Arti Ungkapan Buah Pikiran Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Buah Pikiran

Arti Buah Pikiran – Ungkapan merupakan penggabungan dari dua kata atau lebih untuk menghasilkan kiasan yang mempunyai makna tertentu. Dalam Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali ungkapan atau kiasan yang bisa digunakan sehari – hari.

Ungkapan lain yang sering didengar atau digunakan ialah ungkapan buah pemikiran. Berikut penjelasan arti ungkapan buah pikiran beserta contohnya dalam kalimat.


Definisi atau Makna Ungkapan Buah Pikiran

Definisi Atau Makna Ungkapan Buah Pikiran

Pengertian dari sebuah ungkapan merupakan gabungan dari beberapa kata yang membentuk arti baru dan tidak dapat diartikan sebagai kata pembentuk kata aslinya. Kesimpulannya, ungkapan bisa diartikan sebagai gabungan kata yang mempunyai makna baru dan tidak dapat diartikan tiap kata. Ungkapan tersebut biasanya digunakan seseorang untuk memberi kiasan pada sesuatu.

Pada sebuah kiasan biasanya terdiri dari gabungan 2 kata dasar atau bahkan lebih. Dalam suatu konteks tertentu gabungan dua kata memiliki kemungkinan beberapa makna yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Oleh karena itu untuk mengetahui gabungan kata tersebut termasuk dalam ungkapan atau bukan maka harus melihat konteks kalimatnya terlebih dahulu.

Definisi atau arti ungkapan buah pikiran bisa dikatakan sebagai buah hasil dari pemikiran seseorang. Buah pikiran juga bisa diartikan sebagai pendapat seseorang dalam mengatasi sebuah permasalahan. Selain itu buah pikiran juga bisa dikatakan sebagai ide seseorang yang diberikan sesuai dengan pemikirannya sendiri.

Baca Juga: Arti Ungkapan Angkat Tangan


Penggunaan Dan Makna Ungkapan Buah Pikiran Dalam Kalimat

Penggunaan Dan Makna Ungkapan Buah Pikiran Dalam Kalimat

Ungkapan buah pikiran sering pula dikaitkan dengan hasil karya seseorang berdasarkan pemikirannya sendiri. Oleh karenanya buah pikiran sering digunakan dalam konteks kalimat tertentu ketika memberi kiasan terhadap hasil orang lain. Hasil tersebut bisa berupa pendapat, ide, maupun hasil karya yang bersifat nyata. Agar lebih memahami penggunaannya berikut contohnya dalam kalimat.

Baca Juga: Arti Ungkapan Berhati Baja


1. “Buku Yang Telah Dicetak Sejumlah Ribuan Ekskemplar Itu Merupakan Buah Pikiran Dari Ibundanya Sendiri”

Ungkapan tersebut mempunyai arti bahwa buku yang ditulisnya merupakan saran atau ide dari ibunya. Bisa dikatakan juga buku tersebut merupakan hasil dari pendapat atau pemikiran ibunya. Jadi buah pikirin disini di artikan sebagai sumbangsi baik saran ataupun ide dari seseorang.

2. “Pekerjaan Itu Merupakan Hasil Dari Buah Pemikirannya Selama Ini”

Sesuai dengan definisi yang sudah dijelaskan diatas bisa disimpulkan pula bawasannya kalimat tersebut mempunyai arti yang sama. Dimana seseorang telah mempunyai pekerjaan hasil dari pemikiran atau hasil idenya selama hidupnya.

3. “Akhirnya Usaha Dari Buah Pikirannya Selama Ini Sudah Berkembang Dan Semakin Maju”

Makna dari usaha yang dilakukan tidak lain merupakan hasil dari pemikiran atau idenya sendiri. Orang tersebut mampu mengembangkan serta memajukan usahanya sesuai dengan hasil pemikirannya. Jadi bukan hanya mengungkapkan ide seseorang untuk orang lain namun juga dari diri sendiri.

4. “Setiap Anggota Karyawan Diwajibkan Memberikan Buah Pemikirannya Demi Berkembangnya Perusahaan Ini”

Maksud dari kalimat tersebut ialah setiap anggota karyawannya diwajibkan untuk memberikan sebuah ide atau gagasan. Gagasan atau ide yang dimaksud juga berhungan dengan perkembangan perusahannya. Jadi memang ada buah pikiran yang harus dipaksakan.

5. “Hasil Dari Buah Pikiran Itu Memang Sangat Cemerlang Karena Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat Sekitar”

Kalimat tersebut mempunyai makna bahwa orang tersebut mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Hasil karyanya tersebut juga bisa dikatakan berasal dari hasil dari pemikirannya. Hasil pemikiran tersebutlah yang bisa pula dikatakan sebagai ide atau pendapat.

Demikianlah arti ungkapan besar hati beserta beberapa contoh penggunaan ungkapan tersebut dalam kalimat. Ungkapan atau kiasan bisa sedikit memberikan efek indah pada kalimat yang kita gunakan sehari – hari. Tentunya ungkapan tersebut bisa digunakan sesuai dengan konteks kalimat yang sesuai serta diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Ungkapan Buah Pikiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *