Arti Ungkapan Campur Tangan Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Campur Tangan

Arti Campur Tangan – Dalam Bahasa Indonesia memiliki berbagai macam ungkapan yang bisa jadi mempunyai makna yang berbeda, seperti contoh campur tangan. Untuk mengerti hal tersebut, artikel ini akan membahas arti ungkapan campur tangan menurut KBBI beserta contohnya.


Makna Campur Tangan Yang Tertera Di KBBI Sampai Anonim Maupun Sinonim Dari Ungkapan Campur Tangan

Makna Campur Tangan Yang Tertera Di KBBI Sampai Anonim Maupun Sinonim Dari Ungkapan Campur Tangan

Pertama kali akan memuat pembahasan mengenai arti ungkapan campur tangan yang pastinya menurut kamus besar Bahasa Indonesia. Kemudian akan dilanjutkan mengenai kekurangan dan ciri-ciri orang yang suka campur tangan. Jadi langsung saja dibaca pembahasannya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Mulut Besar

 

1. Arti Ungkapan Campur Tangan Menurut KBBI

1. Arti Ungkapan Campur Tangan Menurut KBBI

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, campur tangan berarti turut mencampuri ataupun memasuki masalah orang lain yang sebenarnya bukan ranahnya. Sehingga, orang tersebut jadi terlibat dalam suatu masalah orang tersebut baik ranahnya positif maupun negatif.


2. Persamaan Kata Atau Sinonim Dari Campur Tangan

2. Persamaan Kata Atau Sinonim Dari Campur Tangan

Setelah mengetahui arti ungkapan campur tangan juga harus mengetahui persamaan kata yang dimiliki ungkapan ini. Diantaranya terdapat kata ikut campur, ikut-ikut, mengurusi, menggapil, tersangkut, terlibat dan interferensi.

Pada dasarnya persamaan kata diatas merupakan arti dari ungkapan campur tangan. Namun, ketika ingin menggunakan kata campur tangan persamaan kata yang sudah disebutkan diatas bisa digunakan. Sehingga, kalimat yang ingin ditulis tidak terlalu monoton, tetapi mempunyai makna yang sama seperti campur tangan.


3. Antonim Dari Campur Tangan

3. Antonim Dari Campur Tangan

Nah, selanjutnya setelah mengetahui arti ungkapan dan juga persamaan kata yang dimiliki oleh ungkapan campur tangan. Juga sudah saatnya mengetahui lawan kata atau disebut dengan sinonim. Jadi antonim dari campur tangan ialah lepas tangan atau tidak bertanggung jawab.

Ketika ungkapan dalam artian baik atau positif antonim dari campur tangan dapat diterapkan. Karena tentu saja sesuai karena campur tangan berarti ikut campur urusan orang lain. Misalnya atasan yang campur tangan berarti positif ketika menjadi antonim lepas tangan. Atasan sudah tidak bertanggung jawab lagi.


4. Campur Tangan Merupakan Frasa Idiomatis

4. Campur Tangan Merupakan Frasa Idiomatis

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang dipelajari ketika masa sekolah tentu akan diajarkan mengenai frasa. Frasa juga memiliki berbagai macam jenis seperti, adanya frasa lugas yang merupakan penggabungan dua jenis-jenis kata atau lebih yang mengandung artian yang lugas.

Ada juga frasa idiomatis yang merupakan gabungan dua kata yang mempunyai arti tidak sebenarnya. Jadi ketika membacanya akan bingung dan bertanya-tanya arti atau maksud dari kota kata tersebut. Seperti halnya campur tangan yang termasuk pada frasa idiomatik.

Baca Juga: Arti Ungkapan Murah Hati


Contoh Kalimat Campur Tangan

Contoh Kalimat Campur Tangan

Setelah mengetahui beberapa makna atau arti campur tangan secara luas. Serta mengerti ciri dan kekurangan apa yang akan didapatkan jika mencampuri masalah-masalah orang lain. Akan diaplikasikan atau diterapkan pada beberapa contoh kalimat dibawah ini.

  1. Dalam sebuah perusahaan atasan akan campur tangan terhadap masalah bawahannya yang terkait di pekerjaan.
  2. Ketua RT ikut campur tangan terhadap pencuri yang tertangkap oleh warga. Sebelum habis babak belur di pukul oleh warga.
  3. Polo campur tangan terhadap pertengkaran karena perselisihan pendapat antara Wei dan Ano.
  4. Webara ikut campur tangan dalam menyusun rencana pencurian bank kemarin di rumah Un.
  5. Mereka terlalu ikut campur tangan terhadap masalahku.

Sekian penjelasan mengenai arti ungkapan campur tangan menurut KBBI beserta 4+ contohnya yang dapat diperhatikan. Jangan sampai campur tangan tanpa mengetahui permasalahannya ya bisa-bisa masalah tersebut bukannya selesai malah bertambah dan makin sulit untuk diselesaikan ya.

Arti Ungkapan Campur Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *