Arti Ungkapan Ibu Jari Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Ibu Jari

Arti Ibu Jari – Ada ungkapan lainnya yang sering dilakukan oleh masyarakat didalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah berkenaan dengan ibu jari.

Dimana, arti ungkapan ibu jari sendiri melambangkan simbol kebanggaan atau memberikan penghargaan kepada seseorang yang telah melakukan sesuatu dengan cemerlang. Apalagi, ibu jari merupakan induk dari semua jari yang besar dan sangat mendominasi


Arti Ungkapan Ibu Jari

Arti Ungkapan Ibu Jari

Makna yang terdapat pada istilah ungkapan ibu jari berawal dari kosakata ibu dan jari. Ibu adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang yang memegang peranan paling penting didalam keluarga. Sementara jari adalah bagian tubuh manusia yang mempunyai peran penting untuk membantu aktivitas manusia agar berjalan dengan lancar, seperti untuk memegang sesuatu

Baca Juga: Arti Ungkapan Bercabang Lidah


Contoh Kalimat Ungkapan Ibu Jari Yang Sering Digunakan Masyarakat

Contoh Kalimat Ungkapan Ibu Jari Yang Sering Digunakan Masyarakat

Berikut ini contoh kalimat ungkapan dari ibu jari atau jempol yang sering digunakan oleh masyarakat didalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Yaitu sebagai berikut contoh lengkapnya yang dapat dijadikan referensi:

Baca Juga: Arti Ungkapan Gelap Mata


1. “Karena Sari Mendapat Juara, Kakak Bangga Dan Mengacungkan Ibu Jarinya”

Arti ungkapan ibu jari yang dimaksud pada kalimat diatas adalah menjelaskan tentang pemberian penghargaan dari kakak kepada Sari atas keberhasilannya mendapatkan juara, dimana isyarat mengacungkan ibu jari menggambarkan sikap dari kakak yang bangga dan kagum kepada prestasi yang telah berhasil Sari raih. Serta, pemberian jempol juga melambangkan arti tanda hebat.

2. “Ibu Mengacungkan Ibu Jari Kepada Anaknya Yang Masih Berusia 5 Tahun Berhasil Membuat Lukisan Pemandangan Alam”

Arti ungkapan ibu jari pada kalimat tersebut mempunyai makna jika isyarat ibu jari yang disimbolkan oleh ibu kepada anaknya yang masih berusia lima tahun mengandung makna, bahwa ibu tersebut memberikan rasa kagum kepada anaknya yang masih kecil, agar anaknya selalu merasa bangga kepada dirinya dan percaya diri dengan hasil karyanya

3. “Ketika Berwisata Ke Keraton Solo, Pemandu Wisata Mengacungkan Ibu Jari Untuk Menunjuk Arah Yang Dituju”

Kemudian, arti ungkapan ibu jari yang tersirat pada kalimat diatas adalah, melambangkan isyarat dari seorang pemandu wisata di Keraton Solo untuk menunjukkan arah kepada wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara, dimana isyarat dengan menggunakan ibu jari tersebut dianggap lebih sopan dan santun, dimana hal ini sesuai dengan nilai tradisi budaya jawa.

4. “Untuk Melambangkan Bentuk Bangga Kepada Rio Yang Berhasil Memenangkan Juara Lomba Lari, Ayah Mengacungkan Ibu Jari”

Penjelasan lainnya yang tercantum pada pemaparan kalimat diatas adalah simbol yang diberikan oleh ayah kepada keberhasilan yang telah berhasil didapatkan Rio sebagai pemenang juara pertama lomba lari pada event yang diselenggarakan tersebut. Dimana, hal ini juga membuat ayah sangat bangga dengan keberhasilan yang telah didapat oleh anaknya Rio tersebut .

5. “Ria Mengacungkan Ibu Jarinya, Saat Menyukai Ide Yang Diberikan Tuti”

Terakhir, ungkapan terakhir yang dimaksud dari ibu jari tersebut adalah melambangkan pernyataan setuju yang diberikan oleh Ria kepada Tuti yang telah memberikan ide terbaik demi kebaikan pada organisasi yang dibuat oleh Ria dan Tuti. Dimana, mengacungkan ibu jari mempunyai makna bahwa Ria setuju dan sependapat dengan yang dilakukan oleh Tuti.

Demikianlah penjelasan tentang arti ungkapan ibu jari beserta makna yang terdapat didalam contohnya tersebut. Dimana, hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi bersama untuk mengetahui kembali makna yang maksud dari ungkapan ibu jari yang lebih jelas dan tepat serta penggunaannya didalam kehidupan sehari-hari. Serta ini menjadi motivasi agar selalu memberikan sesuatu terpuji.

Arti Ungkapan Ibu Jari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *