Arti Ungkapan Isapan Jempol Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Isapan Jempol

Arti Isapan Jempol – Fenomena ini sering terjadi dalam dunia Jurnalistik yaitu Isapan jempol, di mana jurnalistik sendiri adalah hal yang berkaitan dengan kewartawanan dan surat kabar. Pelaku dari kegiatan jurnalistik disebut jurnalis, sedangkan tugas jurnalis adalah menulis kabar berita atau laporan lalu dikirim ke media massa.

Tidak jarang jurnalis bermain kotor dengan mengirimkan tulisan yang berisi isapan jempol belaka. Lalu apa yang dimaksud dengan isapan jempol? Agar paham, simaklah penjelasan arti ungkapan isapan jempol dibawah ini.


Inilah Arti Ungkapan Isapan Jempol

Inilah Arti Ungkapan Isapan Jempol

Saat memasuki sekolah ada banyak ilmu yang diajarkan kepada muridnya melalui penjelasan Guru atau materi yang terdapat di buku pelajaran. Ungkapan-ungkapan seperti tinggi hati, otak udang, bersilat lidah, rendah hati, dan lain-lain pasti sudah dipelajari saat sekolah. Idiom namanya yaitu sebuah ungkapan yang terdiri dari dua suku kata. Ungkapan tersebut memiliki makna kiasan. Salah satunya yang akan dibahas pada artikel ini adalah ungkapan isapan jempol.

Apa itu arti ungkapan isapan jempol? Yaitu kabar bohong atau kabar yang tidak benar. Isapan jempol sering kita temui pada portal berita zaman kini yang tidak mencamtukan sumber yang jelas. Di era modern ini berita hoax bertebaran dimana-mana. Target berita hoax adalah masyarakat awam yang tidak mau menelusuri lebih lanjut berita yang dibaca. Sehingga masyarakat menelan bulat-bulat berita tersebut.

Peredaran Isapan jempol tidak hanya melalui media massa namun juga bisa tersebar dari mulut ke mulut. Misalnya ada pasien rumah sakit yang menderita demam, batuk, dan flu lalu lewatlah salah satu orang dan berkata kepada pasien tersebut bahwa ia terkena virus corona. Kemudian orang-orang disekitarnya yang mendengar hal itu berbisik satu sama lain hingga akhirnya kabar yang tidak benar itupun beredar.

Baca Juga: Arti Ungkapan Di Atas Angin


Contoh Kalimat Ungkapan Isapan Jempol

Contoh Kalimat Ungkapan Isapan Jempol

Idiom isapan jempol memiliki makna tunggal yang artinya kabar bohong atau tidak benar. Penggunaan idiom isapan jempol oleh banyak orang semestinya sudah sesuai dengan konteks. Namun untuk lebih memahami penggunaan dari ungkapan isapan jempol maka dibawah ini akan dijabarkan contoh kalimatnya. Berikut ulasannya:

Baca Juga: Arti Ungkapan Patah Hati


1, “Berita di Televisi Itu Hanya Isapan Jempol Belaka! Jangan Mudah Tertipu Oleh Media Massa”

Kalimat diatas menjelaskan bahwa berita yang sedang muncul di Tv hanya kabar bohong untuk menarik penonton. Media massa kini banyak melakukan kecurangan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Berita yang tidak valid diangkat ke layar kaca walaupun sumber dari berita itu sendiri tidak ada namun media berani memberitakannya. Sebab itu harap berhati-hati saat mendapatkan kabar dari orang lain.

2. “Aku Sudah Selidiki Masalahnya dan Itu Hanya Isapan Jempol dari Orang-Orang yang Tidak Bertanggung jawab”

Pernyataan diatas sangat benar adanya. Orang yang menyebarkan berita hoax atau palsu adalah orang-orang yang tidak punya rasa tanggung jawab dalam dirinya. Selain merugikan orang lain mereka juga mencoreng nama baik dunia jurnalistik. Meski tidak semua jurnalis seperti itu tapi tetap saja yang namanya keburukan pasti lebih melekat daripada kebaikan orang itu.

3. “Walaupun Rumornya itu Cuman Isapan Jempol, Alangkah Baiknya Periksa Terlebih Dahulu Kebenarannya.”

Kumpulkan data-data lalu cocokkan dengan kabar berita, setelah itu ketahui dari mana sumber berita itu berada. Jika sumber dan data-data cocok dengan kabar berita maka kabar tersebut bukanlah isapan jempol. Lakukan cara ini untuk membedakan kabar berita yang valid dengan berita palsu. Walaupun ada rumor yang mengatakan itu kabar bohong jangan juga langsung percaya. Telitilah dalam memilah-milah kabar berita.

4. ‘Jangan Percaya Itu Cuman Isapan Jempol.”

Idiom isapan jempol disini bermaknakan satu yaitu kabar yang bohong, terdiri dari dua suku kata yaitu “isapan” dan “jempol”. Ungkapan ini sudah hilang unsur kata-perkatanya karena membentuk makna baru. Warga yang cerdas adalah warga yang tidak memakan bulat-bulat isi berita. Jika teridentifikasi adanya penyebaran berita hoax, harap laporkan kepada pihak yang berwenang agar dapat diurus.

Nah, masyarakat sekarang harus lebih pintar dari media massa. Jangan mau dipancing dengan judul berita yang menarik lantas mengkliknya dan ternyata berita tersebut adalah hoax atau palsu. Periksalah sumber berita tersebut dari orang yang benar-benar mengetahui kabar itu. Semoga masyarakat tidak mudah tertipu lagi. Sekian dari penjelasan mengenai arti ungkapan isapan jempol dan contoh kalimatnya.

Arti Ungkapan Isapan Jempol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *