Pengertian Data Adalah : Contoh, Manfaat, Jenis dan Macam macamnya

Pengertian Database

Pengertian Data – Anda pastinya sudah sering sekali mendengar kata ‘data’, tetapi yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah sudah tahukah Anda apa pengertian data? Meskipun sebenarnya bukah istilah asing untuk Anda, tapi terkadang jika disuruh untuk menyebutkan definisinya banyak yang masih cukup kesulitan.


Definisi Data Menurut Para Pakar

Definisi Data Menurut Para Pakar

Menurut bahasa, data adalah bentuk jamak dari kata datum (bahasa latin) yang memiliki arti sesuatu yang diberikan. Artinya segala sesuatu yang diberikan itu bisa disebut dengan data. Benarkah seperti itu arti dari data?

Agar supaya Anda lebih paham lagi terkait dengan definisi data, mungkin pendapat dari para pakar di bawah ini bisa sedikit membantu.

1. Suharsimi Arikunto

Menurut Suharsimi Arikunto, data adalah semua fakta dan angka-angka yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi.

2. Slamet Riyadi

Pengertian data menurut Slamet Riyadi adalah kumpulan keterangan yang didapatkan dari hasil pengamatan, yang mana data tersebut bisa berupa angka-angka atau lambang-lambang.

3. Nuzulla Agustina

Definisi data menurut Nuzulla Agustina adalah keterangan mengenai suatu hal yang sering terjadi dan berupa himpunan dari fakta, angka, grafik tabel, lambang, gambar, huruf, kata, yang menyatakan suatu pemikiran, objek, serta situasi dan kondisi.

4. Kristanto

Menurut kristanto, definisi data adalah suatu fakta mentah mengenai sebuah objek yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu keadaan dan kejadian.

5. Kuswadi dan E. Mutiara

Pengertian data menurut Kuswadi dan E. Mutiara adalah sekumpulan keterangan yang didapatkan dari hasil pengamatan yang bisa berupa angka, lambang, atau sifat.

Dari beberapa pendapat para ahli di atas bisa disimpulkan jika data adalah kumpulan informasi atau keterangan-keterangan yang didapatkan dari hasil pengamatan, informasi itu bisa berupa sebuah angka, lambang, atau sifat.

Dalam kehidupan sehari-hari, data bisa diartikan sebagai sesuatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Ini berarti data yang didapatkan dari bebagai sumbernya masih menjadi sebuah anggapan atau fakta sebab memang belum diolah lebih lanjut.

Barulah setelah diolah lewat suatu penelitian atau sebuah percobaan maka data tersebut bisa berubah menjadi bentuk yang lebih kompleks, misalnya saja seperti database, informasi, atau bahkan solusi pada masalah tertentu.

Baca Juga: Pengertian Administrasi


Pengertian Data Berdasarkan Fungsinya

Pengertian Data Berdasarkan Fungsinya

Pada dasarnya data memiliki hubungan erat dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Tapi penggunaan istilah data ini lebih banyak diguakan di bidang teknologi komputer dan kegiatan penelitian.

Dalam bidang komputer, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya database ataupun software pengolah data. Kemudian untuk lingkup penelitian, sudah menjadi sebuah keharusan setiap peneliti terlebih dahulu harus mencari data sebelaum dikaji secara lebih lanjut barulah pada akhirnya akan diperoleh hasil penelitian.

Mengacu pada definisi data di atas, definisi data berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut ini:

1. Data adalah acuan dalam mengambil sebuah keputusan dalam pemecahan permasalahan tertentu.

2. Data adalah pedoman atau dasar suatu penelitian ataupun perencanaan.

3. Data adalah acuan dalam implementasi suatu kegiatan tertentu.

4. Data adalah dasar untuk melakukan evaluasi terhadap suatu kegiatan.


Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, data dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Data Kualitatif

Pengertian data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, tetapi data tersebut lebih berupa pada kualitas yang ada, misalnya saja seperti gaya kepemimpinan, kualitas pelayanan, suasana kerja, dan lain sebagainya. Dan data kualitatif ini umumnya didapatkan melalui observasi dan wawancara.

2. Data Kuantitatif

Sedangkan data kuantitatif adalah data yang bisa berupa angka, misalnya saja seperti besar saham, besar pendapatan pertahun, dan lain sebagainya. Maka dari itu data ini memiliki kegunaan yang sangat beragam, seperti alat pengendali, dasar suatu perencanaan, dasar evaluasi, dan lain sebagainya.

Pengertian Data: Pengertian Database


Apa Saja Kegunaan Data?

Apa Saja Kegunaan Database

Pada dasarnya data bisa digunakan sebagai alat bantu untuk membuat sebuah keputusan. Itulah kenapa data menempati urutan pertama aspek paling penting dalam segala kepentingan.

Kumpulan data ini bisa diolah menjadi sebuah informasi yang sangat berguna. Bahkan dengan mengunakan metode statistika Anda bisa melakukan peramalan terhadap kondisi di masa mendatang dengan syarat data yang tersedia lengkap.

Selain itu, data bisa dijadikan sebagai komponen utama dalam suatu sistem informasi. Data juga bisa menentukan kualitas sebuah informasi, yakni cepat akurat, dan relevan sehingga informasi tersebut tidak basi.

Sebagai contoh, pemerintah perlu tahu data produksi beras yang ada di dalam negeri, stok beras, jumlah penduduknya, hingga konsumsi beras per kapita untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan sebuah keputusan, seperti negara perlu melakukan impor beras ataukah tidak.

Itulah penjelasan singkat mengenai definisi data. Jika disumpulkan, pengertian data adalah bentuk yang belum bisa memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya sehingga masih butuh proses untuk menghasilkan sebuah informasi.

Pengertian Data

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *