Pengertian Analisis Adalah : Contoh, Jenis dan Hukum-Hukum Analisis

Pengertian Analisis

Pengertian Analisis – Apa pengertian analisis? Kemudian dari segi makna apakah berbeda antara analisis dengan analisa? Kata analisis sebenarnya berasal dari kata analisa. Dan penggunaan kata ini memiliki makna yang berbeda tergantung peletakan kata tersebut.

Dalam konteks bahasa, analisa memiliki arti memeriksa secara menyeluruh mengenai struktur bahasa tersebut. Namun dalam laboratorium analisa bisa diartikan meneliti zat dalam penelitian.

Pengertian analisis secara umum adalah aktivitas atau kegiatan yang melingkupi beberapa aktivitas. Aktivitas-aktivitas ini berupa membedakan, mengurai, dan juga memilih-milih supaya bisa dimasukkan atau dikategorikan ke dalam kelompok tertentu dengan tujuan tertentu.


Pengertian Analisisi Menurut Para Ahli

Pengertian Analisisi Menurut Para Ahli

Robert J. Schreiter

Robert J. Schreiter mengumpamakan analisis sebagai membaca sebuh teks. Artinya proses ini akan menyambungkan berbagai tanda dan menempatkannya dalam proses komunikasi yang dinamis. Tanda tersebut bisa dilihat melalui pesan yang disampaikan melalui proses.

Gorys Keraf

Analisis merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk memecahkan satu hal ke dalam bagian-bagian penting yang sebenarnya memiliki sebuh keterkaitan dan terhubung satu dengan lainnya.

Minto Rahayu

Minto Rahayu mendefinisikan analisa sebagai suatu cara untuk membagi sebuah atau suatu objek menjadi komponen-komponen.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI, analisis adalah proses mengurai dan penelaahan suatu pokok yang saling berhubungan supaya bisa mendapatkan pemahaman yang tepat dan pengertian secara menyeluruh.

Menurut Kamus Akuntansi

Analisis adalah melakukan sebuah evaluasi terhadap kondisi dari ayat-ayat atau pos-pos yang berkaitan dengan akuntansi serta berbagai alasan yang memungkinkan adanya perbedaan yang akan muncul.

Menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Pengertian analisis adalah sebagai penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan atau karangan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (duduk perkaranya atau sebab musabab).

Baca Juga: Pengertian Hotel Menurut Para Ahli


Fungsi dan Tujuan Analisis

Fungsi Dan Tujuan Analisis

Fungsi analisis adalah untuk megumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Artinya analisis ini sebenarnya bisa diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan keadaan.

Analisis sendiri akan lebih optimal lagi jika dipergunakan dalam keadaan kritis dan untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Hal ini dikarenakan analisis dapat mengetahui secara mendetail berkaitan dengan keadaan lingkungan saat ini.

Tujuan dari analisis adalah untuk mengumpulkan data-data yang pada akhirnya data-data tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Umumnya akan digunakan untuk menyelesaikan krisis atau konflik, atau bisa saja hanya dijadikan sebagai arsip saja.

Dalam bidang pendidikan, analisis memiliki kegunaan yang cukup penting. Hal ini dikarenakan analisis umumnya digunakan untuk melakukan berbagai penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

Baca Juga: Pengertian Desain Grafis


Jenis-Jenis Analisis

Jenis Jenis Analisis

Dilihat dari jenisnya, analisis bisa dibedakan menjadi 2, yakni analisis logik dan analisis realis.

Analisis Logik

Analisis logik adalah pemecah belahan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang membentuk keseluruhan atau dasar prinsip tertentu. Pemecah belahan ini menjelaskan himpunan atau keseluruhan yang membentuk term sehingga mudah untuk dibeda-bedakan. Analisis logik sendiri dibedakan menjadi dua macam, analisis universal dan ananilisis dikotomi.

Analisis Universal

Analisis universal bisa diartikan sebagai pemerincian atau penguraian suatu genus dibagi ke dalam keseluruhan spesiesnya atau pemecah belahan term umum ke term-term khusus yang menyusunnya.

Analisis Dikotomi

Definisi analisis dkotomi adalah pemecah belahan sesuatu dibedakan menjadi dua kelompok yang saling terpisah, satunya adalah term positif dan satunya lagi adalah term negatif.

Analisis Realis

Pengertian analisis realis adalah pemecahan belahan berdasarkan atas susunan benda atas dasar sifat perwujudan bendanya atau kesatuannya. Analisis realis sendiri juga dibedakan menjadi dua, analisis esensial dan analisis aksidental.

  • Analisis Esensaial

Pengertian analisis esensial adalah pemecah belahan sesuatu hal ke unsur dasar yang menyusunnya.

  • Analisis Aksidental

Analisis aksidental bisa diartikan sebagai pemecah belahan sesuatu hal berdasarkan dari sifat-sifat yang menyertai perwujudannnya.

Hukum-Hukum Analisis

Di dalam hukum analisis ada aturan-aturan tertentu yang menjadi petunjuk untuk bisa melakukan analisis secara ideal agar supaya hasil analisis tidak menimbulkan kesalahan-kesalahan. Aturan-aturan tersebut seperti:

  1. 1. Analisis atau pembagian harus berjalan sesuai dengan asas tunggal. Artinya analisis harus mengikuti prinsip atau sudup pandang yang sama. Asas bisa dipilih berdasarkan dari maksud dan tujuan analisis. Tapi apabila sudah dipilih, sangat dianjurkan untuk tidak mengubahnya selama proses analisis berlangsung.
  2. 2. Analisis atau pembagian tersebut harus lengkap dan tuntas. Artinya sepesies-spesies yang merupakan bagian-bagian dari penyusunan ketika dijumlahkan harus sama dengan genusnya.
  3. 3. Analisis atau pembagian harus jelas terpisah antar bagiannya. Artinya spesies-spesies penyusunan genus harus terpisah satu dengan yang lainnya.

Dalam kehidupan manusia, kegiatan analisa akan selalu ada, baik dalam kegiatan penelitian, pembelajaran, dan pekerjaan lainnya. Bahkan sebenarnya tanpa Anda sadari selama ini Anda sudah sering melakukan kegiatan analisis ini. Meskipun baru sekarang Anda tahu pengertian analisis.

Pengertian Analisis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *