Arti Ungkapan Kepala Batu Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Kepala Batu

Arti Kepala Batu – Bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai Bahasa resmi Negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Perkembangan zaman membuat Bahasa Indonesia terus berkembang hingga sampai saat ini. Salah satu perkembangannya adalah adanya idiom.

Apa itu idiom? Yaitu ungkapan yang maknanya tidak dapat dijelaskan secara langsung. Ada banyak Idiom Bahasa Indonesia, contoh dari sekian banyak idiom adalah ungkapan kepala batu. Berikut ini adalah arti ungkapan kepala batu dan 4 contoh kalimatnya.


Arti Ungkapan Kepala Batu

Arti Ungkapan Kepala Batu

Di dalam kehidupan sehari-hari semua orang pasti sering mendengar ungkapan-ungkapan yang tidak bisa didefenisikan secara langsung. Ungkapan tersebut biasanya digunakan untuk menjuluki orang atau menggambarkan suatu individu. Contoh sederhananya seperti ini, jika menemukan orang yang suka mencuri barang orang lain maka ia akan dijuluki sebagai “si Panjang tangan”. Dari penyusunan kata, Panjang tangan disini bukan berarti orang tersebut memiliki tangan yang begitu Panjang.

Sama seperti halnya ungkapan “kepala batu”, idiom tersebut bukan untuk menjuluki orang yang memiliki kepala sekeras batu namun maknanya lebih dalam lagi daripada itu. Lalu apa arti ungkapan kepala batu sebenarnya? Idiom kepala batu artinya adalah orang yang memiliki sifat keras kepala dan susah untuk dinasehati oleh orang lain. Manusia yang dijuluki kepala batu mempunyai sifat egois dan kemauan yang keras sehingga ia sukar untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Bagi orang awam yang tidak mengerti idiom sering salah mengartikan ungkapan-ungkapan tersebut. Maka dari itu kegiatan literasi sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis setiap individu dan juga menambah wawasan. Ungkapan kepala batu sering ditujukan bagi manusia yang mengakui dirinya tidak pernah salah atau selalu benar. Mereka yang memiliki kepala batu akan sulit untuk diajak kompromi atau negoisasi.

Sebuah organisasi atau perkumpulan seharusnya tidak menunjuk si kepala batu ini menjadi ketua atau pemimpin. Mengapa begitu? Karena sifatnya yang tidak mau dinasehati dan merasa paling benar pasti akan menimbulkan konflik internal di dalam organisasi itu sendiri. Ungkapan kepala batu bisa diartikan tegar hati. Sebenarnya penggunaan ungkapan kepala batu bisa dilihat dari sisi positif dan sisi negatif tergantung dari sudut masalahnya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Batang Air


4 Contoh Kalimat Ungkapan Kepala Batu

4 Contoh Kalimat Ungkapan Kepala Batu

Masyarakat awam sering menggunakan idiom kepala batu tidak sesuai tempatnya atau bahkan mengartikan ungkapan itu secara langsung. Kesalahpahaman yang kerap terjadi dalam memahami idiom ini adalah karena kurangnya pengetahuan umum mengenai contoh kalimat dari idiom itu sendiri. Unruk meminimalisir hal itu terjadi, berikut ini adalah contoh penggunaan idiom “kepala batu” dalam kalimat sehari-hari beserta penjelasannya.

Baca Juga: Arti Ungkapan Lapang Dada


1. “Akibat kepala batunya itu permasalahan ini akhirnya dapat terselesaikan dengan cepat tanpa adanya diskusi yang memakan waktu.”

Contoh pertama dari penggunaan idiom kepala batu ini merujuk kepada tindakan positif. Maksud dari kalimat diatas artinya adalah orang yang memiliki sifat keras kepala ternyata dapat dengan cepat menyelesaikan suatu permasalahan tanpa adanya diskusi yang berkepanjangan. Jika keputusan cepat sangat dibutuhkan dalam sebuah konflik, maka orang yang dijuluki si ‘kepala batu” ini sudah berhasil memecahkan masalah dengan waktu singkat.

2. “Tidak usah berkawan dengan Ira, ia sangat kepala batu jika kita menjelaskan sesuatu kepadanya.”

Ungkapan kepala batu disini artinya adalah si Ira adalah orang yang sulit mernerima masukan , pdan nasehat dari orang lain. Maka dari itu orang lain melarang untuk berteman dengan Ira karena ia sulit untuk dinasehati. Sebagai makhluk sosial sudah sepatutnya setiap manusia memiliki pandangan yang berbeda dalam menyikapi sebuah konteks sehingga terciptalah pendapat yang berbeda.

3. “Kau pasti sering merasa kesal saat berhadapan dengan orang kepala batu sepertinya”

Arti idiom kepala batu disini adalah orang yang berwatak keras kepala. Jika dilihat dari kalimat percakapan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa orang yang kepala batu sangat menjengkelkan orang disekitarnya karena wataknya yang tidak mau mengalah, selalu merasa benar, dan keras kepala saat diberi tau. Wajar sekali apabila orang disekitarnya merasa risih berurusan dengan si kepala batu.

4. “Sudah tau itu adalah salah, namun dia sangat kepala batu mengambil jalan yang salah itu.”

Makna dari ungkapan kepala batu diatas artinya adalah orang yang memiliki kemauan keras dan sulit diberi tau. Kalimat “sudah tau itu adalah salah” menggambarkan peristiwa dimana seseorang sedang menasehati si kepala batu bahwa keputusan yang diambilnya salah dan merugikan dirinya. Namun orang yang berwatak kepala batu ini sangat sukar untuk diberi tau atau dinasehati. Itulah maksud idiom kepala batu diatas.

Idiom kepala batu seharusnya sangat mudah untuk dipahami karena gabungan kata kepala dan batu jika dianalisis dari sifat batu maka kepala batu adalah kepala yang keras. DIbalik menjadi keras kepala dan orang yang keras kepala biasanya susah untuk diatur dan dinasehati. Nah, seharusnya penjelasan diatas sudah memberikan arti ungkapan kepala batu secara keseluruhan berserta contoh kalimat dari idiom itu sendiri.

Arti Ungkapan Kepala Batu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *