Bekerja

1. Selalu Sukses Dalam Bekerja

Arti ungkapan bertangan dingin yang pertama adalah perumpamaan bagi orang yang selalu sukses dalam bekerja. Maksudnya apa yang dikerjakan selalu berhasil serta sangat sedikit sekali mengalami kegagalan. Ini juga terkait dengan kemampuan seseorang dalam menjalankan profesinya dengan serius, cerdas, kreatif dan pintar. Bisa pula keberhasilan tersebut didapatkan dari keajaiban atau kebetulan yang terjadi terus menerus.

 

2. Tidak Pernah Gagal Membangun Tim

2. Tidak Pernah Gagal Membangun Tim

Orang yang tidak pernah gagal ketika membangun tim atau kelompok juga disebut bertangan dingin. Karena dengan kemampuannya orang ini disukai oleh kelompoknya yang berefek pada kerjasama tim yang bagus. Ungkapan bertangan dingin untuk konteks ini biasanya disematkan pada atasan atau kepala di dalam sebuah lembaga. Bisa juga untuk manajer tim olahraga yang membawahi banyak pemain.

 

3. Orang Yang Kreatif Tetapi Pendiam

3. Orang Yang Kreatif Tetapi Pendiam

Arti yang ketiga disematkan pada orang yang kreatif tetapi tidak banyak berbicara. Karena baginya kerja lebih penting daripada banyak teori yang terkadang sulit untuk dijalankan. Jika karena kreativitas tersebut kesuksesan berhasil diraih, maka orang tersebut layak disebut bertangan dingin. Artinya tidak terlalu vokal, pendiam tetapi mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan berkualitas.

Itu beberapa arti ungkapan bertangan dingin yang perlu diketahui. Seharusnya dengan pemahaman tersebut penggunaan istilah ini tidak lagi rancu dengan istilah lain seperti berdarah dingin, berhati dingin dan lain sebagainya.

 

4. Suka Berbuat Yang Kecil Tetapi Menguntungkan

4. Suka Berbuat Yang Kecil Tetapi Menguntungkan

Orang yang bertangan dingin maksudnya adalah orang yang suka mengerjakan hal kecil tetapi untungnya besar. Seperti berjualan pulsa dari HP hingga bisa membuka counter sendiri. Terkadang orang semacam ini bisa melakukan satu dua hal kecil secara bersamaan. Ajaibnya kedua-duanya bisa memberikan kesuksesan yang luar biasa.

 

5. Suka Bekerja Seorang Diri

5. Suka Bekerja Seorang Diri 1

Terkadang orang yang sukses karena bekerja dengan tim. Lain soal jika orang yang bertangan dingin. Orang disebut bertangan dingin adalah orang yang mampu bekerja seorang diri tetapi tidak kalah dengan yang bekerja di dalam kelompok. Bahkan dari segi kesuksesan jauh lebih luar biasa.


Contoh-Contoh Kalimat Dengan Ungkapan Bertangan Dingin

Contoh Contoh Kalimat Dengan Ungkapan Bertangan Dingin

Sudahkah memahami apa itu arti bertangan dingin? Supaya lebih jelas terkait ungkapan tersebut dan penggunaannya dalam kalimat, berikut akan diberikan contoh-contohnya:

  1. Manajer bertangan dingin adalah manajer yang mampu mencetak tim kerja berkualitas setiap tahun
  2. Jadilah pelatih bertangan dingin bukan sekali dapat juara langsung tenggelam
  3. Guru les itu sungguh bertangan dingin, karena siswa yang dibimbingnya selalu mendapat ranking satu.

Demikian penjelasan singkat tentang arti ungkapan bertangan dingin yang masih banyak orang belum tahu jelasnya. Mengingat kosakata Indonesia sangatlah banyak, semoga bisa menjadi tambahan kosakata untuk dijadikan sarana berbahasa Indonesia yang baik.

Arti Ungkapan Bertangan Dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *