Hewan Mamalia : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Hewan Mamalia

Hewan Mamalia – Definisi singkat mengenai hewan mamalia sering disebutkan sebagai hewan menyusui karena sejatinya mamalia sudah pasti menyusui anaknya. Hewan mamalia merupakan satu-satunya jenis hewan yang memiliki rambut di sekujur tubuhnya.

Secara umum hewan mamalia bisa dikatakan sebagai hewan yang memiliki tulang belakang, berdarah panas serta menyusui. Pengertian hewan mamalia sering disalah artikan sebagai hewan yang berkembang biak dengan melahirkan. Namun faktanya terdapat pula hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Mamalia memiliki karakteristik tersendiri yakni seperti memiliki rambut, tiga tulang di bagian telinga tengah, kelenjar susu pada mamalia betina, serta terdapat neocortek pada otak mamalia. Primate yang sering disebut sebagai hewan cerdas juga merupakan salah satu hewan mamalia.


Ciri-Ciri Mamalia

Ciri Ciri Mamalia

  1. Memiliki anggota gerak tubuh yang bisa digunakan untuk berjalan, berenang, maupun memegang sesuatu
  2. Memiliki kelenjar susu atau glandula mammae
  3. Memiliki tulang belakang atau vertebrata
  4. Memiliki rambut yang menutupi bagian tubuhnya
  5. Di bagian jari dari mamalia terdapat kuku serta cakar yang berfungsi untuk menangkap makanan maupun memanjat
  6. Memiliki susunan gigi lengkap yakni gigi taring, gigi seri ataupun gigi geraham
  7. Alat pernapasan yang digunakan hewan mamalia adalah paru-paru
  8. Pembagian ruang pada organ jantung adalah 2 serambi dan 2 bilik
  9. Untuk pengaturan suhu tubuh termasuk dalam golongan homoiterm
  10. Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipara) secara internal. Meskipun terdapat pula yang berkembang dengan cara bertelur
  11. Tempat perkembang biakan embrio berlangsung di dalam rahim atau uterus.

Baca Juga: Daur Hidup Hewan


Klasifikasi Hewan Mamalia

Klasifikasi Hewan Mamalia

Hingga detik ini, klasifikasi hewan mamalia yang masih bisa bertahan hidup adalah monotremes, marsupial dan placenta. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Monotremes

Monotremes

Untuk monotremes, merupakan jenis mamalia yang bertelur namun tetap menghasilkan kelenjar susu. Contoh mamalia yang masuk dalam golongan ini adalah bebek platypus berparuh dan juga trenggiling berduri. Kedua spesies tersebut sering ditemukan di Australia.

  • Marsupial

Marsupialia

Sedangkan marsupial merupakan jenis mamalia yang bisa mengembangkan embrio di dalam rahim dalam waktu yang relatif singkat sebelum akhirnya terjadi proses kelahiran.

Kemudian lahirlah bayi imatur yang kemudian merangkak menuju kantong perut induknya dan tempat itulah yang akan menjadi tempat penyelesaian perkembangannya. Hewan yang masuk dalam kategori ini adalah kangguru, opossum, beruang dan koala.

  • Placenta

Placenta

Hewan mamalia dengan klasifikasi placenta merupakan jenis mamalia yang melakukan hubungan nutrisi antara embrio dan dinding rahim dengan menggunakan placenta. Embrio akan melekat pada placenta dan untuk kemudian proses perkembangannya diselesaikan di dalam rahim induk.

Beberapa contoh hewan yang masuk dalam kategori ini adalah jenis-jenis kelinci, rusa, jenis-jenis anjing, kucing, kelelawar, paus hingga monyet.

Baca Juga: Hewan Herbivora


Jenis Hewan Mamalia

Jenis Hewan Mamalia

Berikut pembagian jenis hewan mamalia jika menurut ordonya masing-masing:

  • Marsupialia

Marsupialia

Merupakan hewan mamalia yang betinanya memiliki kantung atau marsupium di bagian perutnya. Kantung ini berfungsi untuk tempat penyimpanan anak yang baru lahir terutama jika yang lahir dalam keadaan prematur.

Contoh hewan mamalia jenis ini adalah kangguru, kuskus, dan juga koala.

  • Insektivora

Insektivora

Ordo insektivora merupakan golongan mamalia yang menjadikan serangga sebagai santapan utamanya. Hewan ini juga terkadang memakan cacing atau biji-bijian. Ciri hewan yang masuk dalam ordo ini adalah memiliki mata yang tertutup, cakar yang besar serta telapak kaki bagian depannya cenderung lebih lebar.

Untuk contoh hewan mamalia dalam ordo ini antara lain scalopus sp, echinosorex albus dan scapanus sp.

  • Dermoptera

Dermoptera

Ordo ini merupakan mamalia yang memiliki parasut berbulu atau patagium di sela empat kakinya. Hewan dalam ordo ini secara umum merupakan contoh hewan herbivora yang menyukai buah dan dedaunan. Hewan yang masuk dalam kategori ordo ini adalah gakopithecus sp.

  • ChiropteraChiroptera

Ordo chiroptera merupakan ordo mamalia yang bisa terbang karena di bagian kaki depan dan belakang terdapat sebuah membrane interdigital. Meskipun ukuran kaki yang ada di bagian belakang cenderung lebih kecil.

Biasanya mereka tergolong dalam hewan nocturnal yang sering aktif ketika malam hari tiba. Hewan ini suka makan buah dan kerap terbang di malam hari untuk mencari makanan. Contoh hewan mamalia yang masuk dalam kategori ordo ini adalah desmodus sp, pteropus edulis dan myotes sp.

  • Primata

Primata

Primate merupakan hewan mamalia yang memiliki tangan besar dan juga jari sebagai penunjang kebiasaannya memanjat pohon. Hewan yang termasuk golongan primata adalah kera, orang utan, monyet dan lutung.

  • Rodentia

Rodentia

Rodentia merupakan ordo dalam hewan mamalia yang tidak memiliki taring, sehingga biasanya mereka hidup sebagai pengerat. Hewan dalam kategori ordo ini memiliki ciri gigi serinya yang tebal dan besar serta bisa hidup di segala habitat.

Sedangkan untuk contoh rodentia diantaranya adalah tikus, tupai pohon, landak, marmot dan juga mencit.

  • Carnivora

Carnivora

Carnivora merupakan sebuah penggolongan kelompok hewan yang menjadikan daging sebagai makanan utamanya. Ciri hewan carnivora adalah memiliki gigi taring yang sangat tajam serta cakar runcing sebagai alat berburu dan mengoyak daging hasil mangsanya.

Beberapa contoh hewan mamalia kategori carnivora adalah singa, serigala, harimau, singa laut, anjing laut, anjing.

  • Laghomorpha

Laghomorpha

merupakan jenis hewan mamalia yang memiliki ciri khas gigi seri sebanyak 4 buah dan muruo dengan sebuah pahatan. Gigi seri tersebut hampir menyerupai gigi jenis ordo redentia.

Ciri khas lain yang dimiliki hewan mamalia laghomorpha adalah kaki bagian belakang yang lebih panjang jika dibandingkan kaki depan. Bentuk kaki yang demikian berfungsi untuk melompat dan berlari. Contoh mamalia kategori ini adalah kelinci.

  • Cetacea

Cetacea

Cetacea merupakan mamalia yang memiliki habitat di laut. Mamalia cetacea memiliki bentuk tubuh seperti ikan, kaki bagian depan berbentuk seperti dayung serta tidak memiliki tungkai belakang serta lapisan tebal berupa lemak sebagai insulasi. Contohnya ikan paus dan lumba-lumba.

  • Proboscidea

Proboscidea

Hewan yang masuk dalam kategori ini adalah jenis mamalia yang berotot dengan tubuh panjang dan relative besar. Jenis ordo proboscidea adalah semua golongan gajah yang ada di dunia. Seperti gajah afrika dan gajah india dan juga Indonesia.

  • Perissodactyla

Perissodactyla

Perissodactyla merupakan golongan hewan mamalia herbivora yang memiliki ciri khas jumlah jari dan kuku yang ganjil. Beberapa hewan yang termasuk dalam golongan ini adalah zebra, kuda serta tapir.

  • Artiodactyla

Artiodactyla

Berbanding terbalik dengan perissodactyla, pada kategori ordo artiodactyla jenis mamalianya memiliki kuku serta jumlah kaki yang genap di masing-masing kakinya. Contohnya adalah domba, rusa, sapi dan lain sebagainya.

  • Monotremata

Monotremata

Ordo monotremata merupakan jenis mamalia bertelur seperti platypus. Mengapa platypus bisa masuk dalam kategori mamalia? Karena walaupun berkembang biak dengan cara bertelur, tapi platypus tetap menyusui anaknya.


Penggolongan Mamalia Berdasarkan Habitat

Penggolongan Mamalia Berdasarkan Habitat

  1. Mamalia daratan yang merupakan kelompok mamalia paling beragam. Terdiri dari sapi, kerbau, kuda, harimau dan lain sebagainya
  2. Lautan yang terdiri dari ikan paus dan lumba-lumba
  3. Sungai atau Danau seperti platypus
  4. Gurun layaknya onta
  5. Kutub sebagai habitat dari mamalia beruang kutub dan anjing laut
  6. Gunung sebagai habitat dari kijang dan juga kambing gunung.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hewan mamalia, lengkap dengan ciri-ciri, klasifikasi serta jenis ordonya. Dari pembahasan diatas mungkin terdapat beberapa fakta unik dari mamalia yang belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda.

Hewan Mamalia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *