Arti Ungkapan Besar Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Besar Hati

Arti Besar Hati – Dalam hidup soal menang dan kalah memang hal yang biasa. Seseorang membutuhkan hati yang besar untuk menerima kenyataan yang terjadi pada dirinya. Besar hati merupakan salah satu ungkapan yang kerap kali diucapkan sehari-hari. Meskipun terdengar sederhana, terdapat makna yang luas dalam arti ungkapan besar hati. Definisi dari ungkapan tersebut tentunya berasal dari sudut pandang yang berbeda.

Walaupun sering disebutkan dalam keseharian, ungkapan besar hati ini juga perlu dipahami. Hal ini agar tidak menimbulkan kesalahpahaman saat berbicara dengan orang. Berikut ini beberapa penjelasan dan contoh dari ungkapan besar hati. Yuk simak ulasan di bawah ini.


Arti Dari Ungkapan Besar Hati

Arti Dari Ungkapan Besar Hati

Tidak hanya sekedar diucapkan, sebuah ungkapan biasanya memiliki arti yang mengarah pada suatu tindakan atau sifat seseorang. Oleh karena itu, seseorang perlu mempelajari dan memahami sebuah ungkapan sebelum diterapkan di keseharian. Berikut ini penjelasan singkat mengenai arti ungkapan besar hati secara umum.

Baca Juga: Arti Ungkapan Kabar Angin


1. Berasal dari Kata Besar

1. Berasal Dari Kata Besar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Besar memiliki beberapa arti yang berbeda seperti luas, lebar, banyak, tinggi dan gemuk, mulia, hebat, dan berkuasa. Ada pula yang mengartikan sebagai lawan dari kecil atau lebih dari sedang dalam pengukuran. Arti lainnya adalah sesuatu yang sangat berguna atau penting, dan perubahan menjadi dewasa. Arti dari kata tersebut akan berubah maknanya tergantung konteks yang dibicarakan.


2. Besar Hati Menurut Istilah

2. Besar Hati Menurut Istilah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti ungkapan besar hati adalah sombong, gembira, bangga dan girang hati. Jadi, ungkapan tersebut dapat diartikan sebagai perasaan gembira, bangga, atau sombong pada diri seseorang.


3. Berbesar Hati

3. Berbesar Hati

Berbesar hati merupakan ungkapan lain yang memiliki arti mampu mengakui dan mau menerima kenyataan dengan ikhlas dan lapang dada. Hal ini tentu saja tidak mudah dilakukan, karena hanya orang tertentu yang dapat melakukannya. Seseorang perlu belajar banyak dari orang lain atau peristiwa yang terjadi disekitarnya.

Seseorang yang berbesar hati hendaknya mampu mengakui kesalahan yang dibuatnya, mau menerima kekalahan dengan lapang dada dan mengakui kemampuan orang lain. Belajar berbesar hati perlu dilakukan agar seseorang dapat menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada pada dirinya.


4. Perilaku Besar Hati

4. Perilaku Besar Hati

Perilaku besar hati dapat mengarah pada sifat negatif dalam diri setiap individu. Seseorang yang memiliki sifat ini biasanya suka menyombongkan diri dan terlihat bahagia dengan apa yang telah diraihnya. Disisi lain, orang tersebut jadi tidak mudah untuk menerima kelebihan dan kekurangan pada dirinya sendiri sehingga sulit menerima kenyataan.


5. Menghindari Besar Hati

5. Menghindari Besar Hati

Salah satu cara untuk menghindari sifat besar hati adalah dengan menerima kritik dari orang lain. Kritik sering kali berhubungan dengan kekurangan. Dengan kritik seseorang dapat belajar menerima kekurangan dan selalu berpikir positif.

Baca Juga: Arti Ungkapan Panjang Mulut


Contoh Ungkapan Besar Hati

Contoh Ungkapan Besar Hati

Ternyata arti ungkapan besar hati memiliki makna yang luas dan beragam. Agar tidak bingung saat melakukan percakapan dengan orang lain, ada baiknya untuk memahami contohnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan besar hati yang perlu diketahui, antara lain:

  • Rania selalu besar hati ketika ia dipuji oleh teman-temannya. Maksud dari besar hati dalam kalimat tersebut adalah Rania selalu merasa bahagia ketika ia mendapat pujian dari teman-temannya.
  • Bu Nita besar hatinya ketika ia dapat mengajari anak presiden belajar Matematika. Kalimat tersebut menjelaskan jika bu Nita membanggakan dirinya jika ia dapat mengajari anak presiden belajar matematika.
  • Walaupun Seno meraih juara umum di perlombaan, tetapi ia tidak besar hati. Besar hati disini dapat diartikan jika Seno tidak sombong atau membanggakan diri meski menjadi juara umum.

Itulah beberapa arti ungkapan besar hati beserta contohnya yang dapat dipelajari. Nah, sebelum mengucapkan suatu ungkapan ada baiknya jika memahami dan mengerti artinya terlebih dahulu. Agar terhindar dari kesalahpahaman yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Semoga bermanfaat ya!

Arti Ungkapan Besar Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *