Arti Ungkapan Kepala Dingin Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Kepala Dingin

Arti Kepala Dingin – Biasanya, seseorang yang memiliki sikap dingin tersebut, senantiasa melakukan sesuatu dengan teliti dan cermat, agar yang dilakukan olehnya tersebut tidak sering terjadi kesalahan, sikap ini disebut Kepala Dingin. Di mana Arti ungkapan kepala dingin menganjurkan agar seseorang tetap senantiasa bertindak hati-hati.


Arti Ungkapan Kepala Dingin

Arti Ungkapan Kepala Dingin

Sebenarnya arti dari ungkapan kepala dingin memiliki banyak versi yang intinya tidak jauh berbeda. Salah satunya adalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu berasal dari arti kata kepala dan dingin. Yang berarti kiasan yang mengartikan tentang sikap seseorang yang menunggu dalam suatu masalah dengan cara tenang. Dimana, seseorang tidak akan melakukan tindakan gegabah.

Baca Juga: Arti Ungkapan Rendah Hati


Contoh Dari Sikap Kepala Dingin Melalui Maknanya

Contoh Dari Sikap Kepala Dingin Melalui Maknanya

Setelah mengetahui arti dari kepala dingin tentunya akan lebih membuat jelas, namun jika dirasa kurang jelas ada baiknya mengetahui contoh kalimatnya. Berikut ini adalah contoh dari kalimat kepala dingin yang beranekaragam dan dapat dijadikan referensi:

Baca Juga: Arti Ungkapan Bintang Lapangan


1. “Coba Belajar Menyelesaikan Masalah Dengan Kepala Dingin”

Kalimat di atas mengandung makna, jika diartikan sebagai dingin di atas, mengandung arti seruan untuk menyelesaikan masalah dengan cara gegabah dan lari-buru. Namun, menyelesaikan masalah harus dilakukan dengan cara berbaikan logis, sehingga masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik, sempurna dan tepat. Terlebih lagi, masalah jangan sampai membebani.


2. “Meskipun Rina Adalah Murid SD, Namun Dirinya Dapat Menyelesaikan Masalah Bersama Temannya Dengan Kepala Dingin”

Pada kalimat diatas adalah contoh kedua dari arti kutip dingin. Yaitu, Meskipun Rina adalah siswa SD namun dalam menyelesaikan konflik atau pertikaian bersama teman-teman, Rina dapat dilakukan dengan cara sikap kepala dingin. Yaitu, dengan tidak bisa membalas dendam teman-teman tersebut. Akan tetapi, saling memaafkan sehingga bisa bermain bersama lagi.


3. “Polisi melakukan Himbauan Kepada Warga Yang Kisruh Agar Menyelesaikan Masalah Konflik Dengan Kepala Dingin”

Dalam situasi yang genting dan penuh konflik, polisi sebagai pihak yang berkepentingan penting menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menghimbau untuk menyelesaikan masalah dengan kepala yang dingin tanpa perpecahan warga tersebut. Penyelesaian dengan kepala dingin dapat dilakukan dengan cara mencari mufakat dan persetujuan dengan pikiran yang tenang dan penuh hati-hati.


4. “Meskipun Kepala Desa Bumi Asri Dikenal Egois Dan Keras Kepala, Namun Memiliki Sikap Kepala Dingin Disetiap Tindakannya”

Dari kalimat tersebut, refleksi karakter dari seseorang, sikap egois dan keras kepala yang diperlukan tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk membuktikan gegabah dalam diskusi yang terjadi dengan cara kepala dingin. Karena, seorang pemimpin harus mampu mempertahankan tindakan yang merugikan masyarakat, kompilasi berhasil mengatasi kesulitan yang terjadi.


5. “Jangan Biarkan Masalah Yang Terjadi Terus Berlarut-Larut Dan Segera Carilah Penyelesaiannya Dengan Kepala Dingin”

Kalimat tersebut memiliki makna jika ada masalah, jangan biarkan masalah tersebut dirubah dalam waktu lama, segera cari solusi untuk masalah tersebut agar dapat diselesaikan dengan baik, tepat dan dapatkan solusi yang sempurna, sesuai yang diinginkan. Dan paling penting, selesaikan masalah dengan tenang agar berjalan lancar sesuai yang diharapkan.


6. “Dapatkan Yang Memiliki Sikap Bijak Dalam Memutuskan Sebuah Penyelesaian Dengan Kepala Dingin”

Makna yang tersirat dari kalimat tersebut, yaitu jadikan sikap dingin menjadi rujukan bagi orang untuk menyelesaikan konflik, dengan cara yang bijak dan pikiran yang tenang penuh konsentrasi. Tujuannya adalah agar solusi yang diperoleh juga membuat sesuatu yang diharapkan sesuai dengan diinginkan, sehingga tidak lagi mendapat masalah yang sama.

Itulah penjelasan mengenai makna dari arti ungkapan kepala dingin serta contoh-contohnya yang bisa dipelajari secara bersama-sama. Dimana telah dipercaya bersama, sikap kepala dingin memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari agar berjalan seimbang dan tidak menyulitkan diri sendiri. Aplikatif, sikap kepala dingin merupakan gambar dari watak seseorang dalam bertingkah laku.

Arti Ungkapan Kepala Dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *