Kekayaan Alam Indonesia : Contoh yang Berpotensi dan Penjelasannya

Kekayaan Alam Indonesia

Kekayaan Alam Indonesia – Potensi kekayaan alam Indonesia yang berlimpah merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Berada di garis khatulistiwa menyebabkan Negara Indonesia menjadi Negara yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam kedua tertinggi di dunia. Brazil merupakan Negara yang menempati urutan pertama akan keanekaragaman sumber daya alamnya.

Hutan yang hijau dimana di dalamnya tumbuh beraneka tumbuhan yang dapat meningkatkan derajat hidup manusia. Di samping itu juga menjadi tempat beraneka satwa hidup dan berkembangbiak. Gunung menjulang yang di kakinya terbentang sawah ladang untuk memenuhi hajat hidup manusia adalah karunia luar biasa.

Kekayaan alam Indonesia tidak hanya berupa keanekaragaman hayatinya saja. Namun, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hasil bahan tambang yang berada di jauh bawah tanah. Perairan yang luasnya mencapai 7,9 juta km2 juga merupakan potensi kekayaan alam yang melimpah.

Oleh karena banyaknya kekayaan alam yang dimiliki, maka sejak zaman dahulu Negara ini menjadi rebutan banyak Negara di dunia. Tentu karena ingin menguasai dan menjadikannya Negara adikuasa.

Seharusnya potensi kekayaan alam Indonesia ini dapat menjadikan Negara ini menjadi Negara besar dan kaya, jika saja dapat mengelolanya dengan baik.

Baca Juga: teks sumpah pemuda


Faktor Pembentuk Berlimpahnya Kekayaan Alam Indonesia

Faktor Pembentuk Berlimpahnya Kekayaan Alam Indonesia

Posisi geografis dan astronomis Indonesia, menjadikan Negara ini memiliki bermacam-macam kekayaan alam. Baik flora, fauna, bahan tambang maupun hasil laut. Kekayaan alam Indonesia yang sangat banyak tersebut, antara lain dibentuk karena faktor sebagai berikut :

1. Faktor Astronomis

Faktor astronomis menunjukkan Indonesia berada di garis khatulistiwa yang menyebabkan di Indonesia hanya ada dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim panas/kemarau. Iklim yang disebut sebagai iklim tropis ini menjadikan Negara ini memiliki tingkat curah hujan yang merata serta seimbang dengan musim panas. Hal ini menyebabkan banyak tumbuh berbagai jenis tumbuhan karena mendapatkan sumber air dan sinar matahari untuk keperluan tumbuh kembang.

2. Faktor Geologis

Berada di sepanjang pergerakan lempeng bumi menjadikan Indonesia memiliki banyak pegunungan berapi, baik yang masih aktif maupun tidak. Gunung api ini memberikan kesuburan pada tanah akibat letusannya yang membawa berbagai material yang dibutuhkan.

3. Faktor Geografis

Berada di antara dua samudera yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik menganugerahkan Negara ini akan kekayaan alam laut yang beraneka rupa. Terumbu karang yang cantik, ikan beraneka jenis menyebabkan Indonesia menjadi daya tarik pariwisata dunia. Ini merupakan potensi kekayaan alam Indonesia yang perlu dijaga dan dikembangkan terus untuk meningkatkan pendapatan.

Baca Juga: peristiwa rengasdengklok


Potensi Kekayaan Alam Yang Berlimpah

Potensi Kekayaan Alam Yang Berlimpah
Potensi Kekayaan Alam Yang Berlimpah

Potensi kekayaan alam Indonesia dapat dibedakan menjadi dua yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Kekayaan alam yang dapat diperbaharui berarti keberlangsungannya dapat diperbanyak atau dikembangkan dengan adanya teknologi. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan kekayaan alam yang jumlahnya terbatas karena keberadaannya memerlukan proses yang panjang. Berikut beberapa potensi kekayaan alam Indonesia :

1. Keanekaragaman Hayati Baik Flora Maupun Fauna

Keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna termasuk ke dalam kekayaan alam yang dapat diperbaharui. Selama kekayaan alam itu digunakan secara tidak berlebihan dan keberlangsungannya dapat diperbanyak atau dikembangkan dengan adanya teknologi.

Keanekaragaman hayati berupa flora Indonesia menjadikan banyak Negara lain iri dan ingin menguasai. Hasil hutan berupa tanaman keras, hasil pertanian dan perkebunan juga tak kalah banyaknya, seperti kelapa sawit yang dibutuhkan untuk menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk industri maupun konsumsi. Padi yang merupakan bahan pokok sebagian besar masyarakat, kopi, teh, tembakau dll.

Demikian juga dengan tanaman buah-buahan yang beraneka jenis menjadikan Indonesia Negara yang kaya akan buah-buahan Selain itu bunga-bunga yang tumbuh beragam bentuk juga menambah kekayaan alam Indonesia. Bahkan ada yang jenisnya langka seperti raflesia arnoldi, kantong semar, anggrek hitam, bunga bangkai, dll.

Keanekaragaman fauna juga merupakan kekayaan alam Indonesia yang luar biasa. Di Indonesia terdapat beberapa satwa khas, seperti Komodo, Anoa, Badak Cula Satu. Sayangnya, beberapa jenis satwa mulai punah keberadaannya diakibatkan oleh perburuan manusia yang tak bertanggung jawab. Sebut saja Harimau Sumatra, Orang Utan, Burung Cendrawasih, Burung Merak, dll.

2. Tanah Yang Subur

Kekayaan alam Indonesia yang sangat penting lainnya adalah tanah yang subur. Kesuburan tanah ini akibat aktivitas gunung berapi yang meletus yang menyisakan material dan menjadikan tanah subur. Dari tanah yang subur inilah tumbuh beraneka jenis tumbuhan, baik itu berupa bunga-bunga nan indah, tanaman pangan, tanaman hasil ladang seperti kopi, teh, tembakau,dll.

3. Aneka Barang Tambang

Barang tambang termasuk ke dalam SDA yang tak dapat diperbaharui. Kekayaan alam Indonesia yang sangat banyak ini, seharusnya menjadikan Indonesia Negara yang kaya. Selain tambang emas dengan kualitas terbaik di dunia, juga terdapat tambang batubara, timah, nikel, bauksit, aspal, minyak bumi, dll.

Disamping itu, di Indonesia juga terdapat kekayaan alam berupa gas alam. Keberadaan sumber daya alam ini sangat penting bukan saja bagi Indonesia tapi bagi seluruh dunia. Ini dikarenakan gas alam merupakan energi alternatif selain minyak bumi.

4. Kekayaan Hasil Laut

Bentuk Negara kepulauan menjadikan Indonesia adalah Negara maritim. Luas perairan yang mencapai 7,9 juta km2 merupakan karunia yang luar biasa karena menyimpan kekayaan alam tiada tara. Terumbu karang, ikan berbagai jenis dari yang besar hingga yang terkecil semua ada di laut Indonesia. Semuanya mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, selama dikelola dengan baik.

Selain untuk konsumsi, kekayaan alam dari laut yang terbentang luas juga terdapat potensi pariwisata yang eksotik. Terumbu karang yang indah dan ikan warna-warni sangat potensial untuk dijadikan objek wisata bahari. Disamping tentu saja keindahan pantainya yang alami.

5. Alam Yang Indah

Potensi kekayaan alam Indonesia lainnya yang tak kalah penting adalah alamnya yang indah. Keindahan alam ini merupakan sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Berada di antara dua samudra menjadikan potensi laut bukan hanya dari apa yang ada di dalamnya untuk dikonsumsi, tetapi juga keindahannya dapat menjadi objek wisata.

Eksotisme pegunungan serta hutan hujan tropis juga merupakan kekayaan alam Indonesia yang luar biasa. Keneradaannya dapat ditingkatkan menjadi objek wisata dengan menjaga kelestraiannya. Potensi alam yang dapat diperbaharui ini jika dikelola dengan baik akan mampu membawa dampak pada naiknya taraf hidup masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai kekayaan alam Indonesia yang sungguh luar biasa berlimpah. Anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa ini harus dikelola dengan baik dan dijaga kelestarriannya. Hal ini tentu sesuai dengan amanah UUD 1945, dimana kekayaan alam harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Oleh karena itu menjadi wajib bagi seluruh warga masyarakat untuk menjaga karunia yang besar ini. Dalam penggunaannya juga haruslah dikelola dengan baik sehingga dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Kekayaan Alam Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *