Flora dan Fauna di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasannya

Flora Dan Fauna Indonesia Berdasarkan Pembagiannya

Flora dan Fauna – Indonesia sudah sangat terkenal dengan keberagaman flora dan fauna yang ada didalamnya. Terdapat beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Dunia pun sudah mengetahui bahwa Indonesia memang kaya akan keberagaman, bukan hanya beragam suku dan budaya tapi juga makhluk hidup di dalamnya.

Keberagaman tersebut sudah menjadi identitas negara kepulauan ini. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas beberapa ragam flora dan fauna yang ada di Indonesia. Selain itu,juga akan dibahas bagaimana cara melestarikan mereka agar eksistensinya tetap terjaga.


Contoh Fauna Yang Harus Dilindungi

Contoh Fauna Yang Harus Dilindungi

Fauna adalah kata lain dari hewan. Di Indonesia banyak sekali fauna yang harus dilindungi. Seringkali berbagai fauna ini diburu untuk kepentingan pribadi. Maka, seharusnya fauna dibawah ini harus dilindungi oleh negara.

1. Komodo

Varanus Komodiensis, itulah yang nama ilmiah dari komodo. Komodo adalah kadal raksasa yang diduga sebagai spesies dinosaurus yang masih hidup sampai saat ini.

Saat ini pun komodo sangat dilindungi oleh pemerintah Indonesia karena masih banyak pemburu ilegal yang memburu kadal raksasa ini. Maka dari itu dibuatlah Taman Nasional Komodo sebagai tempat untuk melindungi reptil ini.

2. Badak Cula Satu

Badak ini hanya terdapat di Indonesia sehingga para pemburu liar banyak mengincar cula dari badak ini. Spesies badak ini mulai langka karena banyak sekali pemburuan ilegal yang hanya mementingkan kepentingan pribadi.

Saat ini pemerintah sudah sangat mengkampanyekan perlindungan pada badak cula satu. Kegiatan itu bertujuan agar Badak Cula Satu masih tetap bereksistensi pada zaman generasi berikutnya.

3. Burung Maleo

Merupakan salah satu jenis burung yang hidup di hutan hujan tropis di Sulawesi. Burung ini menghasilkan telur yang berukuran besar. Oleh sebab itu masyarakat sangat gencar mencari untuk mendapatkan telurnya.

Telur tersebut kemudian dikonsumsi sendiri atau malah diperjualbelikan secara ilegal. Hal itu lah yang membuat Burung Maleo semakin berkurang jumlahnya. Dikhawatirkan,jika hal ini terus berlanjut maka besar kemungkinan Burung Maleo akan punah.

4. Orang Utan

Primata pintar satu ini sering kali menjadi incaran para pemburu. Selain itu, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab merusak habitat mereka.

Rusaknya habitat mereka menyebabkan banyak dari spesies Orang Utan tidak mampu bertahan hidup. Kebakaran hutan yang terus terjadi semakin memperburuk keadaan Orang Utan saat ini.

5. Burung Jalak Bali

Burung ini menjadi lambang fauna di Bali dikarenakan Burung Jalak ini hanya dapat ditemukan di Bali. Karena sulitnya burung ini berkembang biak maka pemerintah tengah menjalankan program supaya burung ini terhindar dari kepunahan.

Baca Juga: siklus hidrologi


Contoh Flora Yang Harus Dilindungi

Contoh Flora Yang Harus Dilindungi

Selain kelestarian fauna yang perlu dijaga, tentu kelestarian flora Indonesia juga harus selalu dijaga. Flora yang harus dijaga kelestariannya adalah flora yang susah untuk berkembang biak sehingga jumlahnya harus terus dijaga. Berikut beberapa contohnya :

1. Rafflesia Arnoldi

Bunga yang dapat tumbuh hingga mencapai diameter hingga 1 meter dan beratnya dapat mencapai 10 kg. Bunga Rafflesia hanya ditemukan di Indonesia dan beberapa di Filipina.

Hingga saat ini ditemukan 27 jenis rafflesia yang belum jelas jenisnya. Bunga raksasa ini hampir punah karena giatnya perusakan yang dilakukan pada habitat hidupnya.

2. Kantung Semar

Tanaman ini dapat hidup dengan menempelkan diri di pohon-pohon besar,dan ukuran tingginya dapat mencapai 20 meter. Saat ini ditemukan 130 jenis spesies dari Kantung Semar dan bunga ini hanya ditemukan di Kalimantan dan Sumatera.

Kantung Semar bersifat karnivora karena memakan serangga. Di ujung daun Kantung Semar terdapat sebuah Kantung uang berguna untuk menangkap serangga. Saat ini pemerintah maupun masyarakat sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan Kantung Semar dari kepunahan.

3. Bunga Bangkai

Bunga ini dapat ditemui di hutan Sumatera maupun Jawa. Flora ini disebut sebagai bunga majemuk yang memiliki ukuran terbesar didunia.

Bunga bangkai terkenal karena bau busuk yang menyengat seperti bangkai ketika mekar. Bau ini pula yang akan memikat serangga untuk mendekat dan membantu proses penyerbukan.

4. Cendana

Pada saat awal masa tumbuhnya Cendana hanyalah merupakan parasit yang memerlukan inang untuk tumbuh besar. Hai itulah yang menyebabkan Cendana tidak bisa banyak ditemui. Sekarang kayu Cendana hanya dapat ditemui di Jawa dan Nusa Tenggara.

Kayu ini dikenal dengan wanginya yang khas,sering digunakan sebagai rempah-rempah bahan masakan. Dapat juga digunakan sebagai bahan campuran parfum serta dalam beberapa kebudayaan digunakan sebagai sangkur keris.

5. Edelweis

Disebut juga bunga abadi,karena meski sudah dicabut bertahun sebelumnya bunga ini tidak mudah layu. Bunga ini hanya dapat hidup di dataran tinggi terlebih daerah gunung berapi,hal tersebut yang membuat bunga ini sulit dilestarikan.

Terkenal dengan keabadiannya tak jarang banyak pendaki nakal yang datang ke gunung hanya untuk memetik Edelweiss ini. Namun saat ini para pecinta alam sudah melarang pengambilan bunga ini dalam bentuk apapun untuk menjaga kelestariannya.


Menjaga Kelestarian Flora dan Fauna di Indonesia

Menjaga Kelestarian Flora Dan Fauna Di Indonesia

Sebagai sesama makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan yang maha esa,sudah seharusnya kita saling menjaga tidak hanya sesama manusia tapi juga kepada flora dan fauna.

Hidup di negara tropis Seperti Indonesia membuat kita dikelilingi berbagai kekayaan alam baik flora maupun fauna. Hak tersebut dapat dikatakan sebagai berkah,karena bangsa Indonesia memiliki kekayaan lain yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Namun dibalik berkah itu juga, Indonesia secara tidak langsung dibebani tanggung jawab untuk menjaga kelestarian flora dan fauna yang hidup didalamnya. Saat ini pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian tersebut.

Salah satunya dengan membuat dan membuka tempat perlindungan ataupun penangkaran. Disana hewan hewan akan tetap dijaga meski dibiarkan hidup di alam bebas. Hal itu akan menghindarkan flora dan fauna dari ancaman oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan urusan pribadi.

Pembangunan berbagai tempat perlindungan itu juga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi flora dan fauna yang dilindungi sehingga mereka dapat tetap bertahan hingga ke generasi selanjutnya.

Baca Juga: persebaran flora di indonesia


Hubungan dan Manfaat Flora dan Fauna Bagi Kehidupan Manusia

Flora Dan Fauna 1

Flora dan fauna tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari karena kehadirannya selalu dibutuhkan oleh manusia. Sebagai bahan makanan,sebagai bahan pendidikan maupun penelitian serta taman pelestariannya pun dapat menjadi tempat rekreasi cerdas.

Sebagai warga negara Indonesia sudah merupakan kewajiban untuk membantu pelestarian flora dan fauna yang hidup di Indonesia. Karena bisa saja hal itulah yang akan mengangkat nama Indonesia dimata dunia.

Terlepas dari seorang pecinta alam atau bukan,namun menjaganya tetap merupakan kewajiban bagi setiap penduduknya. Jadilah satu orang-orang yang sadar hukum bahwa pemburu maupun penjarahan flora dan fauna adalah sebuah pelanggaran hukum.

Membahas tentang flora dan fauna tidak akan ada habisnya,karena jumlah spesies yang terlalu banyak. Permasalahan yang timbul pun tidak akan usai jika masyarakat masih kurang sadar betapa pentingnya peran hewan dan tumbuhan dalam kehidupan.

Saat ini sudah sepantasnya pemerintah menegakkan hukum yang berat bagi para oknum-oknum tidak bertanggung jawab tersebut. Hal tersebut harus segara dilakukan agar keberagaman flora dan fauna dapat terus disaksikan oleh generasi-generasi Indonesia selanjutnya.

Flora dan Fauna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *