Arti Ungkapan Buah Bibir Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Buah Bibir

Arti Buah Bibir – Banyaknya frase yang kerap dijadikan dalam mengungkapkan sesuatu tentunya menyiratkan makna lain. Sebagai contoh frase meja hijau, bukan hanya berarti meja yang berwarna hijau, melainkan tersirat makna lainnya yakni pengadilan.

Begitu pun arti ungkapan buah bibir, frase yang bukan menunjukkan arti bibir berbuah, melainkan ada makna lain tersirat pada frase tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan terkait arti buah bibir dan contohnya dalam kalimat. Yuk disimak!


Arti Ungkapan Buah Bibir

Arti Ungkapan Buah Bibir

Frase buah bibir memiliki arti bahan yang diperbincangkan/ topik pembicaraan. Subjek yang dijadikan perbincangan bisa berupa orang, benda atau pun hal lainnya. Mengenai makna yang tersirat dari buah bibir, bersifat jamak.

Lebih tepatnya, ungkapan tersebut bisa bermakna positif atau juga negatif. Jika hal yang dibicarakan bersifat positif, tentunya hal tersebut baik bagi orang lain. Lain halnya jika yang diperbincangkan hal negatif/ tidak baik, maka hal itu tidaklah baik dilakukan.

Baca Juga: Arti Ungkapan Tangan Dingin


Makna Ungkapan Buah Bibir dalam Kalimat

Makna Ungkapan Buah Bibir Dalam Kalimat

Seperti yang disinggung sebelumnya, ungkapan buah bibir tidak hanya bermakna satu, melainkan bisa bermakna positif atau pun konotasi negatif. Ungkapan buah bibir bisa menimbulkan rasa senang bisa juga timbul rasa kesal. Hal tersebut bergantung pada ungkapan yang diutarakan.

Buah bibir akan bermakna positif jika apa yang diperbincangkan merupakan hal-hal yang baik, yakni berupa prestasi atau pun hal lainnya. Ungkapan yang biasa diutarakan berupa pujian yang ditujukan pada suatu objek tertentu.

Adapun makna yang berkonotasi negatif yakni biasanya ditujukan dalam perbincangan hal yang negatif dan kontroversial. Pada dasarnya, ungkapan yang satu ini sebaiknya dihindari, karena sama halnya dengan Ghibah, membicarakan hal negatif orang lain tentunya tidak baik. Berikut ini beberapa contoh dalam kalimat.

Baca Juga: Arti Ungkapan Ringan Tangan


1. “Kemenangannya dalam lomba olimpiade, membuat Aga menjadi buah bibir teman-temannya di sekolah”

Kemenangannya Dalam Lomba Olimpiade Membuat Aga Menjadi Buah Bibir Teman Temannya Di Sekolah

Kalimat di atas merupakan salah satu ungkapan buah bibir yang memiliki makna positif. Hal ini dikarenakan apa yang menjadi topik pembicaraan adalah hal yang positif yakni kemenangan Aga dalam perlombaan olimpiade. Sehingga pujian yang diberikan untuk Aga disini tidak secara frontal namun dengan menggunakan bahasa yang baik.

 

2. “Keindahan Pulau Natuna kerap menjadi buah bibir para wisatawan dan membuatnya ketagihan untuk berkunjung kembali ke tempat yang mengesankan tersebut”

Keindahan Pulau Natuna Kerap Menjadi Buah Bibir Para Wisatawan Dan Membuatnya Ketagihan Untuk Berkunjung Kembali Ke Tempat Yang Mengesankan Tersebut

Arti ungkapan buah bibir pada kalimat di atas menunjukkan makna positif semua itu dikarenakan topik pembicaraannya menggambarkan tentang Pulau Natuna yang begitu indah dan menarik perhatian para wisatawan. Hal ini biasanya digunakan sebagai ungkapan seseorang yang menceritakan kebahagian saat selesai mengunjungi suatu tempat seperti salah satunya Natuna.

 

3. Kasus korupsi yang tidak pernah mereda, kerap menjadi buah bibir warga sekitar

Kasus Korupsi Yang Tidak Pernah Mereda Kerap Menjadi Buah Bibir Warga Sekitar

Adapun ungkapan buah bibir pada kalimat di atas bermakna konotasi negatif di mana hal ini dikarenakan buah bibir yang menjadi pokok pembicaraan adalah hal negatif yakni kasus korupsi yang terjadi. Sehingga dijadikan topik pembicaraan para warga, penggunaan kalimat perumpamaan ini membuat kalimat sindirian lebih terkesan sopan.

 

4. Setelah polisi berhasil menggerebek tempat pesta narkoba Riko dan kawan-kawannya, kini mereka menjadi buah bibir para tetangganya

Setelah Polisi Berhasil Menggerebek Tempat Pesta Narkoba Riko Dan Kawan Kawannya Kini Mereka Menjadi Buah Bibir Para Tetangganya

Sama halnya dengan kalimat sebelumnya, makna buah bibir pada kalimat di atas juga berkonotasi negatif. Kalimat di atas mengungkapkan bahwa topik pembicaraan adalah hal negatif, yakni Riko dan kawan-kawannya digerebek polisi karena melakukan pesta narkoba.

 

5. Sampah yang semakin bertumpuk membuat kawasan tersebut menjadi buah bibir para warga desa

Sampah Yang Semakin Bertumpuk Membuat Kawasan Tersebut Menjadi Buah Bibir Para Warga Desa

Ungkapan buah bibir pada kalimat di atas berkonotasi negatif di mana Kalimat di atas memiliki topik pembicaraan yang negatif, yakni sampah yang kian hari semakin menumpuk. Hal ini biasanya kerap mengungkapkan hal negatif seperti topik perbincangan para warga desa yang merasa lingkungan sudah penuh sampah.

Demikianlah uraian singkat terkait arti ungkapan buah bibir, maknanya bisa berkonotasi positif atau pun negatif. Hal tersebut bergantung pada kalimat yang diungkapkan. Pada dasarnya setiap kata memiliki makna yang beragam, terutama ketika dipadukan dengan kata lainnya. Begitu pun dengan maknanya tidak hanya satu, bergantung pada ungkapan yang diutarakan.

Arti Buah Bibir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *