Arti Ungkapan Bertekuk Lutut Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Bertekuk Lutut

Arti Bertekuk Lutut – Pernah mendengar istilah bertekuk lutut diucapkan? Contohnya pada kalimat berikut “Barcelona bertekuk lutut ketika melawan Real Madrid dengan skor telak 3-0”.

Nah, arti ungkapan bertekuk lutut pada kalimat tersebut jelas bukan bermakna lututnya klub sepakbola Barcelona ditekuk ketika kalah dari klub sepak bola Real Madrid. Berikut penjelasan lengkapnya:


Jenis-Jenis Makna Ungkapan Bertekuk Lutut

Jenis Jenis Makna Ungkapan Bertekuk Lutut

Ada dua jenis makna dari istilah bertekuk lutut. Yaitu makna asli atau leksikal, sedangkan yang kedua adalah makna gramatikal. Di bawah ini dijelaskan pengertian kedua istilah bertekuk lutut. Baik dari segi makna leksikal maupun makna gramatikal-nya. Ini penjelasan lengkapnya:

Baca Juga: Arti Ungkapan Langkah Seribu


1. Makna Ungkapan Bertekuk Lutut Secara Leksikal

Makna ungkapan bertekuk lutut secara leksikal adalah orang yang sedang menekuk lututnya. Ini merupakan dua frase yang berupa kata kerja karena berawalan –ber, yang berarti melakukan.

Makna ini terlihat pada kalimat “orang itu sampai bertekuk lutut hanya karena kesulitan makan sambil bersila”.

2. Makna Ungkapan Bertekuk Lutut Secara Gramatikal

Makna ungkapan bertekuk lulut secara gramatikal harus dibaca sesuai konteks kalimatnya. Maka dari itu, untuk makna secara gramatikal ini, ungkapan bertekuk lutut memiliki banyak pentafsiran.

Ungkapan bertekuk lutut secara gramatikal identik dengan perumpamaan yang berupa sindiran. Ini pun dibagi-bagi lagi menjadi jenis-jenis pemaknaan yang lain sesuai dengan apa maksud kalimat yang ada ungkapan tersebut di dalamnya.

Ini bisa dilihat pada kalimat” Rayuannya membuat aku bertekuk lutut dan pasrah”. Dari kalimat ini tidak bisa bertekuk lutut diartikan sebagai gerakan lutut tetapi harus dibaca secara utuh. Di sana ada kata rayuan bisa dipastikan arti istilah bertekuk lutut dalam kalimat tersebut adalah soal cinta.


Arti Ungkapan Bertekuk Lutut

Arti Ungkapan Bertekuk Lutut

Dijelaskan di atas kalau arti ungkapan bertekuk lutut secara gramatikal cukup banyak. Maka dari itu, supaya pemahaman lebih lengkap dan detil, berikut akan dijelaskan apa saja makna-makna ungkapan tersebut. Ini dia penjelasannya:

Baca Juga: Arti Ungkapan Mata Keranjang


1. Sebagai Tanda Kekalahan Dalam Olahraga

1. Sebagai Tanda Kekalahan Dalam Olahraga

Bertekuk lutut biasanya digunakan sebagai sindiran untuk yang kalah dalam pertandingan olahraga. Seperti laga sepak bola, basket, bulu tangkis, pencak silat dan olahraga yang lainnya.


2. Takluk Dalam Peperangan

2. Takluk Dalam Peperangan

Ungkapan atau istilah bertekuk lutut juga bermakna takluk dalam peperangan. Ini juga dinisbatkan atau diucapkan kepada negara yang kalah di dalam peperangan tersebut. Maka dari itu, ungkapan ini bisa berarti hinaan atau juga sindiran


3. Kepasrahan Yang Total

3. Kepasrahan Yang Total

Istilah bertekuk lutut bermakna kepasrahan total. Ini biasanya terjadi dalam dinamika asmara yang mana seorang pria atau wanita memasrahkan dirinya pada orang yang dicintainya. Seakan tidak ada lagi kemampuan untuk menolak apapun yang diinginkan oleh pasangannya. Ini tergolong makna yang negatif selama masih belum menjadi pasangan yang sah. Karena seharusnya pasangan hanya boleh bertekuk lutut pada suami atau istrinya tidak untuk yang lain.


4. Pengakuan Akan Kelebihan Orang Lain

Thumbs Up

Bertekuk lutut juga berarti pengakuan akan kelebihan orang lain. Yang mana sebelumnya tidak ada pengakuan tersebut bahkan menganggap kalau kemampuan diri sendiri lebih tinggi.


5. Apresiasi yang Mendalam

5. Apresiasi Yang Mendalam

Bertekuk lutut bisa dimaknai sebagai apresiasi yang mendalam tentang suatu hal. Bisa berupa rasa kagum yang berdampak pada lahirnya pujian-pujian dengan kalimat yang indah.


Contoh-Contoh Ungkapan Bertekuk Lutut Dalam Kalimat

Contoh Contoh Ungkapan Bertekuk Lutut Dalam Kalimat
Contoh Contoh Ungkapan Bertekuk Lutut Dalam Kalimat

Agar pemahaman lebih jelas, berikut disertakan contoh-contoh istilah bertekuk lutut dalam kalimat. Silakan disimak lalu maknai ungkapannya. Ini dia contoh yang dimaksud:

  1. Ganda campuran Indonesia harus bertekuk lutut ketika menghadapi pasangan anyar Kamboja
  2. Si pria bertekuk lutut di hadapan si perempuan karena kecantikannya luar biasa.
  3. Korea Utara Bertekuk lutut menghadapi Amerika Serikat di Perang dunia ke-3

Demikian beberapa arti ungkapan bertekuk lutut yang belum diketahui banyak orang sehingga sangat cocok dijadikan referensi. Semoga sudah bisa ditarik kesimpulan sehingga tidak salah lagi ketika menggunakannya dalam kalimat.

Arti Ungkapan Bertekuk Lutut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *