Arti Ungkapan Di Atas Angin Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Di Atas Angin Pernah mendengar kalimat “Klub Volli Samator Surabaya sedang di atas angin musim ini” diucapkan oleh penyiar berita olahraga? Jika ia apakah arti ungkapan di atas angin menunjukkan kalau klub bola volli profesional asal Surabaya tersebut bermain di atas angin atau udara? Tentu tidak! Pertanyaan selanjutnya apakah istilah “diatas angin” tidak bisa diartikan secara leksikal? Berikut adalah jawabannya!


Makna Leksikal Ungkapan di Atas Angin

Makna Leksikal Ungkapan Di Atas Angin

Ungkapan di atas angin tidak bisa diartikan secara leksikal. Mengapa demikian? Karena sejatinya angin adalah udara yang tidak memiliki ruang dan bentuk. Sehingga tidak bisa dikategorikan mana posisi atas, bawah, samping kiri, samping kanan dari angin.

Jika dibaca dari ketidakbisaan ini, maka ungkapan di atas angin hanyalah berupa frasa gramatik saja. Sebuah ungkapan yang hanya bisa dimaknai jika disandarkan pada konteks kalimatnya bukan dari kedua kata (frasa) yang menjadi konten ungkapannya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Patah Hati


Makna Gramatikal Ungkapan Di Atas Angin

Makna Gramatikal Ungkapan Di Atas Angin

Makna gramatikal ungkapan di atas angin sangat banyak. Salah satunya bermakna kedigdayaan. Ini terlihat pada kalimat “Klub Barcelona sedang di atas angin pasca menghancurkan Real Madrid 5-0 dalam laga El Clasico yang panas”.

Makna ungkapan menurut kalimat di atas, adalah Barcelona adalah klub sepak bola yang digdaya. Arti ini bisa ditemukan karena ada konteks kalimat yang identik dengan kemenangan seperti yang tersirat di dalam kata “laga”, “menghancurkan”, dan “el classico”.

Baca Juga: Arti Ungkapan Ibu Jari


Arti Ungkapan Di Atas Angin

Arti Ungkapan Di Atas Angin

Ungkapan di atas angin bisa ditafsirkan secara gramatik. Penjelasannya sudah diuraikan di atas termasuk pemberitahuan kalau makna dari ungkapan ini sangat banyak. Nah di bawah akan dijelaskan apa saja arti dari istilah di atas angin. Ini dia penjelasannya:


1. Mengungkapkan Sesuatu Hal Yang tidak Terkejar Atau Tersaingi

Ketika hidup pasti ada impian dan cita-cita. Akan tetapi tidak semua asa tersebut bisa menjadi kenyataan dalam arti berhasil direngkuh secara sempurna. Apalagi jika tidak ada cara-cara rill yang dilakukan untuk mengejarnya.

Fenomena cita-cita tidak terkejar juga kadang diungkapkan dengan istilah di atas angin. Ini diucapkan semata menenangkan diri kalau untuk meraih cita-cita tersebut sangat sulit. Padahal belum ada aktivitas yang nyata untuk mengejar impian tersebut.

2. Bermakna Kesuksesan

Makna yang pertama adalah kesuksesan. Ini biasanya disematkan pada suatu usaha atau badan usaha yang sedang berkembang dengan pesat. Termasuk profit yang diterima perusahaan tersebut sangat besar dan jarang mengalami kerugian.

3. Bermakna Pergerakan yang Progresif

Pergerakan yang progresif dalam hidup sangat dibutuhkan. Karena ini merupakan lawan dari kemalasan yang justru bisa membuat kehidupan tercegah dan kesuksesan-kesuksesan dan prestasi. Nah di atas angin adalah ungkapan yang diucapkan pada orang yang memiliki pergerakan aktif. Terutama yang karena usaha tanpa malasnya, si orang ini berhasil membangun bisnis yang bagus, menjadi insan yang kaya raya, menjuarai berbagai macam lomba dan selainnya.

4. Bermakna Kesombongan

Di atas angin juga bermakna kesombongan. Ini lebih banyak diucapkan pada orang yang dalam perkataannya selalu menyanjung dirinya sendiri dan itu terus dilakukannya karena tidak ada perlawanan atau teguran dari orang lain. Terkait makna ketiga ini, tentu arti ungkapan di atas angin bersifat negatif. Sedangkan yang mengutarakannya notabene adalah orang yang menjadi korban dari kesombongan tersebut.

5. Ungkapan Kekaguman Pada Prestasi

Di atas angin bisa berupa ungkapan kekaguman. Ini biasanya disematkan pada orang atau kelompok yang selalu meraih prestasi dan penghargaan prestisius. Jika ada ungkapan semacam ini, maka yang mengucapkannya biasanya merendahkan orang atau kelompok lain yang tidak memiliki prestasi yang sama.


Contoh Kalimat Dengan Ungkapan Di Atas Angin

Contoh Kalimat Dengan Ungkapan Di Atas Angin Scaled

Di bawah dijelaskan contoh kalimat yang menggunakan ungkapan di atas angin. Dengannya semoga pemahaman terkait istilah perumpamaan ini akan semakin jelas. Ini dia contoh-contoh yang dimaksud:

  1. PT Mutiara Tirta Sedang di atas angin karena pernah memenangkan tender besar kabupaten.
  2. Impian berada di atas angin sehingga sulit untuk aku raih
  3. Mentang-mentang di atas angin omongannya menyakitkan
  4. Siswa itu benar-benar di atas angin, andai aku punya anak sepertinya pasti bahagia

Demikian penjelasan tentang arti ungkapan di atas angin yang terkadang masih banyak tidak diketahui sehingga dapat dijadikan referensi. Semoga bisa menambah pemahaman dan rasa cinta terhadap kaidah berbahasa Indonesia.

Arti Ungkapan Di Atas Angin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *