Contoh Hewan Omnivora : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Contoh Hewan Omnivora

Hewan Omnivora – Berdasarkan jenis makanannya, hewan digolongkan menjadi 3 golongan Herbivora, Karnivora dan Omnivora. Dan yang akan dibahas disini adalah mengenai seluk beluk dari hewan omnivora. Mulai dari pengertiannya, ciri-ciri contoh dan makannya.

Omnivora atau Sarwaboga merupakan salah satu jenis hewan yang berdasarkan sumber makanannya berupa tumbuhan dan hewan lainnya. Sedangkan menurut etimologi bahasa, kata omnivora berasal dari bahasa latin.

Kata omne berarti makanan sedangkan vorera memiliki arti semua. Hewan omnivora tidak sama seperti hewan herbivora yang memiliki gigi khusus dan berfungsi untuk memakan tumbuhan dan hewan karnivora yang bergigi khusus untuk memakan daging.

Oleh karenanya, hewan omnivora memiliki gigi yang lebih tajam pada bagian depan yang memiliki fungsi untuk mengoyak makanan berjenis daging. Sedangkan gigi belakang yang berbentuk datar berfungsi untuk menghaluskan makanan baik tumbuhan maupun daging.


Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Ciri-ciri hewan yang sering disebut dengan sarwaboga yakni sebagai berikut:

  1. Untuk jenis makanannya, hewan ini mengkonsumsi tumbuhan dan juga daging atau biasa disebut pemakan segala
  2. Karena jenis makanan yang dimakanan mencakup semua jenis makanan, menyebabkan hewan ini memiliki pencernaan yang sempurna dan kompleks
  3. Untuk keperluan mengoyak makanan keras atau jenis daging, membuat gigi bagian depannya lebih tajam
  4. Bentuk gigi yang ada di bagian belakang cenderung datar untuk menghaluskan makanan.

Baca Juga: Struktur Sel Hewan


Contoh Hewan Omnivora dan Makanannya

Contoh Hewan Omnivora Dan Makanannya

Baca Juga: Hewan Invertebrata

Jika sudah mengetahui tentang ciri-ciri hewan omnivora, lalu apa saja hewan yang termasuk dalam kategori omnivora? Berikut beserta penjelasannya:

  • Gorila

Gorila

Gorilla merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang pertama dan termasuk juga dalam kategori hewan mamalia. Hewan yang merupakan hewan jenis primata ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis primata yang lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya, gorilla terbiasa memakan tumbuh-tumbuhan. Namun tak jarang juga ia memakan hewan lain yang sejenis serangga dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, tahukah Anda ternyata hewan ini memiliki DNA yang mirip sekali dengan manusia selain simpanse. Tingkat kemiripan DNA hewan ini bahkan bisa mencapai angka 97-98%.

Kemiripan DNA tersebut jelas bisa terlihat dari struktur tubuh yang berbentuk tegak, serta memiliki tangan dan kaki yang fungsinya sama dengan tubuh manusia. Sama halnya dalam segi intelegensinya yang juga dinilai cukup tinggi.

  • Babi

Babi

Hewan yang memiliki nama ilham Sus ini mempunya bentuk hidung yang khas dan telinga panjang yang seakan menjadi ciri dibandingkan hewan lainnya. Seperti halnya gorilla, babi juga termasuk hewan omnivora yang memakan segala.

Selain memakan tumbuhan berbentuk rumput, terkadang babi juga memakan serangga untuk jenis makanan lainnya. Untuk tingkat kecerdasan, babi dinilai memiliki tingkat kecerdasan sedikit diatas anjing dan kucing.

  • Tikus

Tikus

Rattus Argentiventer merupakan nama lain dari hewan tikus jika dalam bahasa latin. Karena bisa memakan apa saja yang ada disekitarnya, membuat hewan yang satu ini sering dikatakan sebagai hewan yang rakus.

Makanan yang bisa dimakan tikus sangat beragam, mulai dari tumbuhan jenis rumput, sayur, kelapa, padi, ketela dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada lain waktu tikus juga kerap memakan jenis hewan yang lainnya.

Binatang yang sering dimakan tikus antara lain serangga dan ikan. Ikan yang paling sering dimakan tikus adalah ikan yang ekosistemnya ada di daerah air tawar. Itulah sebabnya mengapa tikus juga disebut sebagai hewan omnivora.

  • Ayam

Ayam

Jenis hewan omnivora lainnya adalah ayam. Tampaknya ayam merupakan salah satu hewan yang mudah untuk Anda jumpai. Karena merupakan jenis unggas yang masih biasa dipelihara oleh masyarakat sekitar.

Terlebih untuk masyarakat daerah pedesaan, memelihara ayam nampaknya merupakan salah satu hal yang wajib. Hal ini didukung juga karena ayam merupakan hewan yang murah dan banyak dicari.

Selain masalah makanannya yang murah, memelihara ayam juga bisa dengan membiarkannya berkeliaran karena hewan tersebut akan mencari makan dengan sendirinya. Apapun yang ada disekitarnya pasti bisa menjadi santapan yang lezat untuk ayam.

Bukan hanya tumbuhan dengan jenis biji-bijian saja, namun hewan juga bisa menjadi makanan favorit ayam. Contoh hewan yang bisa dimakan ayam adalah serangga, semut, laron dan jenis hewan kecil yang lainnya.

  • Kucing

Kucing

Seperti halnya ayam, kucing merupakan hewan peliharaan yang masuk dalam kategori hewan omnivora. Namun, hewan yang kerap dianggap manis ini sering salah digolongkan kedalam jenis hewan karnivora.

Jika dilogika lebih dalam, apabila kucing termasuk hewan jenis karnivora maka ia hanya akan memakan daging saja. Namun kenyataanya kucing juga sering kepergok tengah asyik melahap rumput.

Teori ini memang benar karena kebutuhan gizi kucing lebih dominan dipenuhi dari makanan jenis hewani. Namun karena juga memakan tumbuhan, maka istilah hewan omnivora melekat juga di hewan ini.

Bahkan di negara Indonesia ini, banyak kucing di jalanan yang dengan mudahnya memakan nasi sisa di tong sampah. Atau bahkan para penggemar kucing yang memberi makan kucing peliharaannya dengan nasi untuk tujuan agar si kucing bisa cepat kenyang.

  • Bebek

Bebek

Bebek merupakan jenis unggas kedua yang masuk dalam kategori hewan omnivora. Secara garis besar, antara bebek dan ayam tidak banyak memiliki perbedaan. Mulai dari jenis makanannya sampai dengan cara budidayanya.

Binatang ini termasuk dalam kategori hewan pemakan segala yang ada di air tawar. Bebek juga masuk dalam burung aquatic. Namun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan satu familinya.

Makanan hewan yang memiliki kaki berselaput ini sangat beragam. Mulai dari serangga, cacing, ikan, tanaman bahkan katak. Namun jenis katak yang bisa dikonsumsi oleh bebek adalah katak yang masih kecil. Itulah mengapa cukup mudah untuk membudidayakan bebek.

  • Paus

Paus

Paus atau Lodan (khusus yang memiliki gigi dan tidak berukuran kecil)merupakan salah satu hewan mamalia yang hidupnya di dasar laut. Paus adalah sebutan untuk anggota dari bangsa Cetacea yang berukuran besar. Itulah sebabnya mengapa paus tidak termasuk kedalam golongan keluarga ikan.

Ciri-ciri paus:

  • Paus bernafas menggunakan paru-paru
  • Untuk jenis paus dewasa, biasanya memiliki rambut
  • Memiliki darah yang bersifat panas
  • Hewan omnivora ini memiliki kelenjar susu mengapa disebut juga dengan hewan mamalia
  • Memiliki jantung dengan empat ruang.

Ikan paus merupakan hewan dengan golongan omnivora yang biasanya hidup di daerah lautan samudera. Untuk jenis makanannya, ikan paus ini memakan cumi-cumi dan crustacea yakni mysidacea dan krill dalam jumlah kecil. Bahkan tak jarang ia juga memakan apa saja yang ada di dasar laut.

  • Beruang

Beruang

Beruang merupakan jenis hewan yang memiliki indra penciuman serta pendengaran yang cukup tinggi. Memiliki tubuh yang unik dengan telinga bundar, ekor kecil dan pendek, berbulu panjang lebat dan kasar, cakar yang tajam pada telapak tangan dan tidak bisa ditarik masuk kembali.

Beruang juga memiliki moncong yang panjang dengan gigi belakang datar untuk mengunyah tumbuhan. Sedang gigi pada bagian depannya sangat tajam dan berfungsi untuk mengoyak segala jenis daging hewan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian hewan omnivora beserta dengan contoh hewan dan jenis makananya. Bagaimana? Apakan Anda sudah bisa menyebutkan jenis hewan omnivora yang ada disekitar Anda? Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda.

Hewan Omnivora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *