Pengertian Hotel Adalah : Contoh, Jenis jenis, Fungsi dan Penjelasan

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel – Tahukah Anda apa itu pengertian hotel? Kebanyakan orang mengetahui hotel sebagai sebuah bangunan yang dijadikan tempat untuk penginapan. Di mana juga menyediakan berbagai fasilitas seperti makan dan minum serta pelayanan lainnya.

Secara umum, hotel adalah suatu bentuk bangunan yang memiliki lambang, perusahaan atau sebuah badan usaha akomodasi yang menyediakan jasa penginapan serta jasa lainnya. Yang mana semua fasilitas jasa tersebut diperuntukkan bagi semua pengunjung yang menginap atau menggunakan fasilitas yang disediakan hotel.


Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Pengertian atau definisi hotel menurut pendapat para ahli cukup beragam, namun pada kesimpulannya tetap sama. Beberapa pendapat para ahli tersebut antara lain adalah:

Keputusan Menteri Parpostel No Km 94/HK103/MPPT 1987

Menyatakan bahwa hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, fasilitator makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola atau dioperasikan secara komersil.

Endar Sri

Pengertian hotel sebagai sebuah bangunan yang didirikan dan dikelola secara komersil dengan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum. Fasilitas tersebut antara lain berupa jasa penginapan, layanan barang bawaan, layanan makanan dan minuman serta jasa yang disediakan lainnya.

American Hotel and Association

Menyatakan bahwa hotel merupakan suatu tempat yang sengaja dibuat untuk tujuan pelayanan penginapan, makan dan minum serta beragam pelayanan dan fasilitas lainnya yang terdapat pada hotel.

Hotel Oroprietors et all dalam Sulastiyono

Hotel adalah suatu instansi atau perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan fasilitas makanan dan minuman, kamar tidur serta layanan lainnya. Yang diperuntukkan kepada turis atau orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang sesuai dengan pelayanan yang digunakan tanpa adanya perjanjian khusus.

Sulastiyono

Berpendapat bahwa hotel adalah sebuah usaha komersial atau menguntungkan yang menyediakan tempat menginap, makanan dan pelayanan-pelayanan umum lainnya bagi para pengunjung.

Agus Sambodo dan Bagyono

Mengemukakan pendapat bahwa hotel merupakan sebuah tempat di mana para wisatawan yang berkelas dapat memperoleh pelayanan penginapan dan makan dengan cara menyewa.

Richard Sihite

Berpendapat bahwa pengertian hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dioperasikan atau diatur secara komersial. Ditujukan bagi setiap orang untuk mendapatkan pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

Rumekso

Hotel ialah suatu bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para turis dan wisatawan, makanan dan minuman serta fasilitas lain yang diperlukan.

Baca Juga: Pengertian Desain Grafis


Karakteristik Hotel

Karakteristik Hotel

Hotel memiliki beberapa karakteristik utama, diantaranya yaitu:

  • Termasuk industri yang padat modal dan padat karya yang artinya diperlukan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak untuk mengelolanya.
  • Sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan pada sektor sosial, ekonomi, budaya, politik dan keamanan lokasi dimana hotel berdiri.
  • Beroperasi selama 24 jam atau satu hari penuh tanpa ada hari libur dalam menyediakan pelayanan jasa kepada pengunjung hotel.
  • Menghasikan dan memasarkan produk-produknya bersamaan dengan tempat jasa pelayanannya dihasilkan.
  • Semua pengunjung diberikan pelayanan seperti seorang raja dan diperlakukan seperti partner dalam usaha. Sebab jasa pelayanan atau keuntungan yang didapatkan hotel sangat bergantung pada banyaknya jumlah pengunjung yang menggunakan fasilitas hotel.

Baca Juga: Pengertian Pasar


Jenis-Jenis Hotel

Jenis Jenis Hotel

Menurut Tarmoedzi, penentuan jenis hotel terlepas dari kebutuhan dan ciri atau sifat khas para pengunjung. Berdasarkan hal itulah, hotel dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun. Sehingga hotel dikelompokkan menjadi 4 jenis berikut ini:

Resort Hotel

jenis hotel ini biasanya terletak di daerah pegunungan atau di tepi danau, tepi sungai, atau tepi pantai. Resort hotel diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang tengah berekreasi.

Residential Hotel

Pengertian hotel residen adalah hotel yang terletak di daerah pinggiran kota-kota besar. Lokasinya jauh dari keramaian kota tetapi mudah untuk mencapai lokasi kegiatan usaha. Residen hotel biasanya dibangun di daerah yang tenang karena dipergunakan untuk masyarakat yang ingin tetap tinggal dalam jangka waktu lama. Jenis hotel ini biasanya sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

City Hotel

Merupakan hotel yang berlokasi di perkotaan dan umumnya dipergunakan untuk tinggal sementara dalam jangka waktu pendek. Jenis hotel ini biasanya ditempati oleh mereka para pelaku bisnis yang memanfaatkan pelayanan bisnis dan fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut. Karenanya, tidak jarang hotel city disebut juga dengan hotel transit.

Motel

Motor hotel atau yang sering disebut motel biasanya terletak di pinggiran jalan atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan dua kota besar atau lokasi di pinggiran jalan yang dekat pintu gerbang atau perbatasan kota besar. Motel ini biasanya dijadikan tempat menginap bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan naik kendaraan umum atau mobil pribadi.

Itulah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian hotel dan penjelasan terkait karakteristik dan jenis-jenis hotel. Contoh-contoh hotel sendiri bisa Anda temukan dengan mudah di daerah perkotaan ataupun di wilayah kawasan wisata.

Pengertian Hotel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *