Arti Ungkapan Mati Kutu Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Mati Kutu

Arti Mati Kutu – Penjelasan yang dimaksud dengan arti ungkapan mati kutu adalah sikap yang ditunjukkan oleh seseorang, saat dimana seseorang tersebut merasa dihakimi akibat kesalahannya yang telah diketahui semua orang.

Misalnya, ketika seseorang tersebut sedang berbohong. Kemudian tiba-tiba kebohongannya tersebut diketahui oleh semua orang, maka seseorang tersebut akan merasa tidak aman dan terdiam


Arti Ungkapan Mati Kutu

Arti Ungkapan Mati Kutu

Pemaparan mati kutu sering sekali didengar didalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika dalam pembicaraan masyarakat sehari-hari. Sebenarnya, yang dimaksud dengan ungkapan mati kutu adalah istilah yang menggambarkan tentang kepribadian seseorang saat dalam keadaan tidak mampu bersikap ketika dirinya merasa tidak aman dan dalam keadaan seperti itu tidak ada yang memihak kepadanya

Baca Juga: Arti Ungkapan Lurus Hati


Contoh Kalimat Ungkapan Mati Kutu Yang Sering Digunakan Setiap Waktu

Contoh Kalimat Ungkapan Mati Kutu Yang Sering Digunakan Setiap Waktu

Banyak sekali contoh kalimat sehari-hari yang menggunakan istilah ungkapan mati kutu. Dan, biasanya ini memaparkan tentang kondisi diri seseorang tersebut dalam menjalani kehidupannya. Diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Arti Ungkapan Lintah Darat


1. “Rina Mati Kutu Saat Lisa Mengetahui Rahasia Terbesar Yang Selama Ini Disimpan Olehnya”

Arti ungkapan mati kutu yang dimaksud dari penjelasan diatas adalah memaparkan tentang kepribadian Rina yang merasa bahwa keadaannya sudah tidak aman karena rahasianya telah diketahui Lisa. Dimana, rahasia tersebut adalah rahasia terbesar yang menyangka diri Lisa sendiri. Dan ketika rahasia itu terbongkar, tidak ada yang membela Rina ataupun memihak Rina.

2. “Tuti Mati Kutu Saat Ketahuan Telah Mengambil Uang Ibunya Secara Diam -diam”

Arti ungkapan mati kutu yang dimaksud dari pernyataan tersebut ialah, bahwa mati kutu yang dimaksud menjelaskan tentang diri Tuti yang tidak bisa berkata apa-apa ketika ibu tanpa sengaja melihat Tuti mengambil ibu secara diam-diam. Sehingga dirinya tidak bisa memberikan penjelasan apa-apa karena dirinya telah tertangkap basah, dan tidak bisa mengelak.

3. “Feri Mati Kutu Saat Ketahuan Berbohong Oleh Gurunya”

Arti mati kutu yang ditulis pada kalimat tersebut adalah menerangkan tentang sikap dari Feri saat ketahuan berbohong tidak mengerjakan tugas dan mempunyai banyak alasan untuk mengelak semua pertanyaan yang diajukan oleh gurunya. Inilah yang kemudian membuat Feri tidak tahu harus berbuat apa. Alhasil guru tidak pernah percaya lagi dengan Feri.

4. “Ketika Meri Berhasil Menjebak Semua Kejahatan Rosi Maka Rosi Hanya Mampu Bersikap Mati Kutu”

Makna yang terkandung didalam pernyataan pada kalimat tersebut menerangkan bahwa ungkapan mati kutu memiliki maksud jika setelah Meri berhasil membongkar semua kesalahan dan kelicikan yang telah dilakukan oleh Rosi secara diam-diam, maka Rosi hanya terdiam seribu bahasa dan tidak bisa berkata apa-apa lagi. Sehingga terpaksa Rosi harus mengakui kesalahannya tersebut.

5. “Mati Kutu Adalah Sikap Yang Membuktikan Jika Seseorang Tersebut Benar-Benar Bersalah Dan Harus Dihukum”

Yang dimaksud dengan ungkapan mati kutu pada kalimat diatas adalah menjelaskan tentang sikap dari mati kutu itu sendiri, yaitu bahwasannya sikap ini adalah bentuk reaksi dari seseorang saat dirinya merasa tidak aman dan semua rahasia yang dimilikinya tersebut telah diketahui oleh semua orang, dan wajib bertanggung jawab dengan hukuman setimpal

Demikianlah penjelasan tentang arti ungkapan mati rasa yang telah dipaparkan pada setiap contoh kalimat diatas. Yang mana, inti dari semua makna tersirat dari ungkapan tersebut adalah bahwa berusahalah untuk selalu melakukan perbuatan terbaik agar tidak memiliki kesalahan yang merugikan orang lain. Karena sikap mati kutu akan menghilangkan kepercayaan orang lain.

Arti Ungkapan Mati Kutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *