Pengertian ERD Adalah : Contoh, Fungsi, Simbol dan Komponen

Pengertian ERD

Pengertian ERD – Secara umum, pengertian ERD bisa dipahami sebagai model yang menjelaskan hubungan antara data dalam bentuk diagram. Model ini digunakan untuk mempermudah urusan analis dari sebuah kegiatan harian. Bahkan bisa dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan.

Dalam pengembangan informasi, sejumlah data yang menjelaskan suatu kegiatan cukuplah banyak. Banyaknya data ini akan sulit dipahami ketika tidak disederhanakan. Dan ini akan menjadi masalah nyata bagi sebuah perusahaan yang butuh informasi secara akurat.

Dibutuhkan sebuah cara untuk menempatkan sejumlah data yang masuk. Data-data ini nantinya akan dikategorikan sesuai kriteria. Kemudian diolah menjadi informasi yang mudah dipahami.

Pengolahan data ini membutuhkan semacam software. Selain itu, pembuatnya memerlukan pengetahuan tentang cara membuatnya agar lebih ringkas. Peringkasan data ini bisa dibuat dengan menerapkan ERD.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang dimaksud dengan ERD? Untuk menjelaskannya, kami akan menjelaskan pengertian ERD dari berbagai sumber. Tepatnya merujuk dari berbagai pendapat para ahli.


Pengertian ERD Menurut Para Ahli

Pengertian ERD Menurut Para Ahli

ERD (Enthity Relationship Diagram) sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan. Model ini diterapkan untuk mempermudah pemahaman dalam dunia informasi. Data berbentuk informasi ini nantinya akan dibuat dalam sebuah diagram dengan simbol-simbol tertentu yang menjelaskan hubungan antara entitas dengan atributnya.

Menurut Sutanta (2011) pengertian ERD adalah sebuah model data yang dikembangkan berdasarkan obyek. Maksudnya, data-data yang terangkum sebagai data utama akan dikembangkan/diperjelas dengan data-data lainnya yang saling berkaitan.

Brady dan Loonam (2010) berpendapat kalau ERD adalah sebuah teknik yang digunakan dalam memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi. Bisa dipahami kalau ERD hanyalah sebuah teknik untuk mengkategorikan data-data yang dibutuhkan secara terstruktur. Model ini akan berisi data yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk tahap analisis dari suatu kegiatan.

Kemudian menurut Mata Toledo dan Cushman (2007), pengertian ERD ialah representasi grafis dari logika database yang menyertakan detail deskripsi dari seluruh entitas, hubungan dan batasan. Ini berarti bahwa masing-masing data akan dijelaskan secara detail sesuai batasannya, kemudian dihubungkan dengan data-data lainnya.

Dari sini bisa dipahami kalau ERD tak lain adalah sebuah model data berisi detail informasi di dalamnya dengan memanfaatkan gambaran grafis. Tujuannya untuk mempermudah dalam menyelesaikan pengembangan sebuah sistem serta membantu dalam memenuhi kebutuhan sistem analis.

Baca Juga: Pengertian Islam


Komponen Dalam Pembuatan ERD

Komponen Dalam Pembuatan ERD

Dalam membuat model ERD ini, seseorang memerlukan beberapa komponen utama. Komponen tersebut sangat dibutuhkan untuk menjelaskan alur dari sebuah kegiatan. Bahkan menjelaskan informasi yang akurat dari masing-masing data. Diantara komponen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut ini.

Enthity

Enthity atau entitas dipahami sebagai suatu obyek yang diwujudkan dalam basis data. Obyek yang dimaksud bisa berupa orang atau benda lain. Bisa juga keterangan yang nantinya bisa disimpan dalam basis data.

Enthitas normalnya berupa nama benda tunggal. Sedapat mungkin nama bisa memberikan makna yang mudah dipahami. Kemudian nama ini akan dimasukkan dalam data yang dinyatakan dengan simbol persegi panjang.

Atribute

Atribute adalah penjelas dari sebuah entitas. Isinya jelas berupa keterangan-keterangan yang lebih rinci dari entitas yang dimasukkan dalam basis data. Dan satu entitas akan memiliki beberapa atribute yang berfungsi untuk memperjelas obyek yang dimaksud.

Atribute ini akan dinyatakan dengan simbol berbentuk ellips. Contohnya entitas Mahasiswa, atributnya bisa nama, nim dan progdi. Kesemuanya menjelaskan lebih detail dan spesifik dari obyek Mahasiswa.

Relationship

Relasi ini berkaitan langsung dengan keterkaitan antara sejumlah entitas dalam basis data. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan relasi adalah simbol berbentuk ketupat. Biasanya relasi ini berupa kata kerja aktif.

Garis

Komponen yang terakhir adalah garis. Garis ini digunakan untuk menghubungkan antara entitas dan relasi. Selain itu, garis dimanfaatkan untuk menghubungkan himpunan entitas dengan sejumlah attribute berisi data.

Baca Juga: Pengertian Motivasi


Kardinalitas ERD

Kardinalitas ERD

Di dalam membuat model data yang bisa diinformasikan dengan jelas, seseorang perlu memahami sejumlah komponen yang diperlukan. Setelah itu pembuatnya bisa menentukan relasi antara entitas tersebut.

Hubungan antara satu entitas dengan entitas lainnya ini dikenal dengan sebutan kardinalitas ERD. Istilah ini juga bisa disebut dengan Derajat Relasi. Di dalam basis data, relasi antara dua himpunan bisa seperti berikut ini.

Pertama adalah one to one. Ini berarti bahwa satu entitas data hanya bisa berelasi dengan satu entitas lainnya.

Kedua adalah one to many. Maksudnya, satu entitas yang digambarkan dalam entitas A bisa berelasi dengan banyak entitas B lainnya. Namun banyaknya entitas ini tidak bisa berelasi dengan entitas lainnya.

Ketiga adalah many to many. Ini berarti bahwa entitas A bisa berelasi dengan banyak anggota pada entitas B. Dan anggota-anggota entitas B juga bisa berelasi dengan entitas lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan di sini. Sederhananya, pengertian ERD tak lain merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk menggambarkan model enthity relationship.

Pengertian ERD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *