Budaya Jepang : Sangat Unik dan Menarik, Banyak Memikat Wisatawan

Budaya Jepang

Budaya Jepang –Jepang mempunyai kesenian dan budaya yang menarik, walaupun Negara ini maju namun tetap tidak melupakan kebudayaan. Budaya jepang menampilkan tradisi yang beraneka ragam.

Hal itu membuat turis penasaran ketika berkunjung di sana. Budaya tradisional dari nenek moyang tetap dilestarikan sedangkan budaya modern dikenal di berbagai Negara. Berikut akan diulas kebudayaan jepang yang perlu diketahui


Mengenal Budaya Tradisional Jepang

Mengenal Budaya Tradisional Jepang

Budaya tradisional jepang merupakan sejarah yang sudah ada sejak berabad-abad. Negara jepang membuat budaya sendiri serta mengadopsi budaya dari Negara lain. Contoh budaya kesenian kanji yang awalnya dari China dan agama Buddha. Banyak orang jepang yang sedang belajar atau bekerja ke Negara lain akan menyebarkan kecintaannya akan budaya tradisional.

Banyak turis ingin berkunjung ke Jepang untuk menikmati budayanya pada saat festival-festival berlangsung. Karakter yang dimiliki orang jepang cenderung berjiwa nasional sehingga di berbagai Negara lain yang ada orang jepang akan membuat komunitas.

Contohnya saja di Indonesia ada japan club, komunitas tersebut biasanya melakukan kegiatan tersendiri dengan budaya tradisional Jepang. Ini salah satu bentuk dari warga jepang yang selalu mengingat kebudayaannya serta selalu dilestarikan dan dikembangkan.

Baca Juga: Budaya Bali


Budaya Tradisional Yang Dimiliki Negara Jepang

Budaya Tradisional Yang Dimiliki Negara Jepang

Jepang dikenal dengan negara disiplin dan jujur. Contohnya saja jika ada yang kehilangan barang di Jepang maka barang tersebut akan ketemu di tempat yang hilang maupun di kantor polisi. Budaya serta tradisi jepang menjadi perhatian banyak orang untuk mengikutinya, berikut ini beberapa budaya jepang yang unik dan menarik.

1. Tako

Salah satu budaya jepang yaitu tako yang berarti semua orang berkumpul di lapangan untuk menerbangkan layang-layang. Kesenian ini sudah ada sejak lama. Bentuk layang-layangnya cukup unik sehingga berbeda dengan negara. Namun, mainan ini bisa berbahaya jika bersentuhan dengan aliran listrik. Sehingga hanya dibolehkan saat acara festival dan semua warga jepang diwajibkan untuk menghadirinya.

2. Festival Nude

Festival ini dirayakan setiap tahun biasa disebut dengan hadaka matsuri. Orang jepang merayakan festival ini setiap tahun dan hanya melibatkan pria saja. Nenek moyang dulu dipercaya berpakaian depan umum akan mudah menyerap energi jahat. Maka disarankan untuk tidak memakai pakaian.

3. Ikebana

Ikebana merupakan budaya negara jepang berarti kesenian merangkai bunga. Sesuatu yang disukai negara jepang yaitu bunga. Biasanya diletakkan di altar utama. Selain itu bunga dijadikan sebagai bersembayam tuhan. Dalam merangkai bunga antara dulu dan sekarang cukup berbeda. Sekarang lebih rumit dan tidak semua bisa merangkainya.

4. Kendo dan Judo

Kendo merupakan olahraga dengan bambu sedangkan judo yaitu olahraga bela diri dari Jepang. Kata do pada kedua akhiran kata tersebut memiliki makna jalan sesuai dengan lambang kanji jalan. Saat melakukan kendo ada beberapa perlengkapan yang disiapkan yaitu seragam, pedang dari bambu, pelindung kepala, tangan, badan dan paha.

5. Origami

Budaya jepang memiliki ciri khas tersendiri dan banyak dikenal di berbagai Negara. Contohnya origami. Ori berarti melipat dan gami memiliki arti kertas jadi origami bisa diartikan sebagai seni melipat kertas untuk dijadikan kesenian indah. Biasanya di Negara origami menggunakan kertas biasa berbeda dengan Jepang yang menggunkan kertas origami memiliki corak warna warni membuat kesenian ini semakin menarik.

6. Kabuki

Seni teater kabuki merupakan kebudayaan jepang termasuk dalam jenis teater yang dimainkan dengan memadukan antara musik dan seni tari. Kostum yang dikenakan dalam kabuki cukup mencolok dan menarik sehingga sangat mewah. Make up dari pemeran kabuki cukup dramatis untuk menonjolkan karakater tokoh yang akan diceritakan.

7. Perayaan Hanami

Perayaan hanami dilakukan pada musim semi di saat bunga sakura bermekaran. Pada musim ini, orang jepang biasanya melakukan piknik serta makan-makan di bawah pohon sakura. Budaya jepang ini cukup unik sehingga banyak turis dari Negara lain yang mengunjungi Negara jepang saat musim semi tiba.

8. Upacara Minum Teh

Selanjutnya salah satu budaya jepang sangat unik yaitu upacara minum teh. Maksud dari kegiatan ini merupakan cara menjamu tamu. Biasanya upacara minum teh ini menunjukkan kepribadian dari sang penyaji teh. Selain itu bisa digunakan untuk melihat seberapa kuat kebudayaan yang dipegang.

9. Matsuri

Matsuri yaitu festival budaya jepang yang dilakukan pada musim panas. Acara ini sebenarnya bersembahyang dan berdoa serta berkaitan dengan kuil Shinto dan kuil Buddha. Namun, saat festival ini digelar banyak pengunjung yang berdatangan untuk menyaksikan.

10. Kancho

Budaya jepang bernama kancho ini memiliki arti perang cucuk jari. Jika di Negara selain jepang permainan ini dilakukan oleh anak-anak berbeda dengan Negara jepang yang melakukan orang dewasa. Kancho merupakan salah satu jenis permainan sebagai lelucon saja. Di Negara ini akan menyebut kata kancho saat melakukan permainan ini.

11. Geisha

Geisha memiliki kata lain yaitu geiko atau maiko. Istilah maiko hanya diterapkan di Kyoto saja. Kebalikan dengan festival nude hanya melibatkan pria sedangkan geisha merupakan aktivitas seni wanita dan hanya perempuan saja yang diijinkan. Geisha merupakan aktivitas seni tradisional yang bersifat menghibur.

Baca Juga: Komunikasi Antar Budaya


Budaya Modern Jepang Yang Dikenal di Negara Lain

Budaya Modern Jepang Yang Dikenal Di Negara Lain

Budaya Jepang diakui, dinikmati serta disebarluaskan oleh masyarakat jepang. Bahkan budaya modern Jepang sudah menyebar ke Asia secara mendalam contohnya fashion. Penyebaran budaya Jepang di bagian asia tenggara semakin kompleks. Industi media Jepang dan Asia secara sistematis berkolaborasi. Di kalangan muda saat ini banyak yang lebih menyukai dram jepang karena ceritanya yang menarik.

  • Manga. Merupakan salah satu komik dalam bahasa Indonesia yang didalamnya terdapat sekumpulan gambar yang bervariasi. Umumya, manga dicetak hitam putih dan beberapa yang berwarna. Di Jepang, Manga biasa dibuat seperti majalah sebesar buku telefon. Seiring dengan teknologi yang semakin maju, Manga tidak hanya dinikmati dalam buku saja namun bisa dicari melalui internet secara online disebut dengan Manga scan. Manga scan dibuat melalui cara memindai halaman per halaman dari manga jepang. Setiap naskah yang menggunakan bahasa jepang diterjemahkan ke bahasa inggris.
  • Anime. Salah satu animasi yang berasal dari jepang dengan menampilkan animasi dari tangan dan komputer. Ciri Anime ini memiliki grafis berwarna-warni, karakternya yang bersemangat dan temanya tidak masuk akal. Anime dapat ditayangkan di siaran TV baik secara langsung maupun melalui teater secara online. Anime dikenal sejak tahun 1917 dan karakteristiknya mulai dikembangkan pada tahun 1960.
  • Cosplay. Dari namanya berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu costum dan play merupakan pertunjukan seni yang mana peserta memakai baju sesuai dengan karakter yang bervariasi. Pada umumnya cosplay mengacu pada manga, anime maupun komix lainnya. Cosplay telah menyebar di berbagai Negara seperti Fhilipina, Prancis, Tiongkok. Jepang dikenal sebagai Negara eksportir copslay terbesar.

Demikianlah ulasan tentang budaya jepang yang memiliki keunikan tersendiri serta menjadi perhatian berbagai kalangan Negara lain. Negara maju ini tetap melestarikan kebudayaan dan menghormati nenek moyangnya. Budaya dari Negara ini bahkan sangat terkenal dan mendalam diketahui.

Budaya Jepang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *