Arti Ungkapan Naik Pitam Adalah ? dan Contoh Dalam Kalimat

Arti Ungkapan Naik Pitam

Arti Naik Pitam – Perdebatan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari tanpa bisa dihindari. Adanya perbedaan cara pandang, berpikir, dan berpendendapat antar individu manusia adalah factor munculnya perdebatan.

Saat perdebatan berjalan dengan berkoar satu sama lain, pasti akan muncul pohak-pihak yang naik pitam karena pendapatnya tidak didengar. Namun sebelumnya apakah arti ungkapan naik pitam itu? Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah arti ungkapan naik pitam dan contoh kalimatnya.


Inilah Arti Ungkapan Naik Pitam

Inilah Arti Ungkapan Naik Pitam

Manusia tercipta di dunia dengan kondisi atau kapasitas otak yang berbeda dan cara berpikir yang berbeda pula. Perselisihan tentu saja mudah terjadi saat perbedaan itu tidak bisa menyatu dan saling dorong mendorong satu sama lain. Orang dengan mudahnya naik pitam saat dihadapi dengan kenyataan yang menggores egonya. Naik pitam adalah sebuah ungkapan untuk menggambarkan kondisi yang dijelaskan barusan.

Arti Ungkapan Naik pitam adalah salah satu idiom yang artinya marah, pusing kepala, atau panas hati. Ungkapan ini menggambarkan suasana hati seseorang yang sedang marah. Semua orang pasti pernah mendengar atau membaca kata “naik pitam”. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia: pitam adalah sakit kepala atau pusing yang disebabkan naiknya darah ke kepala. Jadi bisa dikatakan naik pitam adalah keadaan dimana orang sedang pusing.

Idiom naik pitam ditujukan bagi orang yang suasana hatinya sedang tidak baik atau sedang panas-panasnya. Hal ini disebabkan karena adanya suatu konflik atau peristiwa yang memperburuk suasana hati. Bisa karena perkelahian, ancaman, kecemburuan sosial, atau hal-hal yang lain. Orang yang sering naik pitam biasanya tidak bisa mengontrol emosi dan perasaannya sendiri. Bahkan emosinya mudah tersulut oleh orang lain.

Baca Juga: Arti Ungkapan Anak Emas


Contoh Kalimat Naik Pitam

Contoh Kalimat Naik Pitam

Tidak akan lengkap rasanya kalau membahas arti ungkapan naik pitam namun tidak mengetahui secara jelas contoh kalimatnya, semua itu karena dengan adanya contoh tentunya akan jauh lebih mudah untuk dimengerti. berikut beberapa contoh kalimat naik pitam yang dapat dijadikan referensi:

Baca Juga: Arti Ungkapan Panjang Tangan

 

1 “Sangat mudah untuk membuat Erick naik pitam, sebut saja nama Bapaknya”

Idiom naik pitam diatas bermakna bahwa Erick adalah orang yang gampang tersulut emosi sehingga hal kecilpun bisa membuatnya marah atau naik pitam. Memang sangat mudah untuk menyulut amarah orang yang emosian. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jaga ucapan saat bertemu dengan orang. Tidak semua manusia bisa dibercandakan dengan lelucon yang sama. Bisa saja menurut diri sendiri itu lelucon namun bagi orang lain tidak.

2. “Akibat mulutnya yang tidak disaring, Siti jadi naik pitam dibuatnya.”

Ada pepatah mengatakan ‘Mulutmu adalah harimaumu”. Kalimat ini bersinggungan dengan contoh kalimat diatas. Sekali lagi, sebelum berbicara pikirkanlah terlebih dulu apa itu pantas disebutkan atau tidak. Ungkapan naik pitam diatas mengacu pada perasaan marah. Bukan hanya itu namun juga suasana hati yang buruk. Ingat jangan sampai mulut menjadi boomerang buat diri sendiri.

3. “Satu kampung naik pitam sebab pohon-pohon di hutan dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.”

Perusakan alam sering kali dilakukan oleh orang yang ingin mendapatkan keuntungan namun tidak bisa bertanggung jawab. Idiom naik pitam disini menggambarkan perasaan atau suasana orang-orang kampung yang merasa panas hati dan marah saat mengetahui perbuatan tercela tersebut. Satu kampung yang dimaksud adalah warga-warga yang menghuni kampung itu. Jadi bisa dikatakan naik pitam itu artinya marah.

4. “Sudahi saja masalah ini, kau tak lihat dia sudah naik pitam?”

Kalimat diatas ditujukan untuk menyudahi konflik yang terjadi. Bisa juga ditujukan untuk individu manusia yang sedang menyudutkan orang lain. “kau tak lihat dia sudah naik pitam?” Idiom naik pitam disini memiliki banyak arti bisa pusing, marah, atau panas hati. Sebab kalimat diatas merujuk pada kata penglihatan yang artinya orang lain bisa melihat kondisi seseorang sedang naik pitam. Jadi semua definisi bisa masuk.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai arti ungkapan naik pitam beserta contoh kalimatnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa naik pitam adalah kondisi seseorang dimana ia sedang marah dengan suasana hati yang panas atau mengalami pusing karena naiknya darah ke kepala. Bagi orang awam yang sering salah mengartikan tentang naik pitam semoga bisa terbantu setelah membaca penjelasan ini secara keseluruhan.

Arti Ungkapan Naik Pitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *