Arti Ungkapan Gelap Mata Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Gelap Mata

Arti Gelap Mata – Saat ini, banyak sekali ungkapan istilah yang diucapkan oleh masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah ungkapan gelap mata.

Yang mana, arti ungkapan gelap mata memiliki makna, bahwa seseorang tersebut berada di fase hilangnya kesabaran untuk menghadapi suatu hal, sehingga sering sekali tidak mampu mengontrol segala emosi yang dimiliki.


Arti Ungkapan Gelap Mata

Arti Ungkapan Gelap Mata

Makna tersirat dari ungkapan gelap mata menjelaskan tentang kepribadian seseorang yang tiba-tiba bersikap emosional, bahkan emosi yang ditunjukkan tersebut tidak terkontrol sehingga sering membuat dirinya menjadi sorotan orang banyak.

Hal yang memicu seseorang untuk bersikap seperti ini adalah karena situasi yang membuat dirinya tersakiti atau tersinggung. Bahkan merusak barang disekitar.

Baca Juga: Arti Ungkapan Otak Udang


Contoh Kalimat Ungkapan Gelap Mata Yang Sering Diperbincangkan

Contoh Kalimat Ungkapan Gelap Mata Yang Sering Diperbincangkan
Contoh Kalimat Ungkapan Gelap Mata Yang Sering Diperbincangkan

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menerangkan tentang sikap seseorang yang sedang gelap mata terhadap situasi yang terjadi pada dirinya. Ini dia contoh lengkapnya yang dapat dijadikan referensi sehingga semakin memahami:

Baca Juga: Arti Ungkapan Gunung Es


1. “Pak Budi Menjadi Gelap Mata Saat Mengetahui Anaknya Hamil Diluar Nikah”

Arti ungkapan gelap mata yang digunakan pada kalimat di atas menerangkan sikap pak Budi yang tiba-tiba tidak mampu mengontrol emosinya terhadap anak gadisnya yang diketahui telah hamil diluar nikah. Ini seketika membuat pak Budi serasa ingin marah dan mengusir anak gadisnya dari rumahnya. Dalam hal ini, pak Budi berusaha mengendalikan marahnya.

2. “Perkataan Riko Memancing Vino Menjadi Gelap Mata Seketika”

Makna yang terkandung pada arti ungkapan gelap mata didalam kalimat diatas adalah menerangkan tentang sikap Vino yang tiba-tiba emosi karena perkataan yang disampaikan Riko terhadap dirinya. Vino merasa tersinggung dan tidak terima sehingga amarahnya seketika muncul dan ingin diungkapkan begitu saja kepada Riko. Sikap ini memancing emosi menjadi tidak stabil.

3. “Gelap Mata Yang Dirasakan Oleh Ibu Membuat Dirinya Dilanda Gelisah Sejak Tadi Malam”

Arti ungkapan gelap mata yang dimaksud dari pernyataan tersebut mengungkapkan tentang sikap ibu yang sejak pagi hingga siang emosional dan marah-marah, sehingga membuat dirinya tidak begitu nyenyak untuk tidur dan istirahat di malam harinya. Emosi yang dirasakannya membuat ibu menjadi gelisah tak menentu dan tidak bisa berpikiran jernih serta berpikiran terbuka.

4. “Saat Gelap Mata Kebiasaan Buruk Mita Adalah Membanting Semua Barang Di Kamarnya”

Makna dari ungkapan gelap mata pada kalimat yang ditulis tersebut adalah, bahwa saat emosi dan marah, Mita mempunyai kebiasaan buruk yang merugikan dirinya serta orang lain, yaitu suka membanting barang-barang yang dimilikinya, termasuk barang-barang yang ada di kamarnya. Hal ini membuat emosi Mita runyam dan tidak dapat dikontrol dengan baik.

5. “Karena Gelap Mata Tuti Mencubit Tangan Adeknya Hingga Menangis”

Terakhir, makna tersirat yang dapat diungkapkan dari pernyataan gelap mata pada kalimat tersebut adalah memaparkan sebuah sikap tidak baik dari Tuti, yang tanpa sengaja dilakukan olehnya, yaitu mencubit tangan adiknya saat marah. Hal ini, membuat adiknya menangis dan takut kepada Tuti kakaknya, sehingga timbul rasa dendam pada diri adiknya tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang arti ungkapan gelap mata pada setiap pemaparan di dalam contoh-contoh kalimat tersebut yang dapat dijadikan referensi. Semoga dari beberapa contoh tersebut dapat menjadi informasi penting untuk menambah ilmu pengetahuan bersama tentang makna ungkapan gelap mata secara terperinci serta penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, jangan malas belajar dan berusahalah menjadi yang terbaik

Arti Ungkapan Gelap Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *