Arti Ungkapan Makan Hati Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Makan Hati

Arti Makan Hati – Makna arti ungkapan makan hati merupakan istilah yang sering sekali diucapkan oleh masyarakat untuk menggambarkan karakter atau pribadi seseorang yang merasakan rasa sakit hati.

Di mana akibat perkataan orang lain yang telah menyinggung perasaan dengan sangat mendalam. Terlebih lagi, kadang setiap perkataan membuat perasaan menjadi tidak tenang seperti ada sesuatu yang mengganjal. Berikut ulasan lebih jelasnya:


Arti Dari Ungkapan Makan Hati

Arti Dari Ungkapan Makan Hati

Makan hati merupakan ungkapan logis yang sering diucapkan masyarakat awam, ketika seseorang tersebut merasakan sakit hati yang mendalam akibat perkataan orang lain yang menyinggung perasaannya. Menurut pribahasa, makan hati merupakan istilah yang menggambarkan sebuah penderitaan seseorang. Penderitaan tersebut yaitu ketika menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh orang lain baik secara fisik ataupun non fisik.

Baca Juga: Arti Ungkapan Kambing Hitam


Contoh Kalimat Yang Menggunakan Ungkapan Makan Hati

Contoh Kalimat Yang Menggunakan Ungkapan Makan Hati

Ada banyak contoh kalimat yang menyimpulkan tentang arti ungkapan makan hati, sebagai konsonan kata yang digunakan sehari-hari, terutama dalam mengeskpresikan sikap seseorang tersebut terhadap masalah yang dialami. Inilah contoh dari kalimat tersebut, yaitu :

Baca Juga: Arti Ungkapan Kuda Hitam


1. Akibat Tindakan Suaminya Yang Suka Berjudi, Sang Istri Jadi Makan Hati Terhadap Sikap Suaminya

Makna yang terdapat pada arti ungkapan makan hati pada kalimat diatas adalah bahwa seorang istri tidak bisa berbuat apa-apa dengan perilaku suaminya yang suka menghamburkan uang. Yaitu untuk mencari kesenangan semata seperti berjudi. Akibatnya, istri tersebut hanya diam dan tidak tahu berbuat apa untuk mengatasi perilaku suaminya, sehingga menahan penderitaan sendiri.

2. Ani Hanya Bisa Diam Ketika Mendengar Perkataan Dewi Yang Memfitnahnya, Hal Itu Tentunya Membuat Ani Makan Hati

Arti ungkapan makan hati yang dimaksud dari kalimat diatas adalah, sikap dari Ani yang hanya bisa diam saat melihat Dewi memfitnah dirinya tentang perilakunya yang sama sekali tidak pernah dilakukan. Dirinya hanya bisa pasrah dan terima begitu saja saat melihat Dewi mengumbar pernyataan yang tidak sesuai dengan apa yang dilakukannya.

3. Putra Makan Hati Setiap Hari Karena Selalu Mendengar Perkataan Bosnya Yang Negatif

Arti ungkapan makan hati yang terungkap dari maksud kalimat tersebut adalah sikap dari Putra yang selalu menahan rasa sakit hatinya akibat perkataan dari Bos di Kantornya yang selalu mengatakan sesuatu negatif. Sehingga, dirinya hanya bisa sabar menahan kekecewaan dan berupaya terus bertahan bekerja di Kantor demi keluarga tercinta.

4. Wanita Tersebut Ingin Bercerai Dari Suaminya Karena Selalu Makan Hati Dengan Perkataan Suaminya Yang Menyakitkan

Setiap hari wanita tersebut selalu menahan apa saja perkataan suaminya yang menyakiti hatinya, sehingga membuat dirinya tidak tahan dengan kondisi rumah tangganya yang telah diambang perceraian. Begitulah makna dari ungkapan makan hati yang dirasakan oleh wanita tersebut. Sehingga, karena hal tersebut, wanita tersebut ingin menghilangkan sakit hatinya dan mencari kedamaian.

5. Lusi Makan Hati Kepada Putri, Karena Dirinya Tidak Diajak Untuk Menonton Festival Musik Jazz

Makna dari makan hati yang dimaksud pada kalimat ini adalah perasaan sakit hati yang dialami Lusi kepada temannya Putri, karena tidak diajak untuk ikut melihat pertunjukan festival musik Jazz. Akibatnya, Lusi merasa kecewa dan hanya bisa menahan amarahnya. Dimana, makan hati pada kalimat ini menggambarkan sikap Lusi yang menahan amarah.

Nah, itulah contoh-contoh kalimat yang menggunakan arti ungkapan makan hati dimana kalimat tersebut sering sekali diucapkan oleh masyarakat awam dalam kehidupan sehari-hari. Makan hati menggambarkan keadaan psikis diri seseorang yang sedang kecewa, sakit hati, dan menahan amarahnya dalam diam tanpa memberitahu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk dibaca!

Arti Ungkapan Makan Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *