Pengertian Investasi Adalah : Contoh, Tujuan, Jenis jenis dan Manfaat

Pengertian Investasi

Pengertian Investasi – Istilah investasi sudah sangat fasih dipakai dalam bidang bisnis apalagi di era modern sekarang ini. Namun tahukah Anda apa pengertian investasi? Kerap disebut juga sebagai penanaman modal.

Istilah ini berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut perihal bidang keuangan dan ekonomi serta bertujuan untuk mendapatkan sejumlah keuntungan bagi investor, yakni orang yang berinvestasi.


Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Investasi adalah sebuah istilah yang dipakai untuk kegiatan yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan bisa memperoleh keuntungan di masa depan. Atau kegiatan menempatkan dana dalam suatu perusahaan atau proyek pada satu periode tertentu untuk tujuan mendapatkan keuntungan.

Sementara definisi investasi menurut beberapa ahli diantaranya sebagai berikut:

  • Sadono Sukirno

Investasi adalah pengeluaran atau pembelanjaan penanam modal untuk membeli barang modal dan perlengkapan-perlengkapan produksi. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memproduksi berbagai barang dan juga jasa yang tersedia dalam lingkup perekonomian.

  • Sunariyah

Menurut Sunariyah, pengertian investasi sebagai penanaman modal pada satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki pada jangka waktu tertentu. Dengan harapan memperoleh keuntungan di masa mendatang.

  • Haming dan Basalamah

Merupakan pengeluaran pada saat ini untuk pembelian aktiva real seperti tanah, rumah dan kendaraan maupun aktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapat hasil yang lebih besar di masa depan atau yang akan datang.

  • Mulyadi

Menyatakan pendapat bahwa arti investasi merupakan pengaitan sumber-sumber dana dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh laba atau keuntungan di masa yang akan datang.

  • James C Van Horne

Investasi ialah aktivitas atau kegiatan memanfaatkan kas pada saat ini untuk tujuan mendapatkan hasil barang di masa mendatang.

  • Salim HS dan Budi Sutrisno

Beranggapan bahwa investasi merupakan kegiatan penanaman modal oleh investor, baik investor lokal maupun asing. Dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi dengan tujuan untuk menghasilkan laba.

  • Kasmir dan Jakfar

Investasi diartikan sebagai penanaman modal dalam suatu kegiatan berjangka panjang dalam berbagai jenis bidang usaha. Penanaman modal dalam arti sempit berupa proyek tertentu baik bersifat fisik maupun non fisik.

Baca Juga: Pengertian Investasi


Bentuk-Bentuk Investasi

Bentuk Bentuk Investasi 1

Pada umumnya bentuk investasi dibedakan menjadi berikut ini:

  1. Investasi Pada Aktiva Rill

Merupakan investasi yang dilakukan dalam bentuk yang dapat dilihat secara fisik. Seperti investasi emas, logam mulia, properti, tanah dan lainnya.

  1. Investasi Pada Aktiva Finansial

Merupakan investasi yang bersifat virtual atau tidak berbentuk fisik tapi berupa dokumen berharga. Seperti investasi saham, deposito dan sebagainya.


Jenis-Jenis Investasi

Jenis Jenis Investasi

Ada beberapa jenis investasi yang umum dilakukan dan menjadi pilihan untuk investasi. Adapun jenis-jenis investasi tersebut antara lain yaitu:

  1. Deposito

Penanaman modal dalam bentuk simpanan uang di bank dengan jaminan investor akan menerima keuntungan berupa bunga dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan. Investasi dalam bentuk deposito dibedakan menjadi dua yakni deposito berjangka dan sertifikat deposito.

  1. Saham

Saham merupakan bentuk lain dari aset sebuah perusahaan. Pengertian investasi saham adalah investasi berupa pembelian bagian kepemilikan suatu perusahaan. Berbentuk surat berharga yang dapat diperjualbelikan. Investasi jenis ini dapat memberi keuntungan ataupun kerugian besar dalam waktu relatif singkat.

  1. Properti

Jenis investasi ini termasuk dalam bentuk investasi rill karena berupa bangunan seperti rumah, gedung atau apartemen. Investasi properti terbilang memiliki tingkat keuntungan paling tinggi. Karena harga jual properti terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

  1. Emas

Investasi jenis ini dinilai lebih menguntungkan dan aman karena harga jual emas cenderung naik dari waktu ke waktu meski tidak begitu besar. Emas yang digunakan untuk investasi umumnya berupa emas batangan.

  1. Obligasi

Berupa investasi dengan menyediakan pinjaman modal. Laba yang didapat bisa lebih tinggi dari deposito namun investasi ini dianggap lebih berisiko.

  1. Reksadana

Merupakan jenis investasi gabungan karena juga menghimpun berbagai investor lain malalui manajer investasi. Untung dan rugi akan dibagi rata kepada semua investor sehingga tingkat resiko cukup rendah.

Baca Juga: Pengertian Renang


Tujuan Investasi Dalam Bisnis

Tujuan Investasi Dalam Bisnis

Sebelumnya telah dikatakan bahwa investasi dilakukan untuk beberapa tujuan yang menguntungka. Tujuan-tujuan tersebut antara lain adalah:

  • Mendapatkan penghasilan yang tetap dalam setiap periode. Para investor akan menerima pendapatan atau penghasilan secara aktif maupun pasif selama menanam modal di proyek atau perusahaan tersebut. Sehingga dalam hal ini investor akan terus mendapatkan keuntungan.
  • Memperbesar bisnis atau usaha, semakin besar investasi modal maka tingkat produksi barang atau jasa yang disediakan juga semakin tinggi sehingga akan dapat memperbesar bisnis.
  • Sebagai jaminan bisnis, ketika menanam modal pada supplier atau bisnis yang besar maka bisnis Anda akan terjamin secara operasional.
  • Mengurangi persaingan dan menjaga hubungan antar perusahaan. Sebab para investor akan lebih memilih berinvestasi daripada membuka usaha sendiri.

Dari pengertian investasi yang telah dijelaskan berikut juga bentuk, jenis dan tujuan dari investasi. Menanam modal atau berinvestasi dilakukan untuk menjamin kebutuhan di masa depan. Sebelum melakukan investasi, pertimbangkan kemampuan Anda lebih dulu agar tidak memaksakan namun tetap menguntungkan.

Pengertian Investasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *