Arti Ungkapan Kabar Angin Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Kabar Angin

Arti Kabar Angin – Ungkapan dalam bahasa Indonesia sangat banyak. Salah satunya adalah istilah kabar angin yang sering didengar baik dari percakapan lisan antar masyarakat maupun melalui media massa cetak dan elektronik. Pertanyaannya adalah apakah arti ungkapan kabar angin?


Arti Ungkapan Kabar Angin

Arti Ungkapan Kabar Angin

Ungkapan Kabar Angin memiliki tafsir umum berkaitan dengan berita atau informasi. Namun, terkadang ungkapan ini juga dilontarkan pada orang yang menyampaikan kabar tertentu sekalipun kasusnya jarang terjadi.

Berikut ini akan dijelaskan arti ungkapan kabar angin, semoga dari uraian ini bisa ditarik kesimpulan tentang makna-makna perumpamaan yang gres selain pengertian kabar angin yang memang sudah baku di dalam kebahasaan. Ini dia arti yang dimaksud:

Baca Juga: Arti Ungkapan Perang Mulut


1. Simpang Siur Berita

1. Simpang Siur Berita

Arti ungkapan yang pertama adalah perumpamaan terhadap berita yang simpang siur. Maksudnya adalah ada beritanya tetapi tidak semua orang mendengar kabar tersebut. Bahkan orang yang jauh mendengar dengan jelas, tetapi yang dekat dari munculnya berita justru tidak mendengar atau mendengar sekilas saja.

Simpang siur berita semacam ini disebut kabar angin. Tidak harus dibuang dan juga diambil mentah-mentah melainkan diteliti dulu apakah yang mendengar berita lebih banyak atau sebaliknya. Jika jumlah pendengarnya lebih besar dengan bobot cerita yang sama, berarti berita tersebut memang ada.


2. Informasi Yang Tidak Jelas Karena Konten Yang Berbeda-beda

2. Informasi Yang Tidak Jelas Karena Konten Yang Berbeda Beda

Kabar angin juga diucapkan untuk berita yang konten-nya berbeda-beda. Maksudnya si A dan si B mengaku mendengar berita yang sama tetapi penjelasan di antara keduanya berbeda.Umumnya informasi ini terjadi karena ada tambahan-tambahan yang sejatinya tidak ada. Sedangkan kabarnya sendiri memang ada dan benar tetapi karena sudah dilebih-lebihkan, isi informasi tersebut menjadi tidak jelas bahkan dianggap berita yang tidak benar oleh sebagian orang.

Informasi semacam ini harus dihentikan dengan cara mencari sumber berita yang asli. Baik dari media yang menyampaikan atau sumber pertama yang mengabarkan berita tersebut. Setelah itu lakukan klarifikasi kalau informasi tersebut yang benar sedangkan yang beredar adalah salah.


3. Kabar Bohong

3. Kabar Bohong

Ada yang menyatakan kalau arti kabar angin salah satunya adalah kabar bohong atau dusta. Istilah kerennya adalah kabar hoax yang sejatinya tidak ada tetapi mencoba untuk diada-adakan. Kabar angin semacam ini tidak boleh disampaikan apapun latar penyampainya. Karena dikhawatirkan bakal menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat padahal informasi tersebut dusta adanya. Sekalipun berupa hal yang menyenangkan juga tidak perlu disebarkan karena sama saja memberikan harapan yang hampa.

Kabar angin yang berupa berita hoax bisa menimbulkan masalah bagi orang yang menyebarkannya. Bahkan sudah ada regulasi hukum yang bisa menjeratnya dengan pidana maupun denda perdata. Maka dari itu, hentikan menyebarkan kabar angin yang tidak jelas kebenarannya apalagi berita dusta.


4. Kabar yang Santer Terdengar Tetapi Cepat Hilang

4. Kabar Yang Santer Terdengar Tetapi Cepat Hilang

Arti ungkapan kabar angin yang ke empat dinisbatkan pada informasi yang santer terdengar tetapi hilang dengan cepat. Contohnya adalah pada hari senin ada kabar terjadi penculikan, tetapi di hari selasa kabar tersebut langsung lenyap tanpa bekas. Informasi semacam ini juga disebut kabar angin. Karena kebenaran dan tak kebenarannya tidak bisa dideteksi saking cepatnya berita tersebut lenyap. Sehingga masyarakat pun bisa melupakannya dengan cepat pula.


5. Kabar Dengan Konten Luar Biasa

5. Kabar Dengan Konten Luar Biasa

Orang yang mendengar kabar dengan konten luar biasa, tidak mungkin langsung menganggap benar. Pasti ada ungkapan kalau informasi tersebut hanya kabar angin yang identik dengan dusta dan terkesan melebih-lebihkan. Argumen ini muncul semata karena begitu luar biasanya berita yang terdengar.

Jika ada fakta yang muncul, kabar angin semacam ini akan diakui sebagai kebenaran. Misalnya sudah ada informasinya di media mainstream atau si audien melihat sendiri kenyataan dari berita yang sempat ditolaknya tersebut.

Baca Juga: Arti Ungkapan Semata Wayang


Contoh-Contoh Ungkapan Kabar Angin Dalam Kalimat

Contoh Contoh Ungkapan Kabar Angin Dalam Kalimat

Agar lebih jelas perlu dituliskan contoh-contoh ungkapan kabar angin lengkap dengan kalimatnya. Supaya jenis artinya bisa disimpulkan sendiri dari contoh kalimat tersebut. Ini dia list contoh yang dimaksud:

  1. Aku mendengar kabar angin katanya kamu mau kawin lagi ya?
  2. Informasi penculikan itu hanya kabar angin, jadi masyarakat tidak perlu resah
  3. Hentikan menyebarluaskan kabar angin sebelum jelas faktanya
  4. Ah itu hanya kabar angin. Masa ada bis di dalam hutan, di situ kan tidak ada akses jalan.

Demikian arti ungkapan kabar angin yang perlu diketahui. Sebuah perumpamaan yang seharusnya masyarakat berhati-hati ketika mendengarnya dan jangan sampai menyebarkannya sebelum info dinyatakan benar.

Arti Ungkapan Kabar Angin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *