Arti Ungkapan Besar Kepala Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Besar Kepala

Arti Besar Kepala – Arti sebuah ungkapan sangat banyak dengan tujuan untuk membuat pembaca paham dan mengerti. Sebuah arti akan mendapatkan sebuah ide agar menjadi pengertian yang bercabang. Di Indonesia setiap kata sudah memiliki arti yang berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sehingga setiap orang yang ingin mengetahui arti dari sebuah kata dapat didapatkan dalam KBBI tersebut. Seperti contohnya arti ungkapan besar kepala yang tentunya memiliki makna sendiri juga. Berikut ulasan lengkapnya:


Ungkapan Besar Kepala

Ungkapan Besar Kepala 1

Setiap kata dan ungkapan memiliki arti tersendiri yang dapat disimpulkan. Besar kepala banyak diartikan untuk mendiskusikan suatu sikap atau sifat. Contoh ungkapan besar kepala:

  • Saat berdiskusi Roni sangat besar kepala untuk menerima pendapat kelompok.
  • Jeje sangat besar kepala ketika memiliki tas baru yang membuatnya dinilai sombong.
  • Ketika Feby telah selesai dibantu doni tapi Feby besar kepala tidak membantu doni kembali. Feby sangat egois.

Baca Juga: Arti Ungkapan Buah Hati


Arti Umum Besar Kepala

Arti Umum Besar Kepala 1

Ungkapan besar kepala sangat banyak sehingga dapat menjadi banyak pengertian dan tetap satu maksud. Dalam mengungkapkan suatu hal bisa berdasarkan perasaan dan pemikiran. Mengetahui ungkapan dapat menambah wawasan dan menimbulkan suatu ide. Ada beberapa arti ungkapan besar kepala pada umumnya, sebagai berikut.

Baca Juga: Arti Ungkapan Jalan Tengah


1. Tidak Mau Kalah

1. Tidak Mau Kalah

Maksud dari besar kepala salah satunya adalah tidak mau kalah dalam semua hal baik dari perilaku dan pemikiran. Sikap ini sangat tidak bagus dalam kehidupan karena membuat resah orang lain. Tidak mau kalah seperti memiliki suatu pendapat namun tidak suka jika ditolak dan dibenari orang lain.

Sehingga dapat menimbulkan konflik dalam suatu hubungan maupun kelompok. Jika tidak mau kalah akan susah untuk berbaur dalam sebuah masyarakat maupun organisasi.


2. Egois

2. Egois

Maksud dari besar kepala juga bisa dibilang egois yang ada dalam pikiran sendiri. Dan sikap egois ini sangat berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain. Apapun yang terjadi pada dirinya adalah hal yang benar meskipun itu merupakan kesalahan.

Egois juga dapat dilihat dengan sikap yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Sifat dan sikap egois membuat diri sendiri dijauhin orang lain dan juga susah beradaptasi.


3. Sombong

3. Sombong

Maksud dari besar kepala juga bisa dibilang sombong sehingga mencelakai diri sendiri. Sifat sombong sangat tidak baik dilakukan karena hanya membuat diri sendiri menjadi dijauhi orang lain. Jika sombong suatu saat akan jatuh juga sehingga akan menyesal diakhir.

Sombong seperti memuji diri sendiri dengan apa yang dimilikinya terhadap orang orang yang tidak memiliki sepertinya. Jika selalu sombong membuat lupa diri dari banyak masyarakat dan merasa hidup sendiri.


4. Bebal

4. Bebal

Maksud dari besar kepala juga bisa dibilang bebal karena susah dibilangin oleh siapapun. Sehingga memiliki sikap yang semau dirinya sendiri tanpa memikirkan perasaan orang lain. Orang bebal sangat susah dibilangin meskipun itu untuk kebaikan.

Dan terkadang lebih nyolot saat diberi nasehat dan tidak memperdulikan perkataan orang lain. Hanya dirinyalah yang benar dan tidak salah melakukan apapun. Dengan bersikap bebal membuat pribadi susah menerima peraturan dan pendapat orang lain.


5. Keras Kepala

5. Keras Kepala

Maksud dari besar kepala juga bisa dibilang keras kepala yang membuat diri sendiri susah terbuka pada orang lain. Maksud dari susah terbuka seperti pemikirannya yang membuat orang lain tidak bisa diandalkan. Besar kepala seperti hanya dirinya dan urusannya saja yang lebih penting.

Urusan orang lain tidak sepenting dirinya daan juga susah untuk diberi tahu serta merasa dirinyalah yg benar. Sikap keras kepala sangat susah untuk bisa berbaur bersama banyak orang dan menerima pendapat. Dan prinsipnya tidak dapat di ganggu gugat.

Beeberapa arti ungkapan besar kepala pada umumnya yang dapat menjadi referensi untuk semua orang. Arti ungkapan besar kepala sangat banyak dan dapat dijabarkan. Dalam KBBI sangat banyak memiliki arti kata kata yang berbahasa Indonesia. Arti ungkapan sangat penting untuk diketahui oleh banyak orang agar dapat memiliki pemikiran dan ide yang sama.

Setiap kata memiliki artinya sendiri dan juga ungkapan punya akan arti yang mengandung makna.

Arti Ungkapan Besar Kepala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *