Budaya Jawa Barat : Sangat Unik dan Menarik, Banyak Memikat Wisatawan

Budaya Jawa Barat

Budaya Jawa Barat – Budaya jawa barat adalah budaya yang ada di daerah jawa barat, budaya yang dipengaruhi oleh budaya sunda dan Cirebon, yang biasa disebut kasundaan dan kacirebonan.

Kedua budaya tersebut berkembang dari masa kerajaan yang berkuasa jaman dulu hingga sekarang. Dimana budaya tersebut mempengaruhi kehidupan sosial di masyarakat seluruh daerah jawa barat.

Propinsi jawa barat memiliki ibu kota yang bernama Bandung. Propinsi yang dikelilingi oleh gunung ini, membuat udara di jawa barat terkesan dingin dan sejuk. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa ditemukan di propinsi jawa barat ini , seperti takuban perahu, yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan propinsi jawa barat.


Latar Belakang Budaya Jawa Barat

Macam Macam Jenis Budaya Jawa Barat

Seperti penjelasan di atas, budaya jawa barat berlandaskan dua budaya yang kuat, yang telah tertanam pada masyarakat sejak jaman kerajaan. Di bawah ini akan dijelaskan budaya apa saja yang melatarbelakangi budaya jawa barat, dan berkembang hingga sampai sekarang.

Baca Juga: Budaya Jepang

Kebudayaan Sunda

Kebudayaan sunda ini berkembang di tataran pasundan yang mencakup wilayah, daerah jawa barat, sebagian daerah banten bahkan jawa tengah jaman dulunya. Budaya sunda yang mendarah daging di daerah pasundan berciri-ciri dengan perilaku penduduknya yang ceria, periang, ramah dan bahagia, walau dengan kondisi apapun. Budaya sunda adalah budaya tertua di Indonesia.

Kepercayaan yang dianut oleh masyarakat pasundan jaman dahulu adalah sunda wiwitan yang sangat mengajarkan selaras dengan alam. Walau sekarang masyarakat jawa barat adalah mayoritas beragama islam, namun ajaran budaya sunda wiwitan tetap menjadi panutan sebagian masyarakat, yakni selaras dengan alam sekitar. Budaya sunda menjadi salah satu kekayaan budaya nusantara Indonesia.

Budaya sunda memiliki nilai-nilai budaya tersendiri dan memiliki ciri khas yang bisa dibedakan dengan budaya yang lainnya. Pada umumnya masyarakat tatar sunda ini terkenal dengan sosok yang sangat religius, lembut dan sangat spiritualis. Masyarakat sunda menitik berat akan rasa saling welas asih atau berkasih sayang dan lemah lembut terhadap sesama.

Keseniannya sunda juga memiliki ciri tersendiri, dari tariannya, music hingga bahasa yang digunakan. Kesenian sunda ini sangat beragam, namun kental dengan kebudayaan asli pasundanya, seperti dari tarian jaipongan, wayang golek dan juga tari sisingaan. Alat musik sunda yang khas yang terbuat dari bilah bambu yakni angklung, dan alat musik tradisional lainnya.

Bahasa daerah jawa barat yang asli adalah bahasa sunda. Bahasa daerah yang biasa dibilang bahasa ibu ini sangat menjadi ciri bagi orang sunda. Pengakuan seseorang darimana asalnya adalah penguasaan bahasa daerah. Seperti bahasa sunda ini, orang yang bisa berbahasa sunda akan dicap sebagai orang sunda walau tinggal diluar jawa barat.

Budaya Cirebon

Budaya Cirebon ini sangat kental digunakan oleh masyarakat bagian pantai utara atau di daerah priangan, dan Cirebon. Tidak semua masyarakat jawa barat menggunakan bahasa ibu yakni bahasa sunda, bagian pesisir selatan jawa barat menggunakan bahasa cirebonan. Ini dikarenakan dulunya kota Cirebon itu menjadi satu dengan pasundan namun kemudian memisahkan diri.

Pemisahan diri Cirebon jauh lebih maju secara ekonomi daripada pasundan, kota yang pernah mengalami peningkatan pesat di saat Sunan Gunung jati memerintah ini, menjadi tempat persinggahan para pedagang antar daerah, maka dari itu budaya Cirebon dipengaruhi oleh berbagai etnis, terlihat dari bangunan yang ada di kota tersebut yang berbeda arsitekturnya.

Baca Juga: Budaya Jawa Timur


Macam-Macam Jenis Budaya Jawa Barat

Macam Macam Jenis Budaya Jawa Barat 2

Di bawah ini ada beberapa macam budaya yang berasal dari jawa barat berikut penjelasannya, sebagian besar sudah diketahui secara oleh masyarakat Indonesia, namun ada juga budaya yang belum diketahui secara umum. Sebagai masyarakat tentu harus mengenal budaya yang ada di nusantara, terutama budaya sunda ini.

1. Pakaian Adat

Kebaya telah menjadi pakaian nusantara ini sangat mudah dikenali, baju tradisional ini memiliki bentuk berbeda pada tiap daerah khususnya di pulau jawa. Seperti nama kebaya putu baru adalah kebaya yang khusus dipakai oleh ratu atau puteri kesultanan jawa tengah, sedangkan di sumatera bahkan Malaysia menamakan pakaian ini dengan kebaya panjang.

2. Wayang Golek

Salah satu seni tradisional yang unik adalah salah satu ciri kesenian yang dimainkan oleh seorang dalang, hampir sama dengan wayang kulit, bedanya media yang dimainkan adalah boneka dari kayu. Tokoh cepot adalah salah satu wayang yang paling sering dimainkan, dengan wajah merah dan dialek sundanya yang kental, sangat mudah dikenali.

3. Tari Jaipong

Salah satu kesenian yang mengidentitaskan khasnya budaya adalah tariannya. Tari jaipong salah satunya, tari yang dimainkan oleh beberapa penari wanita ini sangat kental nuansanya dengan khas budaya sundanya. Dengan gerakan khas yang dinamakan jaipong ini, biasanya disajikan ketika, penerimaan tamu dan acara perhelatan yang diselenggarakan oleh masyarakat atau pemerintah daerah.

4. Musik Degung

Alat musik tradisional jawa barat ini adalah sekumpulan alat musik yang terdiri dari beberapa gamelan, gendang dan juga gong. Alat musik ini biasa diperdengarkan saat diadakan pagelaran pentas seni baik yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun hajatan biasa yang digelar oleh masyarakat setempat, musik Degung ini juga sering mengiringi penyinden bernyanyi.

5. Alat Musik Rampak Gendang

Budaya jawa barat satu ini adalah suatu pertunjukan alat musik khusus yang bernama gendang. Alat musik yang dimainkan oleh lebih dari empat orang ini, harus melakukannya secara bersamaan dengan keahlian yang khusus dalam permainan gendang. Rampak gendang ini biasa dipertunjukkan ketika acara pesta atau acara ritual yang diselenggarakan oleh masyarakat.

6. Musik Calung

Satu lagi alat musik tradisional yang mencirikan khas budaya jawa barat. Alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan oleh sekelompok orang atau biasanya lima orang dengan cara dipukul atau diketuk. Alat musik sunda ini biasanya hanya bersifat sebagai musik penggiring sebuah acara lawakan atau candaan pada suatu acara perhelatan.

7. Atraksi Pencak Silat

Pencak silat ini merupakan budaya jawa barat dan kini menjadi budaya nusantara. Pencak silat sendiri tadinya berasal dari tarian yang menggunakan gerakan seperti bela diri ini, diiringi musik seperti rampak gendang. Selain itu para pemain pencak silat juga mengenakan pakaian khusus seperti pakaian adat dengan ikat kepala yang disebut iket.

8. Kuda Renggong

Budaya kesenian tradisional ini asalnya dari daerah sumedang, tarian in dipersembahkan kala ada hajatan sunatan atau khitanan. Tari ini sangat unik, karena diperagakan oleh beberapa kuda telah terlatih. Kuda yang dipilih adalah kuda yang bertubuh tegap dihias dengan berbagai aksesoris berwarna cerah, kuda-kuda akan menari seiringan musik gendang yang mengalun.

9. Tutunggulan

Satu lagi budaya jawa barat yang baru dikenal oleh masyarakat, yakni tutunggulan. Kesenian ini adalah alunan music yang dihasilkan dari alu, atau lesung yang diketuk atau dibenturkan. Alat ini dimainkan oleh beberapa wanita dengan ritme nada yang teratur, bahkan bisa mengiringi lagu atau kawih-kawih yang juga dinyanyikan oleh para pemain tutunggulan.

Jika mendengar kata budaya jawa barat maka sunda adalah yang umum diucapkan oleh orang-orang. Budaya yang langsung mencirikan seseorang berasal dari daerahnya, sama dengan budaya lainnya. Tak kan dikenal seseorang itu jika tak diketahui darimana asalnya, budaya adalah salah satu ciri bangsa yang tak boleh ditinggalkan masyarakat Indonesia di manapun berada.

Budaya jawa barat adalah salah satu dari ribuan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, sebagai bangsa yang besar, seorang yang mengaku berasal dari negara yang memiliki beragam budaya ini wajib untuk melestarikan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang. Jangan malu untuk mengakui budaya yang telah menjadi identitas dan kebanggaan warga Indonesia.

Budaya Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *