Arti Ungkapan Hitam Putih Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Hitam Putih

Arti Hitam Putih – Segala sesuatu di alam ini selalu diciptakan Tuhan dengan perbedaan masing-masing tetapi untuk saling berpasang-pasangan. Ada siang dan malam, ada pria dan wanita, ada suka dan duka, ada kaya dan miskin, serta lain sebagainya. Demikian juga arti ungkapan hitam putih dalam warna kehidupan memiliki makna tersendiri.


Makna Hitam Dan Putih Dalam Kehidupan

Chess

Warna putih oleh kebanyakan orang dianggap sebagai lambang kesucian, kerendahan hati, kebaikan, kepolosan dan lain sebagainya. Sementara warna hitam dijadikan lambang keagungan, kemisterusan, kejahatan, keburukan dan masih banyak lagi. Tetapi arti ungkapan hitam putih yang sesungguhnya adalah bahwa setiap manusia memang ditakdirkan memiliki 2 sisi kehidupan.

Dan setiap sisi kehidupan tersebut saling bertolak belakang, seperti kanan dan kiri atau depan dan belakang, maupun atas dan bawah. Sisi kehidupan mana yang akan berkembang sangat dipengaruhi oleh lingkungan, pergaulan dan pendidikan masing-masing individu. Yang apabila arti ungkapan hitam putih dijabarkan ke dalam kalimat, menjadi sebagai berikut:

  • Hidup merupakan pilihan untuk menjadi baik atau tidak seperti memilih warna hitam atau putih. Bijaksanalah dalam mengambil suatu keputusan, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
  • Hitam dan putih itu ibarat nafsu dan cinta yang keduanya hampir selalu berjalan beriringan.
  • Apapun yang menjadi alasannya kisah Robin Hood menggambarkan sis hitam dan putih kehiudpan seseorang. Di siang atau malam hari menjadi perampok atau penjahat, diwaktu lainnya menjadi seorang dermawan untuk orang-orang miskin.
  • Bak warna hitam dan putih tidak pernah ada yang menyangka. Kesehariannya sebagai guru pengajar yang terkenal dermawan dan bijaksana itu hanya kedok belaka. Setelah semalam diintai polisi karena terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor.
  • Banyak orang yang terjebak dengan pilihan warna hitam atau putih. Tetapi yang sering dilupakan adalah ketika orang tersebut memilih warna abu-abu. Demikian juga dengan kehidupan, menjadi baik atau buruk. Hanya karena nafsu akhirnya menjadi penjahat meskipun tetap berbuat baik.

Baca Juga: Arti Ungkapan Tinggi Hati


Pernyataan Bernilai Dan Inspiratif

Pernyataan Bernilai Dan Inspiratif

Seringkali ditemukan pernyataan dari para tokoh nasional maupun internasional yang berkaitan dengan arti ungkapan hitam putih. Yang kemudian menjadi inspirasi generasi mudanya dalam melakukan sesuatu. Beberapa petikan kalimat para tokoh tersebut, antara lain:

Baca Juga: Arti Ungkapan Anak Mama


1. Inspiratif Dari Tokoh Nasional

1. Inspiratif Dari Tokoh Nasional

Disadari atau tidak seringkali ada kata maupun kalimat yang terselip merupakan ungkapan akan sesuatu, baik dalam bentuk ucapan maupun. Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno: “Silahkan tulis apa saja tentang aku baik dengan tinta hitam maupun tinta putihmu. Biarkan nanti sejarah yang akan membaca dan menjawabnya”.

 

2. Kalimat Bermakna Dari Tokoh Internasional

2. Kalimat Bermakna Dari Tokoh Internasional

Kalimat pernyataan yang penuh makna dan inspiratif juga sering ditemukan dari berbagai tokoh internasional. Dari seniman kelas dunia hingga tokoh politik maupun negarawan. Pemimpin nasional Republik rakyat China, Deng Xiaoping: “Buka menjadi persoalan hitam atau putihnya kucing, selam kucing tersebut mampu menangkap tikus”. Juga George Marshall: “Hiduplah tidak hanya hitam dan putih, terkadang orang sering lupa memperhatikan warna area diantara keduanya, yaitu abu-abu”.

 

3. Hitam Dan Putihnya Suatu Pernyataan Cinta

3. Hitam Dan Putihnya Suatu Pernyataan Cinta

Saat jatuh cinta bisa melahirkan ungkapan-ungkapan yang indah dan penuh makna. Yang kemudian memberikan banyak inspirasi bagi para seniman. Beberapa pernyataan cinta yang dikaitkan dengan warna hitam atau putih seperti yang diungkapkan Bernard Batubara: “Cinta itu tidak selalu ada hitam dan putih, juga tidak selalu dirimu dengan diriku”.

 

4. Ungkapan Inspiratif Ilmuwan

4. Ungkapan Inspiratif Ilmuwan

Beberapa ilmuwan terkenal juga mengkaitkan hitan dan putih melalui pernyataannya. Yang kemudian menjadi kalimat yang menarik untuk dimaknai, seperti:

  • Seniman sekaligus ilmuwan, Leonardo Da Vinci: “Semua pelukis seharusnya mengawali dengan siraman warna hitam pada kanvasnya. Sebab pada mulanya dunia ini gelap, hingga tersingkap oleh cahaya putih”.
  • Eduard Douwes Dekker: “hitam dan putih itu mudah digambarkan, tetapi akan jauh lebih susah untuk menghasilkan variasi warna diantara keduanya. Ketika harus menilai suatu kejujuran, sementara warna di kedua sisinya tidak terlalu terang maupun gelap”.

Meskipun arti ungkapan hitam putih menjadi simbol yang menyatakan sisi kehidupan di dunia yang selalu berpasangan tetapi bertolak belakang. Yang kesemuanya merupakan kejadian dan pilihan untuk dihadapi setiap individu. Menjadi bijak dalam mengambil keputusan pada langkah dan waktu yang tepat merupakan jalan terbaik. Semoga bermanfaat.

Arti Ungkapan Hitam Putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *