Jenis Hewan Darat : Lengkap Beserta Ciri-ciri, Contoh dan Penjelasan

Jenis Hewan Darat

Jenis Hewan Darat – Hewan memang menjadi salah satu makhluk hidup yang sangat beragam dan menarik untuk dibahas. Namun, sudah tahukah Anda apa itu definisi hewan sebenarnya? Hewan merupakan suatu makhluk hidup yang mampu beradaptasi di berbagai lingkungan. Hewan bisa hidup di laut, air tawar, kutub hingga padang pasir.

Pada pembahasan kali ini adalah mengenai hewan darat. Didefinisikan oleh zoologi bahwa hewan darat merupakan hewan yang terdiri dari mereka yang menghuni bumi. Tubuhnya didesain siap untuk memanjat, berlari, melompat atau berjalan di ekosistem tempat mereka hidup.

Terdapat berbagai macam hewan darat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, baik dari struktur tubuh, bentuk penggerak maupun makanan mereka. Berdasarkan catatan ilmiah jenis hewan ini mengalami proses evolusi yang berbeda sepanjang sejarah.

Lalu apa saja informasi yang bisa didapatkan mengenai hewan darat? Berikut pembahasannya.


Ciri-Ciri Hewan

Ciri-Ciri Hewan

Hewan memiliki daya gerak serta cepat tanggap terhadap sebuah rangsangan eksternal. Tumbuh mencapai batas besar tertentu serta memerlukan makanan yang kompleks untuk kebutuhan hidup serta memiliki jaringan tubuh yang lunak. Secara umum, hewan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Hewan merupakan makhluk eukariotik multiselular atau masuk dalam kelompok metazoan
  2. Hewan tidak mengalami proses fotosintesis. Hewan termasuk dalam makhluk hidup heterotroph yang memperoleh energi dengan cara memakan makhluk hidup lain
  3. Hewan secara khas melakukan kegiatan reproduksi secara aseksual
  4. Hewan mampu merespon dengan cepat terhadap rangsangan yang berasal dari laut. Kemampuan tersebut merupakan sebuah hasil dari aktivitas sel saraf dan otot atau jaringan kontraktif bahkan dari aktivitas keduanya
  5. Hewan merupakan sebuah makhluk hidup motil atau yang aktif bergerak selama tahap tertentu dalam siklus hidupnya. Hewan yang diam atau istilahnya stasioner sekalipun contohnya hewan spons tetap memiliki tahap motil berupa larva saat berenang.

Baca Juga: Hewan Reptil


Jenis Hewan Darat Berdasarkan Makanannya

  • Herbivora

Herbivora

Merupakan hewan darat yang memakan tumbuhan serta dedaunan dan rerumputan sebagai makanan utamanya. Contohnya adalah sapi, kambing, kuda, kerbau, kelinci dan lainnya.

  • Karnivora

Karnivora

Karnivora merupakan sebuah penggolongan hewan untuk mereka yang pemakan daging contohnya singa, harimau, anjing, serigala dan masih banyak yang lainnya.

  • Omnivora

Omnivora

Sedangkan untuk omnivora merupakan hewan pemakan tumbuhan namun juga memakan daging. Contoh golongan omnivora adalah tikus dan ayam.


Macam-Macam Hewan Darat

Macam-Macam Hewan Darat

Hewan darat merupakan hewan yang hidup dan bertempat tinggal di darat, baik yang hidupnya di permukaan tanah maupun hidup yang didalam tanah. Adapun macam hewan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hewan di Sekitar Anda

Sedari kecil, orang tua Anda sudah pasti mengenalkan jenis-jenis hewan yang berada di sekitar atau tak jauh dari lingkungan Anda. Hewan-hewan tersebut bisa jadi merupakan peliharaan atau termasuk hewan liar.

Contoh hewan yang dipelihara adalah ayam, kambing, kucing, anjing dan yang lainnya. Sedangkan hewan yang tidak dipelihara alias liar contohnya tikus, kecoa, semut, kupu-kupu, cicak dan lain-lain.

  • Hewan di Hutan

Sedangkan untuk hewan yang hidup di hutan biasanya kebanyakan adalah hewan yang buas. Hutan merupakan tempat tinggal untuk berbagai jenis hewan. Di dalam hutan Anda bisa menemukan berbagai jenis hewan dari yang lemah hingga yang buas.

Ada yang menjadi mangsa dan ada yang memang setiap hari menjadi pemangsa. Contoh hewan yang hidup di hutan adalah harimau, singa, gajah, macan, kijang, serangga dan juga burung.

  • Hewan di Tanah

Selain mereka yang hidup di permukaan tanah, terdapat pula hewan yang hidupnya berada di dalam tanah. Mereka hanya keluar sesekali saja ketika ingin mencari makan. Contoh hewan yang menghabiskan hidupnya di dalam tanah adalah cacing, rayap, semut dan berbagai jenis serangga lainnya.

Baca Juga: Ciri Khusus Hewan


Contoh Hewan Darat di Permukaan Tanah

  • Kuda

Kuda

Kuda atau dalam bahasa latin bernama Equus caballus merupakan salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus equus. Hewan ini sudah lama merupakan salah satu hewan peliharaan.

Kuda juga dinilai penting dari segi ekonomis dan historis karena sudah memegang peranan penting dalam menunjang perekonomian, contohnya sebagai kendaraan untuk pengangkutan orang maupun pengangkutan barang. Namun di beberapa daerah kuda masih juga digunakan sebagai sumber makanan.

  • Laba-Laba

Laba Laba

Laba-laba atau terkadang ada yang menyebutnya labah-labah merupakan sejenis hewan berbuku-buku yang memiliki dua segmen tubuh, empat kaki, tak bersayap dan memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam jenis ordo Aranea.

Laba-laba termasuk hewan darat pemangsa atau karnivora, bahkan terkadang ia bisa menjadi kanibal. Mangsa utama dari laba-laba adalah serangga yang ukurannya lebih kecil.

Laba-laba diklaim mampu menginjeksikan bisa nya melalui sepasang taringnya kepada musuh dan mangsanya. Tidak semua laba-laba akan membuat jarring hanya untuk menangkap mangsanya. Dan sebagai pengetahuan, terdapat setidaknya 200 spesies laba-laba yang gigitannya bisa berbahaya untuk manusia.

  • BeruangBeruang

Beruang merupakan salah satu mamalia yang berasal dari ordo karnivora dan termasuk golongan dari family ursidae. Beruang memiliki ekor yang cenderung kecil namun indra penciuman dan pendengarannya sangat tajam.

Spesies ini memiliki cakar yang tajam serta tidak bisa ditarik kembali. Hal ini jelas memiliki fungsi seperti sebagai bentuk pertahanan diri dan untuk menangkap mangsanya. Penglihatan beruang ini nyaris sama dengan manusia dan tidak buta warna.

Untuk membedakan antara jantan dan betina, umumnya bisa dilihat dari berat badan yang dimiliki. Beruang jantan cenderung memiliki badan yang lebih besar. Apalagi pada spesies beruang kutub yang besarnya bisa mencapai dua kali lipat dari betinanya.


Contoh Hewan Darat di Dalam Tanah

  • Cacing

Cacing

Cacing tanah memiliki bentuk tubuh layaknya tabung dan tersegmentasi dalam Filum annelida. Habitat dari cacing ini adalah di dalam tanah, mereka memakan apa saja yang tergolong bahan organik.

Sistem pencernaan yang dimiliki cacing tanah berjalan sepanjang tubuhnya. Sedangkan untuk proses respirasi dilakukan dengan melalui kulitnya. Jenis hewan darat ini memiliki transportasi ganda, yakni selom yang berisi cairan serta sistem peredaran darah tertutup yang sederhana.

  • Semut

Semut

Semut merupakan jenis serangga yang termasuk anggota suku Formicidae dari bangsa Hymenoptera. Mayoritas semut dikenal sebagai serangga sosial, mereka hidup dengan koloni dan sarang-sarangnya. Bahkan tiap-tiap koloni bisa menjadi jumlah ribuan semut.

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, namun semut termasuk kedalam hewan terkuat di dunia. Hal ini dibuktikan oleh semut jantan yang bisa mengangkat benda yang beratnya mencapai lima puluh kali dari berat badannya sendiri.


Contoh Hewan Darat yang Terbang

  • Burung

Burung

Burung masuk kedalam hewan yang bertulang belakang atau vertebrata yang memiliki bulu dan juga sayap. Jenis-jenis dari spesies ini sangat bervariasi, mulai dari yang kecil seperti burung kalibri hingga yang tingginya melebihi manusia seperti burung unta.

  • Kelelawar

Kelelawar

Kelelawar tergolong jenis hewan darat dari keluarga mamalia yang bisa terbang dan masuk dalam ordo Chiroptera. Dua kaki bagian depan dari kelelawar ini bisa berkembang hingga menjadi sayap. Berikut klasifikasi dari kelelawar:

  1. Pteropodidae (codot)
  2. Emballonuridae (kelelawar eko-trubus)
  3. Megadermatidae (vampire palsu)
  4. Nycteridae (kelelawar muka cekung)
  5. Rhinolophidae (kelelawar ladam)
  6. Hipposideridae (barong)
  7. Vespertilionidae (kelelawar biasa)
  8. Molossidae (kelelawar bibir keriput).

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian hewan, ciri hewan secara umum dan beberapa contoh dari hewan yang hidup di darat baik yang berada di permukaan tanah, dalam tanah maupun yang terbang.

Contoh hewan darat tersebut bisa Anda temui di sekitar Anda, kecuali beruang. Anda mungkin bisa melihat beruang ketika mengunjungi kebun binatang.

Jenis Hewan Darat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *