Arti Ungkapan Lapang Dada Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Lapang Dada

Arti Lapang Dada – Pernahkah terdengar orang yang berbicara mengenai ungkapan lapang dada? Mungkin kalimat ini sering muncul dalam kehidupan. Idiom adalah gabungan dua suku kata yang memiliki makna tersirat dan tidak dapat didefenisikan secara langsung. Ungkapan lapang dada adalah salah satu idiom. Lalu apa sebenarnya arti ungkapan lapang dada yang sering terdengar sampai saat ini? Inilah penjelasan dan contoh kalimatnya.


Arti Ungkapan Lapang Dada

Arti Ungkapan Lapang Dada

Makna idiom selalu tersirat dan harus dianalisis terlebih dahulu untuk mengetahui arti dari ungkapan tersebut. Idiom lapang dada pasti sering muncul baik dalam kehidupan sehari-hari, buku cerita, dan percakapan antar individu manusia. Secara harfiah atau fisik ungkapan lapang dada terbagi menjadi dua suku kata yaitu lapang dan dada.

Jika ditelurusi dengan mata telanjang, lapang dada adalah orang dengan dada yang lapang. Namun tidak sesederhana itu mengartika idiom, ada makna yang jauh lebih kompleks jika diperhatikan dengan seksama. Menurut KBBI (kamus besar Bahasa Indonesia) lapang artinya adalah luas, longgar, atau lega. Bila digabung dengan kata dada yang merujuk pada perasaan. Maka arti ungkapan lapang dada adalah perasaan yang lega.

Lega berarti memiliki makna tidak gusar, tidak merasa sesak dan juga senang. Idiom lapang dada juga bisa mengacu pada keikhlasan hati. Sebab ikhlas adalah perasaan yang menyenangkan dan membuat orang tidak gusar dalam memikirkan sesuatu karena hatinya sudah pasrah dalam menerima. Itulah yang dimaksud dengan lapang dada. Idiom ini juga dapat disamakan dengan lapang hati.

Baca Juga: Arti Ungkapan Turun Tangan


Contoh Penggunaan Ungkapan Lapang Dada dalam Kalimat

Contoh Penggunaan Ungkapan Lapang Dada Dalam Kalimat

Baca Juga: Arti Ungkapan Meja Hijau

1 “Kita harus mencontoh sikap Ria yang berlapang dada ketika ditimpa musibah sebesar itu”

Arti dari idiom lapang dada diatas adalah tabah dan sabar ketika ditimpa musibah, tabah adalah perbuatan yang menerima keadaan dengan berbesar hati. Hal ini bisa disamakan dengan idiom lapang dada karena sabar dan tabah termasuk dalam keikhlasan. Kalimat diatas ditujukan kepada semua orang untuk mencotoh sikap Ria yang tabah dalam terkena cobaan atau musibah.

2. “Lihatlah orang itu! Ia sudah berpacaran selama 10 tahun dengan Rio namun ia tetap lapang dada ketika Rio bukan jodohnya”

Makna lapang dada diatas adalah menerima dengan pasrah ketika hal yang direncanakan tidak berhasil atau gagal. Garis kehidupan semua manusia yang dilahirkan ke bumi sudah ditentukan oleh yang Maha Kuasa. Termasuk jodoh, kematian, dan takdir. Oleh sebab itu manusia harusnya menerima semua hal yang terjadi kepadanya dengan hati yang tabah dan juga ikhlas.

3. “Bersikaplah dengan lapang dada sehingga kamu tidak akan begitu sakit hati.”

Sering sekali manusia memaksakan yang dikehendakinya harus terjadi padahal manusia bukanlah pencetak hasil dari rencana-rencananya. Kalimat diatas ditujukan kepada orang untuk bersikap lebih ikhlas, tabah, dan menerima kenyataan yang terjadi di kehidupan. Dengan hati yang bersih dan lega, hidup akan menjadi lebih damai. Maka jika dihadapi cobaan atau musibah, hati tidak akan terlalu sakit.

4. “Toni bersikap curang saat pertandingan sepak bola, namun Kevin menerima semua itu dengan lapang dada.”

Bersikap pasrah dalam kehidupan boleh saja, namun jangan sampai menjadi manusia yang malas untuk berusaha. Kevin yang mengetahui kecurangan Toni dalam pertandingan harusnya melapor kepada panitia agar pertandingan diulang kembali. Itulah sisi negatif dari lapang dada yang membuat orang terkadang menjadi pesimis dalam kehidupan. Boleh bersifat tabah, namun diiringi juga dengan usaha-usaha.

5. “Apapun yang terjadi esok hari, lusa, maupun hari hari berikutnya akan kuterima dengan lapang dada”

Kalimat diatas bermakna bahwa orang tersebut sudah pasrah akan apa yang terjadi di masa depan. Ia tidak akan menyesali apa yang terjadi hari ini dan esok. Idiom lapang dada terkadang bisa menjadi toxic atau racun didalam tubuh. Mengapa begitu? Karena ketika manusia hanya pasrah dan tidak melakukan apa apa itu bukan lagi dinamakan lapang dada namun pesimis akan semua hal.

Ungkapan lapang dada biasanya sering ditujukan kepada orang yang berwatakan sabar dan selalu ikhlas dalam menghadapi cobaan. Sabar artinya juga sama dengan lapang hati, karena hati yang lapang akan membuat orang menjadi sabar sehingga menerima segala sesuatunya ia menjadi lebih ikhlas. Bersifat lapang dada akan membuat hidup menjadi lebih tentram karena inti dari lapang dada adalah kebersihan hati. Nah itulah pembahasan mengenai arti ungkapan lapang dada beserta contohnya.

Arti Ungkapan Lapang Dada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *