Metode Numerik : Contoh, Karakteristik, Kriteria dan Penjelasannya

Metode Numerik

Metode Numerik – Pada pembahasan kali ini akan mengupas tuntas mengenai metode numerik secara singkat dan tepat sasaran. Metode numerik juga ditemukan pada bahan perkuliahan, ada buku yang mencetak dengan judul seperti ini. Pembahasan kali ini seperti biasa terlebih dahulu bahas mengenai pengertian metode numerik kemudian tujuannya dan yang terakhir mengenai manfaatnya.

Umumnya penggunaan metode ini adalah untuk memudahkan dalam menyelesaikan suatu persoalan dalam matematika ataupun sains. Menyelesaikan suatu masalah tanpa harus menghitung secara manual dan panjang. Sehingga masih ada waktu yang tersisa atau luang untuk bisa melakukan sesuatu yang baru dan berkreasi.

Perkembangan yang sangat cepat pada metode ini antara lain adalah ditemukannya cara-cara yang baru. Adapun caranya yaitu menggabungkan dari beberapa metode yang ada sebelumnya sehingga didapat hasil yang lebih baku dan praktis. Tidak mungkin untuk persoalan tertentu hanya menggunakan satu metode yang hasilnya sesuai yang diinginkan saja, bukan dalam bentuk baku atau pasti.

Metode numerik yang sering ditemukan untuk memformulasikan pada persoalan matematika biasanya disusun agar lebih mudah dalam pemahaman persoalan untuk bisa diselesaikan. Sering disebut pula sebagai penyelesaian masalah secara matematis. Berikut pembahasan lengkapnya agar bisa lebih mengerti dan paham mengenai metode ini.


Pengertian dari Metode Numerik

Pengertian Dari Metode Numerik

Metode numerik berarti cara menghitung menggunakan angka-angka. Teknik yang bisa dipakai menggunakan formula tertentu agar persoalan matematika bisa dipecahkan dengan hitungan biasa. Penggunaan tanda tambah, kurang, bagi dan kali untuk menyelesaikan operasi perhitungan matematikanya.

Pada umumnya mencakup sejumlah besar kalkulasi aritmatika yang banyak dan berulang-ulang sehingga terkadang sangatlah menjenuhkan serta membosankan. Agar lebih mudah maka digunakanlah komputer untuk menyelesaikan perhitungannya secara cepat dengan membuat program terlebih dulu tentunya.

Dalam metode ini yang paling utama ditekankan adalah kecepatan konvergensi sebuah cara atau metode dan analisis galat atau eror. Termasuk didalamnya ada pembuktian suatu metode dan analisis batas-batas galat atau eror. Dalam tingkat ketelitian model matematika, aritmetik komputer untuk pencarian solusi. Semuanya perlu menjadi bahan pertimbangan untuk solusi akhir dalam menghitung dengan teliti dan tepat.

Baca Juga: Metode Penelitian Hukum


Tujuan dari Metode Numerik

Tujuan Dari Metode Numerik

Metode sebelum numerik muncul, ada beberapa yaitu Analitik, Metode Grafik dan Rules. Numerik merupakan metode terbaru dan terbaik karena lebih efisien, efektif serta sangat akurat dalam penyelesaian segala persoalan matematis. Jadi penggunaan metode numerik ini sangat dianjurkan agar tingkat kesalahan dari penyelesaiannya bisa diminimumkan.

Jadi tujuan dari diadakannya metode ini adalah sebagai penyempurna dari metode-metode yang sudah terlebih dulu ada sebelumnya. Sehingga dapat menyelesaikan persamaan dalam matematika dan sains. Dimana persamaan seperti ini bila diselesaikan menggunakan model analitik akan sulit dan rumit. Penggunaan metode ini akan lebih mudah penyelesaiannya tanpa melalui proses hitung menghitung secara manual yang sangat membosankan.


Manfaat Mempelajari Metode Ini

Manfaat Mempelajari Metode Ini

Banyak persoalan yang muncul diformulasikan dalam bentuk persamaan matematik. Didalam paket program skala besar metode ini mampu menangani galat atau eror dari masalah rekayasa. Berikut beberapa manfaat mempelajarinya:

Alat Bantu Pemecahan Masalah Matematika

Mempelajari metode ini sangat penting karena mampu menangani semua persamaan dan tidak persamaan, linier tidak linier dan beberapa geometri yang cukup rumit. Mengetahui secara singkat mengenai teori matematika yang merupakan dasar dari paket program, sehingga bisa menciptakan program sendiri sesuai dengan permasalahan yang hendak dibuat.

Seringkali dalam praktek tidak mungkin menyelesaikan persoalannnya secara analitik, maka diperlukan metode numerik. Pada saat ini di pasaran banyak sekali dikomersilkan mengenai program numerik. Penggunaan aplikasi numerik komersil ini bisa memudahkan dalam penyelesaian secara cepat, dan ini sangat berarti sekali.

Sebagai Sarana Memperkuat Pemahaman Matematika

Setelah mempelajari metode numerik dan bisa membuat pemrograman secara sendiri atau membeli aplikasinya, tidak diperlukan lagi menghitungnya secara manual dengan cara panjang. Hal itu karena ada metode penyelesaian secara cepat dan hasil yang akurat.

Hal ini sangat pas untuk melukiskan kelebihan metode numerik pada komputer dalam menyelesaikan persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode sebelumnya. Selain itupun bisa memperkuat pengertian di matematika karena kegunaan dari metode ini yaitu menyederhanakan segala sesuatu yang rumit untuk dijadikan operasi-operasi dasar matematika.

Baca Juga: Metode Pengumpulan Data


Numerik VS Analitik

Numerik VS Analitik

Analitik merupakan metode yang murni atau sejati, karena memberikan solusi yang sesungguhnya yaitu solusi yang memiliki galat atau eror yang hasilnya nol. Kedua metode ini hanya bisa untuk penyelesaian geometri yang sederhana dan terbatas. Padahal persoalan yang sebenarnya dan sering muncul adalah prosesnya cukup rumit sehingga penyelesaiannya pada analistik sangat terbatas.

Apabila solusi menggunakan metode analitik tak dapat lagi digunakan maka alternatifnya terbaiknya yaitu menggunakan metode numerik. Dimana teknik memformulasikan persoalan matematikanya dapat dipecahkan dengan operasi hitung atau aritmatika seperti kurang, tambah, kali dan bagi. Solusi atau jalan keluar bagi metode ini yaitu selalu menggunakan angka.


Kesimpulan Metode Numerik

Kesimpulan Metode Numerik

Dari sini dapat ditarik kesimpulan mengenai metode numerik bahwa metode ini selalu berbentuk angka dibandingkan dengan metode yang lainnya. Selain itu diperoleh pula solusi yang mendekati hasil murni hingga bisa disebut juga dengan solusi hampiran. Meskipun solusi hampiran dan solusi murni atau sejati ini adalah tidak sama karena ada selisih dari hasil antara keduanya. Selisih ini disebutlah dengan nama galat atau eror.

Demikian pembahasan mengenai metode numerik dimana metode ini diperlukan untuk dapat membantu menyelesaikan permasalahan riil dan rekayasa. Tahapan yang menggunakan metode selain numerik yang tidak mampu terselesaikan, maka akan dapat diselesaikan dengan metode ini secara aljabar atau statistik, matematis dan juga komputasi.

Adapun cara dari pemecahan persoalan secara metode numerik menggunakan urutan tahapan pendefinisian, permodelan, formulasi, pemograman, operasional dan evaluasi. Tahapan yang dilalui pada metode ini memberikan hasil yang lebih sempurna, lebih baik, cepat dan tepat. Ini akan sangat berguna sekali dan membantu dalam penyelesaian masalah matematik.

Tidak menutup kemungkinan pula dalam kemajuan komputer digital, metode numerik ini bisa digunakan untuk lebih mempercepat penyelesaian. Bentuk pemrograman dalam komputer di pasaran banyak sekali dikomersilkan berupa aplikasi sehingga yang membutuhkan bisa langsung menggunakannya. Penggunaannya sangat mudah dan ini membantu sekali dalam kehidupan real.

Kemajuan yang luar biasa ini berkembang sangat dramastis sekali. Tidak ada bidang matematika lainnya yang dapat berkembang dan mengalami kemajuan seperti metode numerik. Hal ini dikarenakan perkembangan computer yang setiap saat dilakukan sehingga generasi-generasi baru dari komputer akan menghasilkan metode dengan teknologi yang lebih baru dan canggih lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu dalam bidang metode numerik yang biasa digunakan di matematika untuk penyelesaian secara matematis. Dimana masa digital komputer pun ikut andil dalam penggunaan metode ini pula, sebagai dasar pembuatan program. Sehingga bisa lebih berkembang dan terus bisa mengikuti perkembangan jaman.

Metode Numerik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *