Jenis Hewan Laut : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Jenis Hewan Laut

Jenis Hewan Laut – Jika berbicara mengenai kelautan, maka tentunya Indonesia merupakan negara yang memiliki bagian laut yang cukup luas dan banyak. Dan ternyata di dalam lautan tersebut terdapat kehidupan dari beberapa jenis hewan yang bisa membuat Anda terpukau.

Indonesia merupakan negara yang hampir seluruh wilayahnya didominasi oleh lautan. Maka tak heran jika sejarah maritim yang ada di negara ini sangat besar. Bukan hanya sejarahnya saja, namun biota-biota lautnya juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Hewan laut asli Indonesia bukan hanya indah dari wujudnya saja namun juga hanya bisa dilihat di daerah perairan Indonesia saja. Namun perlu diingat juga untuk selalu menjaga kelestarian dari hewan-hewan yang ada di lautan.

Untuk lebih jelasnya simak beberapa ulasan dibawah ini mengenai biota biota laut yang mungkin belum banyak Anda ketahui.


Hewan Asli Indonesia

Hewan Asli Indonesia

Pembahasan pertama mengenai hewan hewan laut yang perlu Anda tahu adalah hewan asli di Indonesia. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini:

  • Penyu Hijau

Penyu Hijau

Untuk hewan laut asli dari Indonesia yang pertama adalah penyu hijau. Hewan yang satu ini selalu menarik perhatian karena keunikan serta bentuk tubuhnya yang indah dan juga cantik. Hewan yang memiliki nama latin Chenolia Mydas merupakan hewan endemic asli dari Indonesia.

Penyu hijau juga termasuk dalam keluarga Cheloniidae yang menjadi satu-satunya spesies yang kebanyakan tinggal di daerah lautan tropis maupun sub tropis. Terutama di daerah Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Namun banyak sekali tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memburu penyu ini. Mereka mengincar cangkangnya untuk dijadikan sebuah hiasan maupun mengambil telurnya untuk dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi.

  • Penyu Sisik

Penyu Sisik

Masih dalam keluarga penyu, hewan laut asli Indonesia berikutnya adalah penyu sisik yang parasnya tak kalah indah dengan penyu hijau. Penyu dengan nama latin eretmochelys ini juga termasuk dalam kelompok penyu yang populasinya terancam punah.

Salah satu ciri yang membedakan penyu ini dengan jenis penyu lainnya adalah di bagian bibir atas yang melengkung dan menonjol serta bagian tepi cangkang yang berbentuk seperti gergaji.

Keunikan lain dari penyu ini adalah cangkangnya yang bisa berubah warna tergantung dengan situasi serta temperature air dimana penyu berada. Penyu sisik ini termasuk jenis penyu yang masa hidupnya dihabiskan di sekitaran samudera terbuka.

  • Hiu Berjalan

Hiu Berjalan

Jika mendengar Namanya, hewan laut yang satu ini mungkin akan terasa berbeda dengan jenis hiu yang lainnya. Hiu berjalan biasanya menghabiskan waktunya dengan berdiam di dasar laut.

Memiliki nama latin hemyscyllium Halmahera jenis hiu ini merupakan salah satu spesies hiu bambu yang banyak ditemukan di sekitaran Pulau Halmahera, Maluku, jika melihat dari bentuk tubuhnya, hiu ini hampir sama dengan hiu yang banyak ditemukan di laut Papua Barat.

Salah satu alasan mengapa diberi nama hiu berjalan adalah karena hiu ii bergerak di dasar laut menggunakan sirip depan dan belakang. Secara umum hiu ini banyak ditemukan dengan kulit berwarna coklat dengan corak bintik-bintik putih.

  • Ikan Raja laut

Ikan Raja Laut

Salah satu hewan laut Indonesia yang memiliki keunikan serta daya tarik tinggi selanjutnya adalah ikan raja laut. Ikan dengan nama latin Latimeria Menadoensis ini termasuk dalam golongan ikan laut purba dan tergolong langka.

Ciri-ciri dari ikan ini adalah warna tubuh yang memiliki sisik kecoklatan. Habitat asli dari ikan ini dapat dengan mudah Anda temukan di daerah perairan Sulawesi tepatnya di Pulau Manado. Ikan ini mampu bertahan hidup bahkan di kedalaman 180 meter dengan suhu maksimal 18 derajat.

  • Cardinal Fish

Cardinal Fish

Hewan laut asli Indonesia yang terakhir adalah cardinal fish. Ikan yang sering disebut dengan istilah Pterapogon Keuderni merupakan jenis ikan laut yang masuk dalam keluarga Apogonidae dan satu-satunya ikan dari genus Pterapogon.

Cardinal fish ini bisa tumbuh hanya mencapai ukuran 8 cm saja. Sedangkan sebagai ciri khas, tubuhnya memiliki warna hitam abu-abu dengan corak bintik putih. Untuk membedakan jantan dan betina, adalah mulut pada ikan betina lebih mencolok dan besar. Namun sangat disayangkan, ikan mungil yang cantik ini nampaknya akan semakin punah. Hal ini dikarenakan ulah jahat para pemburu liar.

Baca Juga: Hewan Mamalia


Hewan Laut Paling Menyeramkan

Hewan Laut Paling Menyeramkan

Baca Juga: Daur Hidup Hewan

Adapun beberapa jenis hewan laut yang jika dilihat dari bentuk tubuhnya akan terlihat aneh dan menyeramkan. Apa saja hewan tersebut? Simak ulasannya dibawah ini:

  • Gurita Vampir

Gurita Vampir

Layaknya Namanya yang begitu menyeramkan, penampakan dari hewan ini memang sedikit membuat ketakutan. Namun dibalik itu semua ternyata hewan ini hanya makan sisa-sisa dari makanan hewan laut yang lainnya.

Alasan mengapa julukan vampire melekat di tubuhnya, karena hewan ini memiliki mata serta selaput yang melapisi seluruh tubuhnya.meskipun ditemukan sudah lebih dari 100 tahun, namun gurita vampire tetap menjadi salah satu hewan yang misterius hingga sekarang.

  • Belut Gulper

Belut Gulper

Dikenal dengan nama lain Eurypharnyx Pelecanoides hewan laut jenis ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 2-6 kaki dan ditemukan di kedalaman 3000-6000 kaki di dasar laut.

Meskipun masih termasuk dalam spesies ikan, hewan ini sering disebut belut karena bentuk tubuhnya yang panjang dan juga elastis. Mulut belut gulper bisa terbuka lebar untuk memangsa hewan lain yang bahkan lebih besar dari ukuran tubuhnya sendiri.

  • Hiu Megamouth

Hiu Megamouth

Megamouth merupakan jenis hiu yang hidupnya dihabiskan di perairan laut dalam. Tidak seperti hiu lainnya yang ganas, hiu jenis ini tidak akan menyerang manusia dan hanya memangsa ikan-ikan yang hidup di sekitar lingkungannya.

Hiu megamouth akan dengan segera membuka lebar mulutnya untuk bisa langsung menyergap mangsanya. Sehingga jika diperhatikan Nampak seperti mesin penghisap debu.

Berbeda dengan hiu putih ataupun hiu lembu, jenis hiu ini tidak memiliki gigi-gigi tajam. Itulah sebabnya mengapa hiu ini tidak berbahaya bagi manusia.

  • Stargazer

Stargazer

Sesuai dengan kebiasaannya yang berarti “penonton bintang”, hewan laut ini memang memiliki kebiasaan mengubur diri di dalam pasir dengan kondisi mata serta mulutnya yang tidak terkubur.

Ketika melihat sebuah mangsa yang melewatinya, maka dengan cepat ia akan langsung melompat ke atas dan menerkamnya. Bentuk tubuh dari stargazer cenderung berbeda karena beberapa spesies ada yang memiliki sengat dan ada yang tidak.

  • Hiu Goblin

Hiu Goblin

Lagi-lagi membahas mengenai hiu. Kali ini adalah hiu goblin yang memiliki nama latin mesopelagic. Hiu jenis ini bisa Anda temukan di kedalaman 80 hingga 1600 meter dan merupakan ikan dengan penampakan wajah yang mengerikan.

Hal ini dibuktikan dengan kondisi mulut mereka yang tajam serta giginya yang tajam. Bukan hanya itu saja, ikan ini memiliki mata yang besar yang difungsikan untuk mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin ketika kondisi sekitar sedang minim cahaya.

Mulutnya yang lebar bisa menelan ikan secara utuh bahkan ikan dengan ukuran yang lebih besar dari tubuhnya sendiri. Hal ini sangat mungkin karena perut dari hiu goblin bersifat elastis sehingga bisa mengembang sewaktu-waktu.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai hewan laut asli Indonesia serta hewan laut yang paling menyeramkan. Untunglah mereka tidak sering ditemukan di permukaan karena memang habitatnya ada di laut dalam.

Semoga bisa menjadi tambahan ilmu serta menciptakan rasa untuk lebih menjaga kelestarian biota-biota laut ya.

Jenis Hewan Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *