Manajemen Pemasaran : Definisi, Tujuan, Fungsi dan Seberapa Penting

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran – Manajemen merupakan suatu proses untuk melakukan suatu kegiatan dengan mengontrol orang lain dalam melakukan pekerjaan dengan tujuan mencapai sasaran dari sebuah perusahaan atau organisasi. Banyak unsur-unsur manajemen yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan agar tetap berjalan dengan lancar diantaranya manajemen pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya manusia dan masih banyak lagi.

Unsur-unsur tersebut saling berhubungan untuk mencapai tujuan. Dengan adanya manajemen, dimaksudkan agar segala aktivitas dapat berjalan secara terarah, efektif dan efisien. Pembahasan kali ini mengenai definisi, konsep, proses dan pentingnya manajamen pemasaran yang akan dipaparkan sebagai berikut :


Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Beberapa ahli memiliki definisi masing-masing mengenai manajemen pemasaran. Pada umumnya, dapat diartikan sebagai proses perencanaan, penganalisaan, pengendalian dalam hal pemasaran produk suatu perusahaan guna untuk memperoleh keuntungan. Menurut Dharmesta&Handoko mendefinisikan suatu kegiatan untuk keberlangsungan perusahaan agar tetap bertahan. Selain itu, proses pemasaran juga merupakan cara agar pelanggan puas dengan barang yang diproduksi oleh perusahaan.

Menurut william J. Stanton mendefinisikan dengan suatu proses perencenaan, menentukan harga jual, melakukan promosi dan mendistribusikan barang kepada konsumen. Sedangkan menurut Ben M.Enny mengartikan bahwa proses dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemasaran dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan.

Baca Juga: fungsi pasar modal


Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep dalam pemasaran sangat dibutuhkan untuk konsumen dengan memberikan kepuasan pelanggan agar perusahaan memiliki nilai positif dan perlu melakukan elemen penting dalam manajemen yaitu Market Oriented yang dimaksudnya dengan memprioritaskan konsumen dengan memperhatikan strategi seperti menawarkan promo yang menarik.

Elemen selanjutnya yaitu melakukan kegiatan perencanaan pemasaran, hal ini meliputi implementasi, pengawasan maupun strategi. Hal tersebut akan memudahkan bagi perusahaan dengan melakukan evaluasi serta memperbaiki dari setiap tindakan yang kurang sesuai. Satu elemen lagi yaitu kepuasan pelanggan baik dari produk maupun strategi yang diambil.


Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi Manajemen Pemasaran

Fungsi dalam melakukan manajemen ini dengan cara mengembangkan produk dengan melakukan promosi dan memiliki strategi yang tepat serta mendistribusikan dengan sebaik mungkin untuk menarik pelanggan. Ada beberapa fungsi manajemen dalam melakukan pemasaran diantaranya fungsi pertukaran, yang mana dalam melakukan usaha tentu adanya proses penjualan dan pembelian dalam menukarkan barang dan jasa dalam sebuah usaha.

Fungsi yang kedua yaitu fungsi fisis seperti melakukan pemrosesan, penyimpanan dan pengangkutan yang mana proses ini harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Fungsi pengangkutan disini meliputi proses dalam melakukan perpindahan produk. Sedangkan fungsi penyimpanan menjadi persediaan agar mengurangi segala resiko yang terjadi. Yang terakhir fungsi pemrosesan dengan melakukan proses agar produk menjadi nilai tambah produk.

Fungsi penyediaan sarana, fungsi yang terakhir dari proses ini yaitu melakukan kegiatan tentang informasi pasar yang dapat diperoleh dari berbagai sumber baik internet maupun media massa. Penanggulangan resiko selama pemasaran berlangsung. Lalu ada juga standarisasai dan grading yaitu kegiatan dalam melakukan penggolongan produk dalam beberapa kelompok yang sesuai.


Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan Manajemen Pemasaran

Dalam melakukan kegiatan pemasaran perusahaan perlu membuat tujuan manajemen agar apa yang ingin dicapai dapat berjalan secara terarah untuk mendapatkan laba yang ingin diperoleh, berikut ini beberapa tujuan manajemen dalam pemasaran yang perlu diketahui diantaranya :

1. Mampu Membangun Permintaan

Penawaran untuk dapat menjadi sebuah penjualan harus dengan adanya permintaan. Pemasaran memang sangat diperlukan dlaam melakukan kegiatan usaha hal itu seperti harus mampu membangun permintaan dengan melakukan promosi agar calon konsumen tertarik dengan barang dan jasa yang dipasarkan.

2. Membangun Kepuasan Konsumen

Tujuan selanjutnya dari proses pemasaran yaitu mampu membangun kepuasan konsumen. Perusahaan harus memberikan barang dan jasa sesuai dengan permintaan agar konsumen bisa menjadi langganan dan mau untuk melakukan kerjasama kembali. Kepuasan konsumen ini dapat dilakukan dengan memberikan produk yang benar-benar berkulaitas sesuai dengan permintaan konsumen.

3. Mendapat Market Share

Salah satu tujuan dalam melakukan pemasaran adalah bisa mendapatkan serta mempertahankan market share. Selain itu, market share di targetkan agar perusahaan mampu berlangsung dengan lebih luas dan melakukan penjualan yang lebih besar. Jika perusahaan mampu mendapatkan market share dengan baik itu membuktikan bahwa perusahaan tersebut mampu berkembang.

4. Mendapatkan keuntungan

Memperoleh laba dalam sebuah perusahaan merupakan tujuan perusahaan selanjutnya. Hal ini dapat dilakukaj dengan melakukan penjualan minimal dan mendapatkan profit yang optimal. Keuntungan biasanya ditarget dalam bentuk nominal yang harus dicapai dan biasanya bagian pemasaran akan berusahaan melakukan penjualan dengan tujuan mencapai nominal tersebut.

5. Mendapatkan Pencitraan sesuai dengan harapan

Pencitraan yang baik dari konsumen tentu sangat bermanfaat untuk perusahaan dalam memenuhi barang dan jasa dengan sebaik mungkin. Mendapat pencitraan yang positif dan sesuai dengan harapan tentu sangat diharpakan untuk tetap memberikan pengaruh baik pada investor, konsumen, mitra ataupun tenaga kerja.

6. Menjaga Kelangsungan Usaha

Setelah mendapat permintaan, keuntungan serta market share. Tujuan penting dalam sebuah manajemen pemasaran yaitu menjaga kelangsungan usaha. Bagaimana caranya pemasaran mampu mempertahankan usahanya agar terus berjalan dengan sesuai dan memiliki pasar yang luas serta mendapatkan keuntungam yang sesuai dengan target. Tentu, setiapa perusahaan sangat mementingkan usaha agar tetap terus bertahan serta berkembang.

Baca Juga: konferensi meja bundar


Proses Manajemen Pemasaran

Proses Manajemen Pemasaran

Dalam hal ini berkaitan tentang target pasar dan bauran pemasaran. Yang mana dalam menentukan target pasar dengan mencari pelanggan yang bersifat homogen serta dapat melakukan permintaan penjualan yang cukup besar. Sedangkan untuk bauran pemasaranya melakukan target marketing dengan mengambil strategi dari segi harga, kualitas maupun produk.

Proses yang dilakukan agar barang dan jasa tetap laku dipasaran yaitu dengan mempromosikan produk kepada konsumen yang membutuhkan,membuat inovasi baru, serta mengatur pemasaran agar mampu berjalan dengan lancar dan terarah. Prosesnya diantaranya menganalisis adanya peluang pasar agar mencapai perubahan-perubahan, mengembangkan suatu sasaran pasaran dengan strategi agar bisa mencapai tujuan yang ingin diperoleh.

Yang mana perusahaan harus memiliki produk yang bisa diunggulkan dan mampu lebih baik dari pesaingnya. Melakukan upaya pengendalian pasar, pengorganisasian dan pelaksanaan dengan cara dilatih, dimotivasi serta memberikan produk unggulan yang memuaskan pelanggan.


Pentingnya Manajemen Pemasaran

Pentingnya Manajemen Pemasaran

Dalam hal ini manajemen pemasaran sangat penting untuk mampu mempertahankan dan berkembang serta memiliki pelanggan, mampu memberikan produk terbaik untuk dapat melakukan persaingan bisnis. Dalam proses ini penting memperhatikan faktor fisik dan psikologis. Faktor fisik meliputi waktu dan permintaan produk yang harus dipenuhi lalu untuk faktor psikologis seperti perilaku konsumen, kebiasaan maupun perubahan konsumen.

Hal penting dalam melakukan pemasaran yaitu harus memperhatikan price, product, promotion dan plase. Hal penting lain manajemen dari pemasaran bahwa perlunya meneliti kondisi pasar dikarenakan banyaknya pesaing dalam satu produk yang sama tentu memberikan tantangan tersendiri agar mampu memberikan produk terbaik serta memiliki keunggulan.

Penjelasan tentang definisi, konsep, fungsi, tujuan, proses dan pentingnya manajemen pemasaran sudah dijelaskan di atas. Hal itu memberikan maksud bahwa dalam sebuah perusahaan manajemen sangat dibutuhkan untuk melancarkan usaha agar mampu bertahan bahkan berkembang pesat serta bisa memberikan produk terbaik yang memuaskan pelanggan.

Manajemen Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *