Pengertian Jaringan Internet Adalah : Contoh, Manfaat, dan Tujuan

Pengertian Jaringan Internet

Pengertian Jaringan Internet – Sebelum memahami pengertian dari jaringan internet, terlebih dahulu Anda harus mamahami apa itu internet. Secara umum internet bisa didefinisikan sebagai jaringan komunikasi global yang mampu menghubungkan milyaran jaringan komputer secara terbuka dengan cara menggunakan sistem standar global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP atau IP).

Selain itu ada juga yang mendefinisikan internet sebagai International Network, yang mana semua tipe dan jenis komputer yang ada di seluruh dunia bisa terhubung dengan memakai tipe komunikasi seperti halnya telepon, satelit, dan lain sebagainya.

Internet bisa dikatakan sebagai konsep jaringan yang sangat luas dan bisa digunakan secara internasional. Selain itu internet juga melibatkan beragam janis komputer dan topology jaringan yang berbeda-beda. Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana caranya untuk mengintegrasikan dan mengkomunikasikan jaringan tersebut?

Jadi untuk mengatur dan mengintegrasi serta mengkomunikasikan jaringan, dengan menggunakan TCP/IP. TCP/IP ini memiliki tugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer yang lainnya.


Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli

Agar supaya Anda lebih memahami lagi apa pengertian jaringan internet, Anda bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli mengenai definisi internet di bawah ini.

Berners Lee

Internet didefinisikan sebagai suatu jarangan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini sangat jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu atau jaringan lokal juga dimungkinkan bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

Ned Snell

Internet diartikan sebagai suatu koridor bagi berbagi jenis sumberdaya yang ada padanya, dan sumberdaya-sumberdaya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

Sibero

Internet bisa dipahami sebagai suatu jaringan komputer yang mampu menghubungkan antar komputer secara global. Artinya internet bisa juga disebut dengan jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

Sarwono

Menurut sarwono, pengertian jaringan internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global, yang mana seorang pun bisa bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

Onno W. Purbo

Internet dipahami sebagai suatu media yang digunakan untuk mengefisienkan proses-proses komunikasi yang dihubungkan dengan menggunakan berbagai jenis aplikasi, misalnya seperti Web, E-mail, VoIP, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Wawancara


Fungsi Internet Secara Umum

Fungsi Internet Secara Umum

Pada dasarnya internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia, diantaranya adalah:

Media komunikasi

Mengacu dari beberapa pengertian jaringan internet di atas, maka salah satu fungsi internet adalah sebagai media komunikasi bagi manusi di berbagai belahan dunia. Salah satu bukti begitu masifnya penggunaan internet sebagai media komunikasi adalah munculnya berbagai situs media sosial dan aplikasi chatting yang bisa semakin memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

Media untuk akses informasi

Era internet bisa dikatakan juga dengan era keterbukaan. Artinya kehadiran internet membuat manusia lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Bisa dikatakan apapun informasi yang ingin Anda cari, bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui jaringan internet.

Media bertukar sumber daya

Ada banyak sekali orang yang ingin berbagi sumber daya atau data kepada orang lain di seluruh dunia. Dan hal seperti ini bisa dengan mudah dilakukan melalui internet. Beberapa data atau sumber daya yang sering dibagikan di internet seperti jurnal, karya tulis, makalah, video, foto, desain, dan lain sebagainya.

Media untuk akses berita

Dengan semakin banyaknya situs berita online atau media online, berbagai peristiwa terbaru bisa dengan mudah Anda ketahui.

Baca Juga: Pengertian Penelitian


Prediksi Internet di Masa Depan

Prediksi Internet Di Masa Depan

Internet seurgent listrik

Di masa depan banyak yang memprediksi jika kebutuhan akan internet selevel dengan kebutuhan akan listrik. Internet akan semakin mudah diakses, tidak memerlukan banyak perangkat serta keberadaannya sangat vital.

Selain itu diprediksi juga jika berbagai alat telekomunikasi mulai menggunakan internet sebagai sarana. Secara fisik, bahkan mereka akan semakin minimalis dan mendekati invisible.

Dunia memiliki PC secanggih otak manusia

Pada tahun 2020 saja akan ada PC dengan harga $1.000 yang diklaim memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia. Dan pada tahun 2030, kemampuan memproses PC seharga $1.000 tersebut diklaim akan seimbang dengan kemampuan otak manusia sekampung. Pertanyaannya kemudian adalah seperti apa kemampuannya pada tahun 2050 nanti?

Kemampuan menyimpan data semakin besar

Pada tahun 2020 saja, diprediksi di seluruh dunia masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabyte.

Teleportasi mulai terwujud

Pada tahun 2025 diklaim teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealosasi.

Dari ulasan singkat mengenai internet di atas, tentunya secara garis besar Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan pengertian jaringan internet. Dan semoga ulasan singkat mengenai pengertian jaringan internet ini bisa sedikit menambah pengetahuan Anda semua.

Pengertian Jaringan Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *