Pengertian Desain Grafis Adalah: Contoh, Sejarah, Manfaat & Unsur unsur

Pengertian Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis – Pengertian desain grafis secara sederhana dipahami sebagai media berbentuk gambar yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi. Sebagai media komunikasi, desain yang dibuat harus benar-benar terancang dengan sempurna. Untuk itulah, dibutuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Menciptakan gambar visual yang mudah dipahami bukanlah hal yang mudah. Keterampilan kognitif seperti fotografi, ilustrasi dan pengolahan gambar wajib dikuasai. Menguasainya akan membuat seseorang mampu menciptakan sebuah gambar visual yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh orang yang melihatnya.

Jenis desain grafis ini cukup banyak. Inilah yang akan kami kupas tuntas bersama pengertiannya. Untuk informasi selengkapnya, mari perhatikan informasinya di bawah ini.


Pengertian Dari Desain Grafis

Pengertian Dari Desain Grafis

Untuk memahami pengertian desain grafis, Anda perlu mengetahui bahwa istilah tersebut dibentuk dari dua kata. Yakni desain dan grafis.

Desain sendiri merupakan sebuah metode perancangan. Metode ini didasari oleh sebuah kreatifitas. Artinya, kemampuan seseorang dalam melakukan perancangan sangat diperlukan.

Sementara grafis sendiri merupakan sebuah ilmu perancangan dari sebuah titik ataupun garis. Kedua elemen ini dirancang/dibuat menjadi sebuah gambar visual. Gambar yang dibuat nantinya digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi khusus.

Dari definisi di atas, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian desain grafis ialah bentuk media komunikasi untuk menyampaikan pesan/informasi secara efektif menggunakan gambar. Biasanya berhubungan dengan percetakan. Dan untuk membuatnya, dibutuhkan keterampilan khusus.

Dalam menciptakan sebuah pesan bergambar, seluruh elemennya bisa dimanfaatkan. Mulai dari shape, text dan tabel. Elemen-elemen ini tergolong sebagai sebuah gambar yang kemudian digabungkan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Dikatakan sebagai gambar lantaran elemen tersebut merupakan pengalihan dari sebuah simbol-simbol yang tersembunyi. Orang yang ahli akan terus memanfaatkan simbol-simbol tersebut dalam menciptakan gambar yang menyiratkan sebuah pesan tersembunyi.

Baca Juga: Pengertian Pasar


Jenis-Jenis Desain Grafis

Jenis Jenis Desain Grafis

Desain grafis ini terbagi menjadi beberapa jenis. Ketika ingin mahir dalam membuatnya, seseorang sebaiknya menguasai jenis-jenisnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Grafis Vektor

Pengertian desain grafis jenis vector ini tak lain merupakan sebuah gambar yang dibuat dari kombinasi titik dan garis. Kombinasi ini merujuk pada sebuah rumus matematika sehingga hasil yang didapatkan seperti obyek dua atau tiga dimensi.

Contohnya adalah membuat bujur sangkar ataupun bentuk bola. Contoh grafis ini dibuat dengan menggabungkan titik dan garis. Dibuat langsung menggunakan program komputer.

Grafis Bitmap

Untuk grafis bitmap sendiri dibuat dari titik dan piksel warna. Kombinasi ini membentuk sebuah gambar yang sangat menarik. Dan setiap titik biasanya mewakili satu warna sendiri.

Dibutuhkan ketelitian tinggi untuk menghasilkan gambar yang sangat menarik. Setidaknya, seseorang perlu mensetting program komputer supaya jumlah titik grafisnya menjadi semakin banyak.

Drafter

Desain ini biasanya hanya digunakan untuk membuat rancangan sebuah bangunan. Lebih tepatnya digunakan untuk arsitektur dan industri. Untuk membuatnya, dibutuhkan ketelitian super tinggi supaya hasilnya tidak disalahpahami oleh pembaca.

Editor

Desain grafis satu ini biasa digunakan untuk dunia publikasi. Yakni untuk memberikan informasi tentang suatu perusahaan atau instansi. Contohnya adalah kartu nama, banner ataupun stiker.

Layouter

Layouter ini dibutuhkan dalam dunia percetakan. Layouter memiliki fungsi untuk membuat tata letak yang enak dipandang. Contohnya ada pada tata letak majalah ataupun Koran.

Animator

Jenis ini sangat menunjang pada pekerjaan motion grafis ataupun film fantasi. Untuk menciptakan kesan nyata, dibutuhkan keterampilan luar biasa. Seseorang harus banyak belajar tentang bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga: Pengertian Moral


Kemampuan Yang Dibutuhkan Dalam Menguasai Desain Grafis

Kemampuan Yang Dibutuhkan Dalam Menguasai Desain Grafis

Tidak sembarang orang mampu menguasai desain grafis. Seseorang perlu mempelajari dan melatih beberapa keterampilan agar mahir desain grafis. Diantara keterampilan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Tipografi

Keterampilan ini merujuk pada kemampuan untuk merancang, menyusun sekaligus memodifikasi huruf supaya hasilnya lebih serasi. Seseorang harus mahir dalam menentukan jenis huruf, mengatur jarak antar huruf sampai mengatur jarak antar baris.

Tata Letak

Dalam mendesain, seseorang akan dihadapkan pada satu halaman. Halaman inilah yang nantinya akan didesain dengan sejumlah elemen bermuat informasi. Tujuannya untuk menyederhanakan informasi dan bisa memberikan kenyamanan bagi pembacanya.

Pewarnaan

Sudah semestinya seorang desainer mampu membuat visualisasi gambar dengan baiknya. Selain memuat informasi khusus, seorang desainer harusnya bisa menciptakan sebuah desain yang enak dipandang.

Pewarnaan menjadi kunci utamanya. Warna tepat yang diaplikasikan ke dalam sebuah halaman akan membuat tampilannya lebih menarik. Tentunya tanpa mengesampingkan pesan/informasi yang disematkan di dalamnya.

Penguasaan Software

Untuk membuat sebuah desain, dibutuhkan peralatan khusus di dalam komputer. Telah banyak software yang dibuat untuk membantu pekerjaan dari seorang desainer grafis. Masing-masing software memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri.

Sebagai seorang desainer, seseorang perlu memiliki pengetahuan dalam mengoperasikannya. Dengan kemampuan itu, seseorang mampu melakukan pekerjaannya dengan cepat tanpa kendala.

Kesimpulannya, desain grafis adalah bentuk penyampaian informasi khusus yang disampaikan melalui gambar. Untuk bisa membuatnya, dibutuhkan beberapa keterampilan yang mumpuni. Itulah kurang lebih informasi mengenai pengertian desain grafis serta jenisnya.

Pengertian Desain Grafis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *