Negara Terkecil Di Dunia, Bisa Kamu Kelilingi Hanya dalam Sehari

Negara Terkecil Di Dunia

Negara Terkecil Di Dunia – Menurut PBB, terdapat 196 jumlah negara yang ada di dunia. Masing-masing negara memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda.

Dimulai dari negara maju, negara berkembang, negara kepulauan, negara maritim, negara terpadat, negara terbesar, hingga negara yang terkecil. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai daftar negara terkecil di dunia.


Negara Terkecil – Mengapa Disebut “Negara”?

Negara Terkecil Mengapa Disebut “Negara”

Sebelum menuju ke pembahasan, terdapat suatu hal penting yang perlu diketahui mengenai konsep negara. Salah satunya yaitu syarat legalnya menjadi sebuah negara. Suatu komunitas dapat disebut dengan negara apabila memiliki wilayah yang tetap, penduduk atau bangsa, dan pemerintahan untuk mengatur jalannya sistem ketatanegaraan.

Ketiga aspek tersebut bersifat de facto (secara nyata). Jadi apabila suatu komunitas dapat memenuhi syarat tersebut, mereka secara fakta dapat disebut sebagai negara. Jadi, dalam hal ini tidak ada luas wilayah minimum untuk mendirikan sebuah negara. Pun, tidak ada pula jumlah minum penduduk dalam sebuah negara.

Pun begitu, terdapat aspek tambahan yaitu pengakuan oleh negara lainnya. Di sini, pengakuan bersifat de jure (secara hukum internasional) agar negara tersebut dapat berinteraksi dengan negara-negara lain. Oleh sebab itu, kedaulatan ini juga untuk memberikan posisi negara dalam organisasi internasional.

Baca Juga: tujuan asean


Daftar Negara Terkecil di Dunia Dari Eropa Hingga Asia

Negara Terkecil Di Dunia

Negara-negara terkecil di dunia paling banyak ditemukan di Eropa, Karibia, dan Pasifik, dengan luas kurang dari 400 kilometer persegi. Daftar 10 negara terkecil di dunia ini mencakup luas total 1.491,4 km² yang lebih kecil dua kali dari luas kota Daerah Istimewa Yogyakarta (3.186 km²).

Baca Juga: uu no 13 tahun 2003

1. Vatikan

Vatikan merupakan negara enklaf (negara dalam negara) mengingat posisinya yang berada di dalam kota Roma di Italia. Selain itu, Vatikan memiliki luas sebesar 0.44 km² (44 hektar) dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 100 orang. Dari sini, wajar jika Vatikan disebut sebagai negara terkecil di dunia.

Seperti yang kita tahu, Vatikan merupakan pusat dari Gereja Katolik Roma, jadi sistem pemerintahannya berdasar pada ajaran Gereja Katolik. Dalam hal ini, Paus memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan. Selain itu, hampir semua penduduk Vatikan merupakan pejabat pemerintah pembantu Paus.

2. Monako

Negara terkecil di dunia yang kedua yaitu Monako yang luas daratan hanya 2 km² yang terletak di kawasan French Riviera. Jumlah penduduk di Monako sebanyak 38.000 jiwa, yang mana hampir lebih dari 30% merupakan orang terkaya di dunia. Wajar jika negara ini kemudian dikenal sebagai rumah para milyader dunia.

Sejarahnya, Monako resmi menjadi sebuah negara setelah merdeka dari Perancis pada 4 Juli tahun 1861. Setelah itu, kedaulatan negara Monako secara resmi diakui oleh dunia setelah menjadi anggota penuh PBB pada tahun 1993. Meskipun telah menjadi negara berdaulat, Monako masih bergantung pada Prancis terkait sistem pertahanannya.

3. Nauru

Nauru merupakan negara terkecil di dunia ketiga yang terletak di kepulauan di sebelah timur Australia. Dalam hal ini, Nauru memiliki luas sebesar 21 km² dengan populasi sebanyak 11.340. Luas tersebut menjadikannya negara terkecil di Samudra Pasifik Selatan, negara terkecil di luar Eropa, negara kepulauan terkecil, dan republik terkecil.

Nauru mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1968, dan menjadi anggota Komunitas Pasifik (SPC) pada tahun 1969. Sebagai akibat dari ketergantungan yang tinggi pada Australia, hingga saat ini Nauru masih merupakan negara klien (client state) dari Australia.

4. Tuvalu

Tuvalu pada awalnya sempat dikenal dengan nama Kepulauan Ellice. Negara ini terletak di Samudra Pasifik di sebelah timur laut Australia. Luas wilayah negara terkecil keempat ini adalah 26 km² dengan populasi sekitar 11.000 penduduk (data 2017).

Dalam sejarahnya, Tuvalu dulunya merupakan wilayah Britania Raya tetapi menjadi merdeka pada tahun 1978. Sejak tahun 2000, Tuvalu menjadi anggota penuh PBB yang sekaligus menandakan kedaulatannya kepada negara-negara lainnya di dunia.

5. San Marino

San Marino merupakan negara enklaf yang dikelilingi oleh negara Italia dengan luas sebesar 61k m². Sedangkan, jumlah populasi di negara ini yaitu sekitar 33.000 jiwa dan merupakan negara terkecil ke-tiga di Eropa. Pun begitu, San Marino menjadi salah satu negara dalam PDB per kapita.

San Marino dipercaya berdaulat tertua di dunia yang merdeka sejak tahun 1600-an, sebelum merdeka pada tahun 1740—meskipun saat itu masih dengan perlindungan Italia. Setelah itu, San Marino menjadi anggota Dewan Eropa pada tahun 1988 dan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1992.

6. Liechtenstein

Negara terkecil di dunia selanjutnya yaitu Liechtenstein yang merupakan negara satu-satunya yang sepenuhnya terletak di Pegunungan Alpen. Liechtenstein memiliki luas 160 km² dengan jumlah penduduk 37.800 jiwa—yang mana hampir semua dari mereka memiliki pekerjaan.

Dalam sejarahnya, Liechtenstein memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1866 dari Jerman yang dilatarbelakangi oleh pembubaran Konfederasi Jerman. Saat ini, Liechtenstein aktif menjadi anggota penuh PBB sejak tahun 1990 sebagai sarana kebijakan luar negerinya.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall terletak di Samudera Pasifik dan merupakan bagian dari Mikronesia. Lebih lanjut, kepulauan ini dikenal memiliki keragaman hayati yang luar biasa, termasuk spesies ikan dan karang. Luas wilayahnya yaitu seluas 181 m² dengan penduduk sebanyak 53.500 jiwa.

Setelah hampir empat dekade di bawah pemerintahan AS, Kepulauan Marshall mencapai kemerdekaan pada tahun 1986 di bawah Compact of Free Association. Selain itu, sebagai negara berdaulat, Kepulauan Marshall menjadi anggota penuh PBB sejak 1991.

8. Saint Kitts dan Nevis

Negara Saint Kitts dan Nevis terletak di terletak di Kepulauan Leeward di Karibia. Dengan luas wilayah sebesar 261 km², menjadikan negara ini sebagai negara terkecil di benua Amerika. Selain itu, negara kedelapan terkecil di dunia ini dihuni oleh lebih dari 55.300 jiwa.

Menurut sejarahnya, St. Kitts dan Nevis memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 19 September 1983. Setelah itu, negara ini aktif dalam kegiatan luar negerinya termasuk menjadi anggota dari Komunitas Karibia (CARICOM), Organisasi Negara Karibia Timur (OECS), dan Organisasi Negara Amerika (OAS)

9. Maladewa

Maladewa terletak di Samudra Hindia dengan luas wilayah 300 km². Hal ini menjadikan Maladewa juga sebagai negara terkecil di Asia. Pun begitu, jumlah populasi di negara ini terbilang padat, yaitu sebanyak 436.330 jiwa. Selain itu, Maladewa juga merupakan negara yang paling tersebar di dunia.

Maladewa memperoleh kemerdekaan total dari Inggris pada 26 Juli 1965. Setelah menjadi negara yang berdaulat, Maladewa aktif dalam politik luar negerinya seperti ikut bergabung dalam keanggotaan PBB sejak tanggal 21 September 1965.

10. Malta

Malta merupakan negara kepulauan di Laut Mediterania dengan luas wilayah 316 km². Pun begitu, negara kecil ini memiliki populasi lebih dari 451.000 jiwa, yang termasuk padat. Negara terkecil kesepuluh di dunia ini dikenal karena keindahan alamnya, terutama pantai dan suasana malamnya.

Dalam sejarahnya, Malta merupakan negara yang merdeka sejak tanggal 21 September 1964. Sejak tanggal tersebut, Malta menjadi monarki konstitusional independen dengan kemerdekaan penuh namun Elizabeth II sebagai Ratu Malta dan Kepala Negara.

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa pada dasarnya, hampir semua negara di dunia telah memenuhi aspek de facto dan de jure. Hal ini termasuk juga beberapa negara terkecil di dunia. Meskipun dengan luas dan populasi yang kecil, mereka tetap sah dinyatakan sebagai sebuah negara yang berdaulat, dan bukan hanya sebuah kota.

Negara Terkecil Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *