Pengertian Artikel Adalah : Contoh, Struktur Fungsi dan Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel – Pengertian artikel secara umum adalah suatu karangan yang berisi fakta atau bisa disebut faktual, memiliki panjang tertentu dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan atau memberi informasi kepada para pembacanya.

Ada juga yang mendefinisikan artikel sebagai suatu karangan berupa esai yang isinya untuk menyampaikan ide-ide atau fakta-fakta secara objektif, dimana tujuannya adalah untuk meyakinkan, membujuk, hingga menghibur para pembacanya.

Yang perlu Anda pahami di sini adalah artikel memiliki jenis yang berbeda-beda. Oleh sebab itu setiap artikel perlu dibuat menarik agar para pembacanya tidak bosan apalagi bingung pada saat membacanya. Artikel dikatakan menarik jika minimal memiliki ciri-ciri seperti ini:

  1. Judul artikel menggoda
  2. Pembukannya menggigit
  3. Isinya bagus serta tidak membosankan
  4. Penutupannya keren.

Sekilas membuat sebauah artikel yang menarik mudah untuk dilakukan. Tapi pada dasarnya ada tips dan trik khusus supaya artikel yang Anda buat menarik dan tidak membosankan. Oleh sebab itu memahami karakteristik pembaca yang ingin Anda bidik menjadi sangat penting untuk dilakukan.


Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki definisi yang berbeda mengenai pengertian artikel, diantaranya seperti:

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Artikel bisa didefinisikan sebagai karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan lain sebagainya.

Ensiklopedia Pers Indonesia

Artikel didefinisikan sebagai karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas.

Longman Pitman Office Dictionary

Artikel diartikan sebagai tulisan prosa nonfiksi, berbentuk biasa, dan bagian bebas dari majalah, koran, dan lain sebagainya.

The America Heritage Desk Dictionary

Artikel diartikan sebagai bagian tulisan nonfiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti halnya laporan esai.

Rillan E. Wolseley

Menurut Rillan E. Wolseley, pengertian artikel adalah karangan tertulis yang memiliki panjang tak tentu dengan maksud untuk menyampaikan sebuah gagasan maupun fakta dengan tujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

Baca Juga: Pengertian Pariwisata


Ciri-Ciri Artikel

Ciri Ciri Artikel

Mengacu pada pengertian artikel di atas, maka sebuah artikel memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Umumnya sebuah artikel dibuat secara ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Isi yang disampaikan dalam artikel didasari oleh fakta, artinya isi artikel bukan fiksi atau mitos yang kebenarannya masih perlu dikaji lagi.
  3. Artikel bersifat faktual dan informatif. Artinya artikel dalam mengungkapkan informasi berdasarkan suatu penelitian dan harus bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Suatu artikel bisa mengandung sebuah opini dan analisi, tapi harus berlandaskan teori dan data yang valid.
  5. Penulisan artikel harus dengan menggunakan bahasa baku atau resmi. selain itu kalimatnya harus lugas, logis, denotatif, dan efektif.
  6. Metode penulisan artikel dibuat secara sistematis sehingga para pembacanya bisa dengan mudah memahami isinya.

Jenis-Jenis Artikel

Jenis-Jenis Artikel

Secara umum, ada lima jenis artikel yang sering Anda baca sehari-hari. Adapun kelima jenis artikel tersebut adalah:

Narasi

Jenis artikel yang isinya menceritakan rangakain peristiwa secara sistematis (awal, tengah, dan akhir). Contoh artikel narasi seperti biografi, autobiografi, dan kisah pengalaman.

Deskripsi

Jenis artikel yang mengambarkan tentang suatu hal kepada pembacanya, sehingga pembacanya seolah-olah bisa merasakan, melihat, bahkan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

Eksposisi

Jenis artikel yang isinya menjelaskan atau menginformasikan mengenai suatu topik yang bertujuan untuk menambah pengalaman para pembacanya. Artikel ini umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, serta informasi pendukung lainnya.

Argumentasi

Jenis artikel yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran dari sebuah pendapat dengan cara menyajikan data atau fakta sebagai alasannya.

Persuasi

Jenis artikel yang tujuannnya untuk mempengaruhi para pembacanya sehingga bersedia melakukan sesuatu yang dianjurkan oleh penulis artikel.

Baca Juga: Pengertian Konstitusi


Langkah-Langkah Menulis Artikel Secara Umum

Langkah Langkah Menulis Artikel Secara Umum

Secara garis besar, langkah-langkah dalam penulisan artikel bisa dibagi menjadi lima poin penting, diantaranya adalah:

Tentukan tema

Tema artikel harus sepesifik. Semakin spesifik tema sebuah artikel maka akan semakin menarik minat para pembaca.

Tetapkan tujuan penulisan

Meskipun kebanyakan artikel, terlebih lagi dalam artikel jenis narasi dan deskripsi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.

Rumuskan ide pokok atau masalah

Umumnya perumusan masalah berbentuk sebuah pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel jenis narasi dan deskripsi, rumusan masalahnya tidak tersurat, namun tersembunyi di balik alur tulisan.

Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel

Dikarenakan jenis artikel berbeda-beda dan setiap jenisnya memiliki cara penulisan yang berbeda pula, maka sebelum Anda menulis sebuah artikel, tentukan dulu jenis artikel apa yang ingin ditulis.

Buatlah kesimpulan

Membuat kesimpulan sebenarnya cukup mudah dilakukan, tapi dengan catatan jika logika atau alur artikel yang Anda buat benar.

Jadi seperti itulah langkah-langkah penulisan artikel secara umum. Kemudian untuk langkah-langkah rincinya harus Anda sesuaikan dengan jenis atau bentuk artikel yang ingin dibuat. Pasalnya pengertian artikel dan langkah penulisannya bisa sangat berbeda jika dilihat dari jenis dan bentuknya.

Pengertian Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *