Profil Negara Malaysia : Mengenal Bentuk, Karakteristik dan Sejarahnya

Profil Negara Malaysia

Profil Negara Malaysia – Malaysia merupakan sebuah negara yang berbentuk kerajaan konstitusional serta mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Sebenarnya kerajaan ini juga merupakan federal dari Negara-negara Bagian.

Raja di kerajaan Malaysia bergelar Yang Dipertuan Agong. Sedangkan untuk proses pemilihannya dilakukan atau dipilih oleh raja-raja dari negara bagian serta memiliki masa bakti selama 5 tahun saja. Untuk kepala pemerintahannya dipimpin oleh perdana Menteri.

Negara yang merupakan tetangga dari Indonesia ini memperoleh kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1967. Awal mulanya negara Malaysia ini bernama Malaya dan kemudian pada 16 september 1963 berganti menjadi Malaysia.

Penasaran dengan profil negara Malaysia lebih lengkapnya lagi? Simak beberapa pembahasan dibawah ini.


Keadaan Alam

Profil Negara Malaysia

Letak, Luas dan Batas

Ternyata wilayah negara Malaysia dibagi menjadi dua yakni Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaysia serta Malaysia Timur yang letaknya ada di Pulau Kalimantan tepatnya Kalimantan bagian utara.

Kedua bagian negara ini dipisahkan oleh Laut Cina Selatan serta kepulauan yang masih termasuk dalam wilayah Indonesia. Untuk luas keseluruhan negara ini ialah 330.434 km persegi atau kira-kira sama dengan 2,5 kali luas Pulau Jawa.

Pembagian luas per daerah yakni Malaysia barat 131.590km persegi, Serawak 124.449km persegi, sabah 73.711 km persegi serta perairan darat seluas 648 km persegi. Sedangkan untuk batas-batasnya adalah sebagai berikut:

Malaysia Timur

  • Pada bagian utara dibatasi oleh negara Brunei Darussalam serta Filipina
  • Di sebelah selatan berbatasan dengan negara Indonesia
  • Untuk bagian timur dibatasi oleh Laut Sulawesi
  • Dan bagian barat dibatasi oleh Laut Cina Selatan dan Indonesia.
  1. Malaysia Barat
  • Bagian Malaysia Barat di sebelah utara berbatasan dengan negara Muangthai
  • Untuk bagian selatan dibatasi lagi oleh negara Singapura serta Indonesia
  • Disisi timurnya negara ini dibatasi oleh Laut Cina Selatan
  • Dan untuk bagian barat dibatasi oleh Selat Malaka.

Iklim

Profil negara Malaysia jika dilihat dari segi iklim yaitu termasuk beriklim AF. Definisi iklim AF ialah sebuah daerah panas yang mendapatkan hujan di sepanjang tahun, sehingga dapat dikatakan sebagai daerah hutan hujan tropis.

Karena letaknya yang memang berbatasan, menyebabkan iklim yang ada di negara Malaysia bagian timur hampir sama dengan iklim yang ada di Indonesia. Yakni beriklim tropis yang dihujani air sepanjang tahun, sedangkan Malaysia barat beriklim muson tropis.

Bentang Alam

Kondisi bentang alam yang ada di Malaysia juga terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

Malaysia Barat

  • Di daerah Malaysia Barat terdapat beberapa deretan pegunungan yang tidak aktif alias tidak vulkanis. Pegunungan-pegunungan ini membujur di tengah-tengah tanah semenanjung, dan terdiri dari batuan granit serta batuan gamping
  • Bentuk tanah rendah yang terbentang di sebelah barat daerah pegunungan tersebut merupakan daerah utama pertanian, menjadi salah satu pusat pertambangan serta dipenuhi oleh penduduk
  • Sedangkan tanah rendah yang terbentang di bagian timur deretan pegunungan, sebagian besar banyak menjadi hutan yang lebat, sehingga menyebabkan tanah ini tidak cocok untuk bercocok tanam.

Malaysia Timur

  • Di negara Malaysia bagian timur terdapat daerah rendah yang terbentang di sepanjang pantai, serta ditumbuhi oleh hutan bakau
  • Deretan pegunungan yang paling tinggi membujur dari wilayah Serawak hingga Sabah. Dengan puncak yang paling tinggi diberi nama Gunung Kinibalu.

Baca Juga: Profil Negara Jepang


Perekonomian Negara Malaysia

Profil Negara Malaysia

Pertanian dan Perkebunan

Profil negara Malaysia yang banyak dianggap sebagai negara agraris atau pertanian memiliki dataran subur yang menghasilkan padi untuk tanaman pangan utama. Tanaman perdagangan untuk keperluan ekspor juga tidak kalah banyak.

Tanaman ekspor tersebut contohnya karet, kelapa sawit, nanas, serta lada hitam yang dihasilkan dari Serawak. Sedangkan barang ekspor dari hasil hutan yang berupa kayu dihasilkan dari Sabah. Namun tetap saja perkebunan terbesar yang ada di Malaysia adalah perkebunan karet.

Hasil keseluruhan dari perkebunan karet bisa mencapai 40% dari hasil karet yang ada di seluruh dunia. Sedangkan hasil pertanian sisanya berasal dari singkong dan beras.

Pertambangan

Dari sektor pertambangan negara Malaysia menghasilkan timah dengan pusatnya yang berada di Ipoh serta Kuala Lumpur. Namun terdapat juga hasil tambang lainnya seperti besi, bauksit, emas serta batu bara.

Lain halnya dengan Serawak dan lepas pantai di Semenanjung Malaysia yang merupakan daerah penambangan minyak bumi serta gas alam. Penang di Malaysia merupakan tempat pengolahan timah terbesar yang ada di Asia tenggara.

Industri

Beralih ke profil negara Malaysia dari sektor industri, Kawasan negara Malaysia yang merupakan daerah industri terbesar berpusat di Pethaling Jaya dan Shah Alam. Didalamnya terdapat industri perakitan mobil, bahan makanan, alat-alat rumah tangga dan lain-lain.

Perhubungan dan Pariwisata

Jika mendengar nama negara Malaysia pastilah yang sangat terkenal ialah Kuala Lumpur karena Kuala Lumpur merupakan ibu kota serta kota raya. Meskipun ada kota raya lainnya yaitu Penang.

Adanya Selat Malaka menjadi penting dikarenakan ini merupakan jalur lalu lintas laut dari negara-negara barat yang hendak ke timur. Meskipun singapura tetap menjadi pelabuhan yang tersibuk dan penting di Asia Tenggara.

Bandar udara Internasional yang ada di Malaysia juga berada di Kuala Lumpur juga Penang. Sedangkan untuk pelabuhan laut yang terbesar berada di Kelang. Belum lagi terdapat Kawasan pariwisata yang terkenal di Malaysia ialah di Langkawi.

Di Langkawi ini terdapat beberapa pulau mini yang bergunung-gunung belum lagi pantai-pantainya yang sangat indah. Adapun berbagai objek wisata yang terkenal di Malaysia seperti Nasional Kulit Nanas, Cameron, Highland di Pahang dan masih banyak lagi.

Perdagangan

Kegiatan perdagangan yang ada di negara Malaysia antara lain menyangkut kegiatan ekspor impor. Untuk barang yang diimpor antara lain beras, mesin-mesin, alat transportasi, bahan-bahan kimia serta bahan-bahan elektronika.

Sedangkan untuk kegiatan perdagangan yang berupa ekspor meliputi karet, kayu olahan, kopra, timah, besi, serta minyak tanah. Mitra dagang yang dipercaya Malaysia untuk bekerja sama ialah negara Jepang, Inggris, USA, Indonesia, Australia, dan juga Singapura.

Baca Juga: Profil Negara Singapura


Kerja Sama Malaysia dengan Indonesia

Profil Negara Malaysia

Profil negara Malaysia yang melakukan kerja sama dengan Indonesia dalam skala regional ada 2 pon seperti dibawah ini:

  1. Indonesia serta Malaysia merupakan dua negara yang sama-sama aktif dalam menggalang kerja sama ASEAN. Hal itu terbukti dengan kerja samanya yang terdapat di bidang politik, ekonomi maupun di bidang sosial budaya
  2. Yang kedua, Indonesia dan Malaysia sama-sama aktif dalam kegiatan SEA games yang merupakan acara 4 tahunan khusus untuk negara-negara Asia tenggara yang termasuk dalam anggota ASEAN.

Sedangkan untuk kerja sama yang dilakukan oleh Malaysia serta Indonesia dalam skala internasional ialah kedua negara ini termasuk dalam anggota organisasi dunia. Diantaranya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Konferensi Islam (OKI) serta Gerakan Non Blok (GNB).

Demikianlah pembahasan mengenai profil negara Malaysia yang ditinjau dari keadaan alam, segi perekonomian dan bentuk kerja samanya dengan negara Indonesia. Karena letaknya yang memang sangat dekat dengan Indonesia maka tak heran jika kedua negara ini memiliki banyak sekali kemiripan.

Namun jangan pernah jadikan persamaan ini sebagai sebuah masalah. Agar perdamaian antar negara bisa tetap terjalin. Semoga bermanfaat.

Profil Negara Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *