Lagu Daerah Madura

Lagu Daerah Madura

Lagu Daerah Madura – Membicarakan kebudayaan di Indonesia memang begitu beragam, mulai dari sabang sampai merauke. Dari sekian banyak kebudayaan tersebut, salah satunya adalah kebudayaan Madura.

Setiap unsur kebudayaan yang dimiliki masyarakat Madura terdapat unsur-unsur yang sangat bernilai dan bermakna. Begitu juga bentuk lagu daerah Madura yang banyak menceritakan kebudayaan serta kebiasaan masyarakat tersebut.


Definisi Lagu Daerah

Definisi Lagu Daerah

Setiap daerah memang memiliki kebudayaan masing-masing yang disajikan dalam bentuk lagu, tarian maupun dalam bentuk hal lain. Biasanya kebudayaan tersebut secara umum disampaikan dalam sebuah lagu-lagu daerah. Definisi lagu daerah sendiri merupakan lagu-lagu yang mencerminkan ataupun menggambarkan daerah itu sendiri. Baik berupa kebudayaan, kebiasaan, adat dan kondisi sosial masyarakat tersebut.

Menggunakan bahasa-bahasa kiasan yang didalamnya juga berisi nasihat serta salah satu media komunikasi antara penyanyi dan pendengar. Sehingga maksud yang hendak disampaikan melalui lagu akan mudah dipahami oleh pendengar.

Baca Juga: Lagu Daerah Sumatera Selatan


Fungsi Lagu Daerah

Fungsi Lagu Daerah

Setiap daerah memang memiliki budaya masing-masing yang kental dengan ciri khas masyarakatnya. Termasuk juga hal-hal yang berkaitan dengan seni, juga mencerminkan daerah asal yang menciptakan lagu tersebut. Lagu daerah madura diciptakan juga memiliki fungsi agar para penerus selalu mengetahui tujuan dari pembuatan lagu itu. Berikut ulasannya:

  • Sarana hiburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa lagu dapat dijadikan sebagai sarana hiburan, tidak terkecuali dengan lagu-lagu daerah yang dimiliki masyarakat Indonesia. Dewasa ini justru sebagian besar lagu dijadikan sarana hiburan, biasanya diterapkan dalam musi pengiring. Misalnya kegiatan senam, perayaan pesta, dalam pertunjukan tari, pengiring wayang, penampilan drama, teater dan lain-lain.
  • Meningkatkan kecintaan terhadap budaya. Jika dari generasi ke generasi sering menyanyikannya, maka ini adalah cara paling tepat dalam rangka melestarikan, melindungi serta menjaga eksistensinya. Generasi millenial memang patut menjaga eksistensi lagu daerah ditengah-tengah pengaruh budaya serta seni dari luar yang sangat pesat. Ini juga menjadi salah satu bentuk kecintaan terhadap budaya yang dimiliki.
  • Sarana komunikasi. Selain dari kedua fungsi tersebut, fungsi selanjutnya berkaitan dengan sarana komunikasi bagi penyanyi khususnya. Seorang penyanyi tentu menyanyikan lagu dengan penuh penghayatan serta perenungan. Dengan tujuan menyampaikan sebuah pesan yang terkandung didalam lirik lagu secara maksimal.
  • Pengiring tari tradisional. Bentuk tarian tradisional secara tidak langsung diiringi dengan musik-musik pengiring yang khas dan khusus. Selain itu lagu yang dijadikan pengiring juga diangkat dari lagu daerah masing-masing wilayah. Kolaborasi antara lagu dan tarian daerah biasanya mencerminkan makna serta mengandung tujuan tertentu.
  • Identitas negara. Sedari dahulu beragam lagu daerah yang dimiliki Indonesia menjadi salah satu keunggulan yang sangat membanggakan negeri dalam kacamata internasional. Ada beragam jenis lagu daerah yang seringkali dinyanyikan dalam agenda-agenda festival serta acara resmi ataupun non-resmi.

Baca Juga: Lagu Daerah Riau


Makna Lagu daerah Madura

Makna Lagu Daerah Madura

Kebiasan-kebiasaan masyarakat Madura kerap kali disampaikan dalam sebuah Lagu daerah madura. Selain kebiasan, bentuk ungkapan kebahagiaan, budaya juga terkandung dalam sebuah lirik-lirik lagu daerahnya. Sehingga makna yang terkandung didalamnya mudah dipahami baik yang menyanyikan maupun yang mendengarkan. Berikut adalah beberapa contoh lagu lengkap dengan makna yang terkandung didalamnya:

1. Sape Sono

Saban taone madura latan te rame
Banya kelaban badana kerraban sape
Banya rang manca pada datang dari jau

Bade nenggu a kerraban sape madura
E eeee sape menggir duli menggir
E eeee sape menggir duli menggir

Misalnya dalam penggalan lirik Saban taone madura latan te rame~ didalamnya mengandung arti tentang kebiasaan masyarakat Madura sebagai orang petani. Karena mayoritas masyarakatnya adalah petani, sehingga tentu saja menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian. Adapun kebiasaan masyarakat yang menggunakan jasa sapi untuk membajak juga menjadi salah satu sebab lahirnya lagu ini.

Para sapi yang digunakan selama proses pengolahan pertanian pada umumnya adalah sapi betina yang saling disandingkan (berpasangan) untuk menarik pembajak. Bermula dari kebiasaan ini, tampak sapi betina memiliki nilai guna yang luar biasa. Kekompakan yang diciptakan dari sapi yang saling berpasangan itulah menjadi dasar kekompakan, kemudian dituangkan dalam sebuah lagu.

2. Keraban Sape

Saban taone madura latan te rame
Banya kelaban badana kerraban sape
Banya rang manca pada datang dari jau
Bade nenggu a kerraban sape madura
E eeee sape menggir duli menggir
E eeee sape menggir duli menggir

Lagu daerah madura satu ini menceritakan kebiasaan ataupun adat istiadat masyarakat di Madura. Salah satunya yakni keraban sape atau karapan sapi dengan contoh penggalan liriknya banya kelaban badana kerraban sape~. Lagu ini menceritakan tentang kegiatan yang sering dilakukan sebagai sarana hiburan dan saling bersilaturahmi antar pemilik sapi.

3. Olle Ollang

Olle… ollang…
paraona… alajere…
Olle… ollang…
alajere… ka Madure…

Olle… ollang…
paraona… alajere…
Olle… ollang…
alajere… ka Madure…
Olle ollang
mon lajar pon ebeb berre
Olle ollang
ngelesser angin sagara

Olle ollang
pon jeu dari sorbeje
Olle ollang
aguwer ka temor deje
Olle ollang
ngajerning aeng pon raje
Olle ollang
e penggir sereng rosbeje

aduh yale’
mon amena sere se nalar
duh aduh aduh yale
ghambirre ma’ ghembir jebe

aduh yale’
edina rassa ta’ kellar
duh aduh aduh yale
e bending ta’ nemmo pade

aduh yale’
mon olarra olar alengker
duh aduh aduh yale
lajing deun ma’nyengga’ deih

aduh yale’
mon ta’ kellar bule se niser
duh aduh aduh yale
jege tedung ma’ enga’ beih

Olle ollang
paraona alajere
Olle ollang
alajere ka Madure
Olle ollang
mon lajar pon ebeb berre
Olle ollang
ngelesser angin sagere

Makna yang terkandung didalam lagu ini menceritakan tentang perpisahan dua sejoli yang lama tak berjumpa. Seorang istri yang menunggu suaminya pulang dari laut mencari ikan. Perpisahan yang mengandung rindu begitu lama tersebut akan terbayar lunas setelah keduanya bertemu kembali.

Pada penggalan lirik Adu yalle’ ethina rassa tak kellar lagu ini bercerita awal mula seorang suami meninggalkan Madura menggunakan kapal. Kemudian dilanjutkan dengan waktu panjang yang tidak bertemu karena suami mencari nafkah untuk istri. Pada lirik selanjutnya menceritakan seorang wanita yang merasakan kerinduan luar biasa terhadap pujaan hati.

4. Pajjar Lagghu

PAJJAR LAGGU
Pjjar laggu arena pon nyonara
Bapa’ tani se tedung pon jaga’a
Ngala’ are’ so landu’ tor capella
Ajalana gi’ sarat kawajibhan
Atatamen mabennyak hasel bumina
Mama’mor nagarana tor bangsana

(diterjemahkan dalam bahasa Indonesia )
Fajar pagi mataharinya mulai bersinar
Petani yang tidur mulai bangun
Mengambil celurit, cangkul dan topinya
Berjalan atas dasar kewajibannya
Bercocok tanam guna memperbanyak hasil buminya
Memakmurkan Negara dan bangsanya.

Lagu daerah madura satu ini dengan contoh liriknya Pajjar lagghu arena pon nyonara. Didalamnya terkandung makna mendalam tentang kebiasaan masyarakat Madura yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Dimana pada setiap pagi saat fajar mulai merekah di ujung timur, para petani akan mengawali kisah hidupnya di lahan sawah. Peralatan sawah yang selalu dibawanya seperti cangkul, celurit dan topi sebagai peralatan wajib mereka.

Masyarakat begitu menyadari bahwa yang dilakukan merupakan sebuah kewajiban. Dimana dengan bercocok tanam dengan berbekal pengalaman dari nenek moyangnya, mereka berharap dapat berguna untuk bangsa dan negara.

5. Tanduk Majeng

Ngapote wala jere eta ngali
Reng majeng tanto nala pade mole

Oo … manan jeling odikna oreng majengan
A … benta ombek sapok angen salanjengan

Olle ollang paraona alla jere
Olle ollang alla jere ke Madura
Olle ollang paraona alla jere
Olle ollang paraona alla jere

Dalam lagu ini juga menceritakan tentang ciri khas penduduk Madura yang menggantungkan hidupnya di laut sebagai nelayan. Hal ini terbukti dalam potongan liriknya, reng majeng tantona lah tahi lalat. Karena kehidupan di laut penuh tantangan dan sangat keras, bahkan nyawa juga dipertaruhkan.Untuk menghidupi keluarganya, seorang nelayan berbantal ombak serta berselimut dingin.

Dalam tinjauan filosofis lagu khas Madura ini mengandung kiasan yang mendukung perjuangan seorang nelayan. Perjuangannya melawan dan terus berjuang dalam menghidupi keluarganya di rumah. Lagu ini menceritakan bahagianya keluarga nelayan setelah melihat dari kejauhan layar putih, karena itu adalah keluarganya yang telah berhari-hari melaut.

6. Gai Bintang

Gai bintang alek gagar bulan
Pagai’na janor koneng
Kaka elang alek sajan jau
Pajauna gan lon alon
Leya letes kembang kates tokca tokcer

Salah satu Lagu daerah Madura yang sangat terkenal bahkan sampai ke daerah-daerah lain adalah lagu Gai Bintang. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti menjolok atau menggalah bintang. Lagu khas Madura ini menggunakan bahasa asli Madura, lirik lagunya begitu pendek dan menggunakan simbol-simbol, namun mengandung makna begitu mendalam.

Makna yang terkandung didalamnya bercerita tentang upaya untuk mengambil bintang di langit. Tersirat dalam salah satu liriknya Gai bintang alek gagar bulan, upaya tersebut menggunakan galah yang terbuat dari janur kuning. Bukannya bintang yang didapatkan, namun yang didapatkan malah bulan yang jatuh.

Pesan yang tersirat dalam lagu ini, seseorang harus berusaha keras meskipun pada awalnya cita-cita yang diinginkan mustahil didapatkan. Dengan bersungguh-sungguh cita-cita akan tercapai, meskipun terkadang tidak sesuai dengan yang diinginkan, namun seseorang harus tetap menerima apapun yang didapat. Pada intinya lagu ini menceritakan tentang keinginan seseorang agar sesuai dengan kemampuannya.

Demikianlah ulasan tentang lagu daerah Madura lengkap dengan makna yang terkandung didalamnya. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang diungkapkan dalam sebuah lagu. Meskipun lagu daerah terkadang tidak diketahui siapa penciptanya, namun menjaga dan melestarikan budaya adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Lagu Daerah Madura

Lagu Daerah Palembang

Kartika Aryani
5 min read

Lagu Daerah Maluku

Kartika Aryani
5 min read

Lagu Daerah Lampung

Kartika Aryani
7 min read

7 Replies to “Lagu Daerah Madura”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *