Arti Ungkapan Keras Kepala Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Jangan Menjadi Orang Keras Kepala Karena Sulit Mendapatkan Teman 1

Arti Keras Kepala – Makna tersirat yang ada pada ungkapan keras kepala adalah, yaitu menggambarkan kepribadian seseorang yang sulit untuk diberi tahu tentang hal-hal yang benar, serta lebih mementingkan kepentingan dan pendapatnya sendiri tanpa menghiraukan pendapat orang lain.

Sikap seperti ini tentu bukan sikap yang baik dan terpuji. Sehingga, banyak menyebutnya sebagai orang egois. Namun sudah tahukah penjelasan lengkap dari arti ungkapan keras kepala. berikut ulasannya:


Ungkapan Keras Kepala

Ungkapan Keras Kepala

Arti ungkapan keras kepala berawal dari ejaan Keras dan Kepala, di mana keras memiliki makna tahan banting atau sulit dipecahkan. Sementara Kepala adalah bagian tubuh paling atas dan inti dari keseluruhan tubuh manusia. Sehingga, makna keras kepala adalah sikap seseorang yang sulit diberitahu, dan maunya sendiri tanpa memperdulikan nasehat orang lain.

Baca Juga: Arti Ungkapan Kutu Buku


Contoh Kalimat Dari Ungkapan Keras Kepala

Contoh Kalimat Dari Ungkapan Keras Kepala

Berikut ini, contoh dari arti ungkapan keras kepala yang sering digunakan didalam kehidupan sehari-hari, yang menggambarkan kepribadian seseorang tersebut memiliki sikap tidak baik dan tidak pantas untuk ditiru. Yaitu :

Baca Juga: Arti Ungkapan Tulang Punggung


1. Nabila Sangat Sulit Dinasehati, Karena Dirinya Adalah Gadis Keras Kepala

Nabila Sangat Sulit Dinasehati Karena Dirinya Adalah Gadis Keras Kepala

Ungkapan keras kepala yang dimaksud dari kalimat tersebut adalah bahwa sangat sulit sekali untuk memberikan nasehat yang baik dan bagus untuk Nabila, karena dirinya adalah gadis yang sangat keras kepala. Terlebih lagi, dalam melakukan sesuatu Nabila tidak pernah meminta pendapat orang lain dan melakukan sesuatu atas kehendak dirinya sendiri.

 

2. Jangan Menjadi Orang Keras Kepala, Karena Sulit Mendapatkan Teman

Jangan Menjadi Orang Keras Kepala Karena Sulit Mendapatkan Teman 1

Arti ungkapan keras kepala selanjutnya yang terdapat dari kalimat diatas adalah, jika sebagai manusia jangan pernah memiliki sifat keras kepala pada diri sendiri, karena ini akan menyulitkan seseorang untuk mendapatkan teman yang baik dan tulus. Karena sifat keras kepala adalah sifat egois yang tidak disenangi oleh siapapun, dan sangat merugi.

3. Jadilah Pemimpin Yang Bijak Dalam Mendengarkan Aspirasi Rakyat, Dengan Meajuhi Sifat Keras Kepala

Jadilah Pemimpin Yang Bijak Dalam Mendengarkan Aspirasi Rakyat Dengan Meajuhi Sifat Keras Kepala

Makna tersirat yang terungkap dari kalimat diatas adalah, jadilah pemimpin yang setia terhadap rakyat, dan jangan merugikan orang lain dengan memiliki sifat keras kepala. Karena sifat yang tidak baik akan merugikan bagi rakyat yang selalu memberikan aspirasi terbaik. Jika dalam melakukan kebijakan sesuka hati, maka rakyat tidak akan lagi hormat.

4. Sombong Adalah Salah Satu Gejala Dari Munculnya Sifat Keras Kepala

Sombong Adalah Salah Satu Gejala Dari Munculnya Sifat Keras Kepala

Dari kalimat di atas yang berisikan ungkapan keras kepala pada kalimat tersebut mengandung makna, jika keras kepala merupakan salah satu sifat tidak bagus yang bermula dari adanya sifat sombong dari diri seseorang tersebut. Karena sifat sombong tersebut mencerminkan karakter seseorang yang merasa dirinya adalah yang lebih baik sehingga tidak perlu mendengarkan nasehat dari orang lain.

5. Karena Lita Sangat Keras Kepala Untuk Mengakui Kesalahannya, Maka Gurunya Memberikan Hukuman

Karena Lita Sangat Keras Kepala Untuk Mengakui Kesalahannya Maka Gurunya Memberikan Hukuman

Akibat terlalu mempertahankan sikap keras kepala yang dimiliki untuk tidak mengakui kesalahannya kepada temannya di Sekolah, akhirnya gurunya di Sekolah memberikan hukuman yang akan membuatnya jera. Tentu saja, sikap keras kepala ini merugikannya dan membuat dirinya menjadi malu di Sekolah. Nah, itulah makna dari kata keras kepala pada kalimat tersebut.

Itulah contoh kalimat dari arti ungkapan keras kepala yang sering diucapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jangan memiliki sifat keras kepala, karena sifat ini merugikan diri sendiri. Apalagi, sifat yang tidak terpuji ini juga membuat orang tersebut akan dijauhi oleh orang-orang disekitanya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat!

Arti Ungkapan Keras Kepala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *