Arti Ungkapan Kuping Panas Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Contoh Kalimat Ungkapan Kuping Panas

Arti Kuping Panas – Di dalam sebuah primbon terdapat makna yang menjelaskan mengapa telinga seseorang menjadi panas. Pernahkan melihat orang yang berbicara tentang kuping panas yang di alami oleh dirinya?

Kata tersebut sepertinya sering muncul dalam kehidupan sehari-hari tapi tidak banyak yang tau tentang arti ungkapan kuping panas itu sendiri.

Lalu kapan ungkapan kuping panas bisa dipakai dan apa konteks yang harus mendukungnya? Berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai ungkapan kuping panas.


Arti Ungkapan Kuping Panas

Arti Ungkapan Kuping Panas

Kuping atau disebut dengan telinga adalah alat pendengaran untuk makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Kuping panas termasuk dalam idiom yang menggunakan bagian tubuh. Apa itu idiom? Adala sebuah gabungan dari dua suku kata yang membentuk makna baru dan kehilangan makna sebenarnya. Idiom bermaknakan konotasi (tidak sebenarnya). Sebenarnya apa arti ungkapan kuping panas?

Apakah kuping panas merupakan suatu gejala dari manusia yang kupingnya mengalami peningkatan suhu? Jawabannya adalah iya. Makna kuping panas biasanya ditujukan untuk seseorang yang merasa marah karena mendengar omongan orang lain. Selain itu idiom kuping panas juga dipakai ketika seseorang sedang menjadi bahan pembicaraan oleh orang lain. Masyarakat sering menggunakan ungkapan ini saat dirinya merasa atau tau ada yang berbicara tentang dirinya di belakang.

Baca Juga: Arti Ungkapan Isapan Jempol


Contoh Kalimat Ungkapan Kuping Panas

Contoh Kalimat Ungkapan Kuping Panas

Makna kuping panas dekat sekali hubungannya dengan primbon. Apa itu primbon? Yaitu sebuah kitab warisan leluhur jawa. Ada banyak arti kuping panas dalam primbon namun semua orang punya hak untuk mempercayainya atau tidak. Penggunaan idiom ungkapan kuping panas sering kali melenceng dari konteks yang sesuai. Untuk menimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan kata kuping panas, inilah contoh-contoh kalimat kuping panas.

Baca Juga: Arti Ungkapan Di Atas Angin


1. “Kuping Panas yang Dialami Radith Disebabkan Karena Yoga Menuduhnya.”

Dalam kesehatan ternyata memang ada orang yang telinganya menjadi panas. Apa penyebabnya? Yaitu karena kondisi emosi yang dimiliki seseorang membuat kuping menjadi panas dan memerah. Ungkapan kuping panas diatas menunjukkan bahwa Radith merasa emosi atau marah saat Yoga menuduhnya yang tidak-tidak. Marah yang dialami Radith disebabkan karena Yoga menuduhnya. Itulah maksud dari kalimat diatas.

2. “Kuping Panas tidak Akan Terjadi Jika Semua Orang Berani Berbicara di Depan”

Ungkapan kuping panas diatas ditujukan saat ada seseorang yang suka membicarakan orang lain di belakang dengan berbisik-bisik. Janganlah suka membicarakan orang lain apalagi tentang keburukan orang tersebut. Karena sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan semuanya punya kekurangan dan keburukan diri masing-masing. Untuk apa membicarakan keburukan orang lain sedangkan diri sendiri belum sempurna?

3. “Kuping Panas Seperti Terbakar Api”

Idiom kuping panas diatas artinya adalah merasa marah. Ada banyak jenis emosi yang membuat telinga seseorang menjadi panas. Dalam dunia kesehatan biasanya orang tersebut dalam keadaan gugup, cemas, dan marah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia kuping panas pada kalimat diatas tertuju pada orang yang sedang marah karena ada orang lain yang membicarakannya.

4. “Kuping Panas Karena Orang Berbicara Tidak Sesuai Faktanya.”

Penggunaan kuping panas dalam kalimat diatas diartikan sebagai ungkapan yang ditujukan untuk seseorang yang tidak sabar dan marah setelah mendengar omongan orang lain. Orang yang sembarangan berbicara dan suka menuduh orang lain tanpa fakta adalah orang yang berperilaku buruk. Jenis manusia seperti ini hendaknya dikucilkan dari masyarakat agar mereka mau memperbaiki diri.

Jadi kesimpulannya kuping panas punya dua makna. Pertama artinya saat seseorang sedang marah atau tidak sabar ketika mendengar omongan orang lain. Sedangkan yang kedua ditujukan untuk seseorang yang merasa sedang menjadi bahan pembicaraa orang lain. Nah, itulah penjelasan mengenai arti ungkapan kuping panas beserta contoh kalimatnya. Semoga artikel ini dapat membantu orang awam yang tidak tau tentang makna dari idiom kuping panas.

Arti Kuping Panas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *